Tips Beli Laptop Bekas dan Murah Namun Berkualitas

Laptop juga menjadi pilihan utama karena lebih praktis penggunaannya daripada komputer PC, – Tips beli laptop bekas dan murah berkualitas.

Laptop saat ini telah menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh orang-orang dengan aktivitas yang cukup padat, baik mereka yang masih menempuh pendidikan maupun bekerja.

Namun, saat laptop mengalami kerusakan tentu saja akan menghambat produktivitas. Sementara untuk membeli laptop baru, tidak semua orang memiliki dana yang cukup.

Mau beli laptop bekas? Kenapa harus ragu? Asal kamu bisa memilih dengan benar, laptop bekas berkualitas pun bisa kamu dapatkan.

Untuk itu, saat membeli laptop bekas, cek dengan seksama komponen-komponen pada laptop yang akan kamu beli dan terapkan tips membeli laptop bekas berikut ini.

Tips Beli Laptop Bekas dan Murah Namun Berkualitas

Pahami kebutuhan dasarnya

Hal paling pertama yang harus dipikirkan adalah kebutuhan kamu. Memang ada begitu banyak laptop bekas murah yang dijual di pasaran. Akan tetapi, jika tidak sesuai kebutuhan, buat apa membelinya, bukan?

Cari tahu dulu spesifikasi, seperti prosesor dan RAM, yang dibutuhkan. Apabila kebutuhannya hanya untuk mengetik dan browsing, tidak perlu prosesor dan RAM yang terlalu tinggi.

Jadi, apabila ada laptop bekas dengan prosesor dan RAM yang sudah sesuai kebutuhan, langsung saja pertimbangkan untuk dibeli.

Cek Kondisi Barang

Hal yang paling utama harus kamu cek dan paling mudah dilihat adalah kondisi bodi laptop bekas yang akan kamu beli.

Apakah terdapat lecet atau retak di bodi laptop. Jika memang masih mulus, berarti bisa jadi pemilik sebelumnya memahami dengan baik teknik merawat laptop.

Namun andai di bodinya terdapat lecet atau retakan, sudah tentu laptop bekas tersebut pernah terjatuh.

Tidak menutup kemungkinan, komponennya pun mengalami sedikit kerusakan yang merupakan dampak dari jatuhnya laptop tersebut.

beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda ingin membeli laptop. Di antara hal yang pentingi untuk diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan sistem operasi pada laptop aktif dan asli
  • Lihat apakah terdapat kerusakan yang nampak pada laptop
  • Cek port dan drive optik
  • Pastikan keyboard dan trackpad berjalan sesuai fungsi dan tidak ada yang mati
  • Jalankan webcam untuk memastikan kualitasnya
  • Lihat kualitas speaker dengan memutar audio Lihat LCD pada laptop dan pastikan tidak ada pixel dead (kerusakan pada LCD)
  • Pastikan laptop dapat terhubung dengan Wi-Fi atau jaringan internet lainnya
  • Pastikan hardisk pada laptop memiliki kapasitas sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan
  • Cek jenis dan ukuran RAM
  • Pastikan pula baterai dan charger pada laptop berfungsi dengan baik.

Riset harga laptop bekas dan baru

Saat membeli laptop bekas, mendapatkan harga yang lebih murah daripada barang baru adalah hal wajib yang perlu diperhatikan.

Hati-hati jika menemukan harga yang terlampau murah karena bisa saja barang yang dijual sudah rusak atau malah menjadi ajang penipuan.

Selain itu, penting untuk mengecek harga normal barang agar tidak membeli laptop yang kelewat mahal.

Sebaiknya, sebelum membeli, lakukan riset harga dengan membandingkan satu toko dengan toko lainnya.

Bandingkan juga harga laptop dengan merek dan spesifikasi tertentu dalam kondisi bekas dan baru. Dengan mengetahui harga laptop yang semestinya, menghindari praktik penipuan lebih mudah untuk dilakukan.

So, berikut Tips Beli Laptop Bekas dan Murah Namun Berkualitas dari jasalogo.id. hati-hati dan cermatlah dalam membeli barang elektronik ya guys… semoga bermanfaat.