Tips Membuat Desain Iklan dan Komersial

Desain grafis memiliki peran penting dalam menciptakan desain untuk iklan yang menarik, dan bisa menjangkau lebih banyak audiens. Desain untuk keperluan iklan sendiri ada banyak jenis dan bentuknya, mulai di digital hingga cetak.

Grafis untuk pemasaran dan periklanan sendiri banyak digunakan untuk setiap promosi usaha dan kampanye iklan. Semakin menarik tampilan visualnya akan meningkatkan daya tarik iklannya. Iklan yang menarik dan unik akan membekas diingatan audiens.

Tampilan visual iklan yang menarik juga dapat membangun identitas yang kuat. Untuk membuat desain iklan perlu memperhatikan beberapa hal, seperti identitas merek, pesan merek dan lainnya. Ini berguna agar desain iklan dapat mencerminkan merek dan menyampaikan pesan dengan baik.

Read More

Desain grafis pada iklan biasanya berfokus pada tampilan visual menarik, dari pertama kali dilihat. Selain itu juga harus bisa mengkomunikasikan identitas, produk atau layanan hingga kelebihan merek dari pesaing.

TIPS MEMBUAT DESAIN PERIKLANAN

Ceritakan sebuah kisah

Gunakan cerita untuk iklan, penggunaan cerita akan membuat iklan lebih menarik dan mudah dipahami audiens. Kemudian narasi iklan dapat dibuat ke dalam gambar, animasi atau video.

Pastikan narasi cerita dapat tersampaikan dengan baik dalam desain. Salah satu contoh iklan dengan narasi yang bagus seperti iklan marjan. Gunakan desain animasi untuk membuat cerita lebih mudah dipahami.

Jika menggunakan video atau animasi untuk menceritakan narasi, gunakan teks subtitle agar pesan tersampaikan jelas dan ramah semua kalangan.

Selalu Gunakan CTA

Dalam iklan penting untuk menggunakan CTA, yang bisa langsung mengarahkan pada tujuan kampanye iklan. Pada bagian CTA gunakan warna atau beri Highlight agar mudah dilihat.

CTA dalat berupa tombol atau link yang bisa di klik secara langsung. Berikan sorotan pada CTA dengan memberikan warna yang berbeda, terkadang juga diberi animasi untuk menarik perhatian.

Buat Iklan Yang Sederhana

Menyampaikan pesan merek tidak harus rumit dan kompleks. Buat yang sederhana namun bisa menyampaikan pesan yang merek. Selain itu desain iklan yang terlalu rumit, akan membuat elemen desain tertentu tidak menonjol.

Di dalam iklan sekalipun ada yang namanya hirarki visual, berupa poin penting yang harus disoroti. Biasanya poin penting dapat mewakili pesan dengan baik. Terlalu banyak warna dan elemen yang bertumpuk akan membuat desain tidak memiliki titik fokus dan bisa membuat audiens bingung.

Pemilihan Warna

Dalam desain visual iklan penting untuk memilih warna yang tepat. Ini terkait dengan warna desain, latar belakang, elemen dan teks. Termasuk pemberian warna kontras pada poin penting, untuk memberikan sorotan.

Biasanya desain iklan akan menggunakan warna official merek, sebagai warna utama. Warna official ini kemudian dipadukan dengan warna lain, namun tetap warna merek harus dominan. Ini karena warna merek berguna membangun identitas yang konsisten.

Atur warna elemen dan teks yang cocok dipadukan dengan warna latar belakang. Pastikan warna tidak bertabrakan atau terlihat kontras yang tidak pas. Jika ingin memadukan warna kontras, gunakan tone dan shade yang tepat.

Keterbatasan Teks

Biasanya teks akan menggunakan warna hitam, kecuali pada teks tertentu seperti judul atau poin penting dalam teks yang perlu disoroti akan diberi warna berbeda.

Untuk background berwarna cerah sebaiknya gunakan tulisan berwarna hitam agar mudah dibaca, begitupun sebaliknya gunakan warna putih untuk warna gelap seperti hitam.

Penting juga memperhatikan penggunaan font termasuk pada judul. Dalam iklan judul akan berada di tengah atau atas, biasanya akan dilihat pertama kali. Sehingga penting untuk menaruh perhatian pada font judul iklan dan warna. Pastikan judul iklan mencolok, jika memungkinkan gunakan efek tertentu.

Gunakan Animasi dan Video

Animasi dalam iklan akan membantu pesan dan narasi lebih mudah tersampaikan dengan jelas. Selain itu akan memberikan keunikan tersendiri pada iklan. Iklan yang berupa animasi lebih interaktif dan mudah diingat Oleh audiens.

Pembuatan iklan dalam bentuk animasi mungkin lebih sulit dan membutuhkan waktu. Namun dapat menghasilkan iklan berkualitas dan berbeda pesan dari iklan pun tersampaikan dengan baik.

Selain itu penggunaan motion graphic juga bisa menjadi pilihan menarik, apalagi motion tidak berfokus pada ilustrasi yang bergerak saja, terkadang juga dibuat dari elemen yang abstrak. Ini akan mudah mengurai pesan iklan dan menjelaskan secara sederhana melalui motion graphic.

Gunakan Ilustrasi

Untuk iklan yang statis, ilustrasi bisa menjadi pilihan untuk membuat iklan yang interaktif meskipun tidak bergerak. Gambar ilustrasi yang menarik dan bisa menyampaikan pesan dengan baik.

Jika memungkinkan merek bisa membuat maskot, dan menggunakannya sebagai kampanye iklan. Ini akan membuat iklan merek lebih menarik dan unik.

Manfaatkan Musim Liburan

Pasang iklan saat hari libur nasional, seperti Natal, lebaran, atau hari kasih sayang. Gunakan narasi tentang hari libur tersebut ke dalam iklan untuk menarik perhatian. Biasanya banyak merek yang menawarkan promo khusus hari libur pada iklan di hari libur.

Terkadang ada merek yang merilis produk khusus pada musim liburan dengan desain dan paket lebih menarik. Contohnya pada hari valentine, merek biasanya membuat desain kemasan khusus yang mencerminkan hari kasih sayang.

KESIMPULAN

Dalam membuat desain iklan penting untuk memperhatikan banyak hal termasuk menentukan konsep. Penting memastikan konsep jelas dan bisa mencapai audiens dengan baik. Iklan bukan hanya mempromosikan produk atau layanan tetapi juga sebagai cara membangun identitas merek yang kuat. Maka penting membuat iklan dengan tampilan visual menarik sekaligus dapat mengkomunikasikan pesan.

Selain tampilan visual iklan juga harus mudah dibaca dan bisa menarik perhatian dalam hitungan detik. Penting juga memberikan Highlight atau sorotan pada elemen penting.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts