Kisah brand biasanya dijadikan salah satu alternatif untuk membangun citra dan identitas merek. Penggunaan kisah merek yang bisa memberikan merek terlihat terpercaya akan mampu menjadikan merek ikonik. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membangun kisah brand yang menarik.
Kisah brand yang dibuat dengan memperhatikan tujuan, nilai merek dan target audiens. Ini akan membantu membangun branding yang kuat dan membekas dalam ingatan.
Untuk membangun kisah brand perlu untuk mempertimbangkan apakah audiens akan tertarik atau bersimpati. Cara penyampaian kisah brand harus efektif dengan mengetahui siapa audiensnya. Penting bagi suatu merek menciptakan kisah brand yang menarik.
Kisah brand yang menginspirasi dapat dijadikan alat untuk membangun citra positif merek. Artikel ini akan membahas tips untuk membangun desain kisah brand yang menarik.
TIPS MEMBANGUN KISAH BRAND
Untuk menyampaikan kisah yang efektif dan sesuai sasaran perhatikan beberapa tips membangun kisah brand ini:
Mengenali Target Pasar
Dalam menciptakan kisah brand yang menarik penting untuk mengenali target pasar. Agar kisah yang disampaikan sesuai sasaran dan efektif menyampaikan pesan merek.
Biasanya setiap merek memiliki audiens sendiri yang merasa terhubung dengan merak. Pahami nilai, keinginan, persepsi dan kebutuhan untuk menciptakan desain kisah merek yang menarik.
Audiens bisa merasa memiliki ikatan emosional jika kisah brand bisa relevan dengan audiens. Inilah tujuan memahami target pasar agar bisa menggunakan kisah brand yang relevan dengan zaman.
Fokus pada Nilai Inti Merek
Dalam kisah brand agar menyampaikan pesan secara efektif penting untuk fokus pada nilai utama merek. Kisah brand harus mencerminkan nilai merek, dan tujuan merek.
Dalam kisah brand jangan hanya menggunakan produk atau layanan sebagai elemen penting. Tetapi fokuskan juga pada nilai merek agar bisa menampilkan pesan yang efektif.
Gunakan elemen-elemen yang terkait dengan identitas merek untuk menunjukkan nilai inti merek. Misalnya pada warna atau tipografi, bisa juga dengan nilai yang diterapkan merek sebagai slogan.
Ciptakan Protagonis yang Menginspirasi
Biasanya dalam kisah merek untuk menarik perhatian gunakan tokoh yang bisa menginspirasi audiens. Gunakan contoh langsung dari manfaat merek melalui orang yang berprestasi dan sukses.
Ceritakan kisah perjuangan orang-orang pengguna layanan atau produk agar audiens bisa semakin percaya. Tunjukkan pencapaian merek dalam membangun produk atau layanan yang sukses.
Kisah brand juga terkadang menunjukkan transformasi perubahan merek dari ke waktu, mulai dari pencapaian hingga kualitas produk yang terus bertransformasi. Transformasi merek pada kisah merek akan menciptakan ikatan emosional.
Desain Logo yang Sederhana
Agar kisah brand menyampaikan pesan secara efektif dan mudah dipahami, hindari desain yang rumit. Desain kisah brand terlalu kompleks dan padat dapat membuat pesan sulit dibaca.
Termasuk juga pada kisahnya, pastikan kisah brand menggunakan narasi yang sederhana. Pesan yang rumit dapat membuat audiens kebingungan. Sementara desain sederhana akan mudah dipahami dan diingat.
Desain yang sederhana bisa dengan menggunakan elemen yang penting saja. Tampilan visual kisah merek yang sederhana akan membuat audiens bisa fokus pada elemen atau narasi penting.
Beri Fokus pada Perkembangan Karakter
Bagi merek yang memiliki karakter khusus sering digunakan sebagai tokoh pencerita kisah. Penting agar karakter merek terus dikembangkan.
Perubahan evolusi karakter ini bisa menunjukkan seberapa lama merek telah ada dan dapat meningkatkan kepercayaan publik. Evolusi karakter ini penting untuk menunjukkan bahwa merek terus menyesuaikan dengan perubahan dan tren agar tetap relevan.
Menceritakan evolusi ini pada kisah merek akan membantu menunjukkan perkembangan brand yang signifikan.
Gunakan Visual dan Multimedia
Ada beberapa cara untuk menceritakan kisah merek pada audiens. Kisah merek dapat berupa gambar, komik, animasi dan video. Pasukan beberapa elemen visual dan grafis dapat menciptakan konten kisah merek yang lebih menarik.
Penggunaan gambar dan video untuk menyampaikan kisah merek dapat memberikan dimensi yang unik. Kisah merek yang disampaikan dengan dengan visual akan menarik perhatian audiens.
Kejujuran pada Kisah Merek
Ketika ingin menceritakan kisah merek usahakan ceritanya jujur dan sesuai kenyataan. Membuat cerita palsu dan terlalu dibuat-buat dapat memengaruhi kepercayaan audiens apakah ceritanya nyata.
Kejujuran sangatlah penting dalam membangun citra merek yang positif. Cerita yang tidak sesuai dengan karakter merek sebenarnya akan menciptakan ketidak konsistenan pada merek.
Gunakan Narasi yang Berupa Ajakan
Dalam kisah merek penting untuk membangun narasi yang menarik. Ini berguna meningkatkan ketertarikan audiens pada merek. Narasi dalam membangun kisah merek yang kuat sangatlah.
Narasi kisah merek harus bisa mewakili pesan dan nilai merek. Penggunaan elemen buang interaktif akan membuat narasi ajakan pada audiens lebih memikat.
Menciptakan Tegangan dan Resolusi
Kisah merek akan lebih menarik jika memiliki alur dan plot yang menarik. Penting bagi kisah naratif untuk memiliki plot yang menarik. Ciptakan karakter yang memiliki konflik dan hambatan kemudian tunjukkan solusi dengan produk atau layanan merek.
Alur kisah merek yang datar akan membosankan dan seolah tidak memiliki hubungan yang kuat dengan merek. Gunakan konflik untuk menciptakan ketegangan pada alur cerita. Ini akan membuat cerita lebih menarik.
KESIMPULAN
Untuk membangun identitas merek dan citra positif dapat dilakukan melalui membangun kisah merek yang kuat. Kisah merek yang kuat dan menginspirasi orang akan memberikan citra positif pada merek. Dalam menyampaikan kisah merek yang efektif penting memperhatikan beberapa tips tentang membangun kisah brand. Mulai dari memahami nilai utama merek, tampilan visual menarik hingga kejujuran dalam ceritanya.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.