Tips Dapat Client Pertama Anti Gagal

Tips Dapat Client Pertama Anti Gagal – Bekerja sebagai seorang freelancer memang menjadi idaman banyak orang. Bagaimana tidak, selain bebas mengatur waktu, Anda bisa memilih mana pekerjaan yang ingin Anda lakukan.

Meski begitu, mungkin ada di antara Anda yang masih bingung, apa ya yang harus dilakukan supaya cepat bisa mendapat klien yang mau menggunakan skill Anda?

Nah, mulai sekarang tidak usah galau lagi. Sebab, jasalogo.id akan membagikan info tentang cara cepat menemukan klien pertama Anda. Simak baik-baik ya!

Tips Dapat Client Pertama Anti Gagal

Portofolio

Portofolio adalah satu hal yang wajib Anda miliki, di bidang apapun yang Anda geluti. Walaupun biasanya portofolio berisi hasil pekerjaan yang telah dibuat untuk klien sebelumnya, tapi bagi Anda yang belum pernah memiliki klien, Anda bisa memasukkan hasil karya pribadi yang telah dibuat. 

Misalnya, Anda merupakan seorang freelance dalam menulis, tapi artikel yang Anda buat belum pernah ada yang dimuat di media manapun.

Nah, Anda bisa membuat portofolio tulisan apapun yang pernah Anda kerjakan. Dengan begitu, calon klien akan bisa mempelajari gaya penulisan Anda.

CV atau Resume yang Kreatif

Banyak yang salah mengira, bahwa dengan menjadi freelancer berarti Anda tidak membutuhkan CV. Salah!

Walaupun tidak ditujukan untuk melamar kerja menjadi karyawan pada umumnya, perusahaan atau calon klien biasanya tetap butuh melihat CV kamu.

Untuk mempelajari sosok yang akan mereka hire.

Manfaatkan Media Sosial

Salah satu cara cepat untuk mendapatkan klien pertama Anda adalah dengan memanfaatkan sosial media. Anda dapat mempromosikan di pelbagai sosial media yang sesuai dengan user pengguna.

Walaupun saat ini Anda sudah memiliki akun sosmed pribadi, ada baiknya bila Anda membuat akun media sosial yang terpisah untuk urusan pekerjaan. Buatlah nama akun yang terlihat lebih profesional dan berhubungan dengan bidang yang Anda geluti.

Meskipun ada banyak sosial media yang bisa Anda manfaatkan keberadaannya, sebaiknya tak usah menggunakan semua, karena akan sulit mengelolanya.

Batasi sampai maksimal 3 atau 4 saja. Utamakan pemanfaatkan platform Twitter, Instagram, dan LinkedIn.

Follow Orang Tepat

Nah, setelah Anda membuat akun media sosial khusus, follow-lah para profesional lain yang bergerak di bidang sama denganmu.

Hal ini penting, agar Anda selalu mendapat informasi ter-update tentang perkembangan yang terjadi lain di bidang itu.

Selalu Siap Kerja Dadakan

Dunia freelance adalah dunia yang serba penuh kejutan. Tidak jarang lho, suatu Event Organizer membutuhkan talent di menit-menit terakhir sebelum pelaksanaan acara.

Misalnya saja MC yang mereka tugaskan tiba-tiba sakit, dan mendadak kamu ditawarkan untuk menjadi MC pengganti. Bisa saja kan hal itu terjadi?

Oleh karena itu, Anda harus menanamkan pada diri Anda mental percaya diri serta pemberani.

Untuk mendapat segera seorang client, setidaknya beberapa hal di atas dapat Anda perhatikan. 

Namun begitu, jika Anda memiliki langkah lainnya, silakan berbagi dengan kami melalui kolom komentar! 

Siap bukan untuk menjadi sosok yang sukses dengan client? Nah, kunjungi pelbagai media kami untuk mendapat banyak informasi menarik dengan klik di sini

Terima kasih sobat jasalogo.id. Senantiasa sehatm ya, walaupun pandemi belum berakhir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *