Tips Desain Thumbnail Video Menarik

Dalam era digital ini platform online menjadi tempat favorit banyak orang menciptakan konten kreatif. Untuk konten kreatif pada platform online biasanya membutuhkan desain menarik untuk memikat perhatian seperti video dan foto. Untuk konten video penting untuk menciptakan desain thumbnail yang menarik.

Dalam konten video untuk sosial media biasanya adanya yang namanya thumbnail. Thumbnail ini adalah gambar atau tampilan yang muncul sebelum video diputar. Era digital semakin banyaknya konten kreatif bermunculan thumbnail video tidak bisa sembarangan dipilih dari footage, butuh desain khusus.

Mendesain thumbnail secara khusus akan membantu video terlihat lebih menarik dan membuat penasaran orang yang melihat. Desain thumbnail yang menarik dapat meningkatkan daya tarik video terutama untuk youtube atau instagram.

Read More

Untuk mendesain thumbnail yang menarik perlu mempertimbangkan beberapa hal termasuk isi video, tujuan hingga pemilihan foto atau footage. Desain thumbnail kerap kali menjadi pertimbangan penonton sebelum menonton video. Untuk membuat thumbnail menarik, simak artikel ini yang akan membahas tentang tips menciptakan desain thumbnail menarik perhatian.

Tips Menciptakan Desain Thumbnail Menarik

Desain thumbnail berperan penting dalam menarik perhatian penonton, dengan memerhatikan esensi video, elemen desain hingga footage video yang menarik atau utama. Berikut penjelasan lebih jauh tentang tips desain thumbnail yang efektif:

Jelas dan Mudah Dimengerti

Desain thumbnail yang menarik berarti harus jelas dan mudah untuk dipahami. Ini termasuk judul, foto dan footage dalam thumbnail harus menjelaskan isi desain dengan sederhana. Agar thumbnail mudah dipahami oleh audiens apa saja esensi dari video tersebut.

Untuk memastikan thumbnail dapat menjelaskan dengan baik apa isi video, penting untuk memerhatikan elemen apa saja yang perlu ada dalam thumbnail. Selain itu pilihan elemen juga harus mudah dipahami dan sederhana oleh desainnya dapat dimengerti dengan mudah.

Desain thumbnail harus memudahkan audiens mengidentifikasi jenis dan isi konten video hanya dari melihat thumbnailnya. Gunakan judul yang jelas dan sederhana tapi membuat penasaran, pastikan judul atau deskripsi teks pada desain terbaca dengan jelas.

Gunakan Font yang Mudah Dibaca dan Jelas

Penting untuk memastikan juga jenis font yang digunakan terbaca dengan jelas oleh audiens. Ini akan memudahkan mereka mengidentifikasi judul dan isi konten, pastikan font menonjol dan berukuran besar. Meskipun menggunakan warna mencolok pastikan tulisan terbaca dengan jelas dan menarik.

Selain font untuk judul, biasanya pada desain thumbnail ada tambahan beberapa teks singkat untuk memberikan tambahan penjelasan. Teks singkat yang digunakan terkadang berupa nama orang atau tokoh dalam isi video, pastikan juga terbaca dengan jelas. Untuk menciptakan konsistensi visual pastikan menggunakan font yang sama dengan keseluruhan isi videonya.

Penting juga memerhatikan ukuran teks terlihat jelas meskipun thumbnail dalam ukuran kecil. Gunakan font yang besar tambahkan kontur, outline atau bayangan agar tulisan semakin terbaca dengan jelas.

Perhatikan Warna dan Kontras

Dalam desain thumbnail warna berperan penting untuk menunjukkan suasana dan pesan video. Terkadang warna pada thumbnail dapat memperjelas atau menyoroti informasi penting seperti judul video, dan nama tokoh. Biasanya desain thumbnail terkait dengan konsep keseluruhan dalam video, maka dari itu penggunaan warna dapat menunjukkan suasana dan konsep dalam video.

Untuk konten dengan konsep klasik atau sejarah biasanya menggunakan tone retro atau warna kuning dan coklat sering dominan, baik dari warna judul, elemen dan filter foto. Penting memilih warna yang sesuai dengan konsep dan isi video, karena ini akan memengaruhi pandangan audiens. Konten horor pada thumbnail bisa menggunakan warna yang memberikan kesan seram seperti merah dan hitam.

Pemilihan warna pada judul thumbnail akan membantu meningkatkan keterbacaan judul. Perlu ada kontras antara teks, foto dan latar belakang pada desain thumbnail.

Pentingkan Kualitas Visual

Penting juga memerhatikan kualitas visual pada thumbnail, pastikan desain thumbnail memiliki resolusi gambar yang tinggi. Sehingga desainnya terlihat jelas dan bisa menarik perhatian audiens. Maka dari itu gunakan gambar atau foto berkualitas tinggi, agar desainnya terlihat jelas.

Hindari penggunaan footage atau foto yang blur dan buram, ini bisa membuat audiens kurang memahami isi video. Gambar yang buram juga memberikan kesan konten tidak berkualitas dan profesional. Hal seperti ini bisa menurunkan minat audiens untuk menonton video.

Fokus pada Ekspresi Wajah

Untuk konten yang berfokus memberikan hiburan, menggunakan foto dari video dengan ekspresi tertentu dapat menarik perhatian. Orang cenderung akan penasaran dengan tokoh atau orang terkenal yang berekspresi menarik dalam thumbnail. Hal ini bisa meningkatkan daya tarik audiens untuk mengklik video.

Gunakan Logo atau Merek

Jika video konten terkait dengan merek atau lembaga tertentu, gunakan logo atau identitas merek yang lain. Ini akan memudahkan audiens mengidentifikasi pemilik dari konten tersebut. Penggunaan logo menjadi watermark video akan memudahkan pelanggan setia menemukan video kontennya. Penting untuk meletakkan logo dan elemen identitas yang lain pada thumbnail.

Sederhana dan Tidak Terlalu Padat

Desain thumbnail yang memikat tidak harus menggunakan terlalu banyak elemen, yang malah membuat desain terlalu padat. Desain yang sederhana namun memikat akan jauh lebih mudah dibaca. Hindari penggunaan elemen berlebihan seperti terlalu banyak foto atau tulisan, hati-hati juga dengan penggunaan warna. Pilih elemen yang paling penting untuk mendukung isi video dan gunakan secara efektif.

Gunakan Panah atau Indikator Aksi

Untuk membuat thumbnail semakin menarik bisa memanfaatkan penggunaan elemen yang menunjukkan aksi atau tindakan. Penggunaan elemen seperti tanda panah, lingkaran, tanda seru hingga tanda tanya bisa membuat thumbnail semakin menarik perhatian. Ini akan memandu audiens melihat informasi penting pada thumbnail, hal seperti ini bisa semakin membuat video terlihat menarik.

Konsisten dalam Gaya dan Tema

Desain thumbnail juga harus memiliki konsistensi dengan tema dan konsep desain video, agar menciptakan kesan profesional dan kesinambungan. Gunakan warna, tipografi, efek hingga kualitas foto yang sama dengan video. Penting untuk menciptakan konsistensi sebagai identitas visual untuk konten.

KESIMPULAN

Desain thumbnail sangat penting untuk meningkatkan daya tarik audiens pada konten, hal ini karena thumbnail adalah pintu awal yang interaksi penonton dengan konten. Untuk itu penting menciptakan desain thumbnail yang menarik untuk memotivasi audiens melihat videonya secara utuh. Pastikan desainnya bisa menjelaskan secara singkat tentang isi dari video dengan tampilan visual menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts