Tetap Sehat Ditengah Musim Kemarau yang Panas

Musim kemarau cenderung udara lebih panas dan kering, banyak dari yang malas keluar dan sering minum es. Penting untuk tetap sehat ditengah musim kemarau yang sangat panas ini.

Tetap Sehat Ditengah Musim Kemarau yang Panas
Jasa Desain Logo Dokter Kesehatan untuk Doktie

Jangan heran musim kemarau juga bisa mendatangkan penyakit seperti musim hujan loh. Maka dari itu penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Biasanya banyak sekali godaan untuk bermalas-malasan cuaca yang panas, belum lagi keinginan untuk minum minuman dingin meningkat tajam. Banyak pula bermunculan pedagang minuman tidak sehat seperti pop Ice.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan agar kita tidak sakit. Mulai dari Olahraga dan istirahat yang cukup. Perhatikan artikel ini dengan baik untuk tahu tips-tips tetap sehat ditengah musim kemarau.

TIPS UNTUK MENJAGA TUBUH SEHAT DITENGAH MUSIM KEMARAU

  • Minum cukup air
  • Gunakan sunscreen atau tabir surya
  • Pakai pakaian yang sesuai
  • Hindari berlama-lama dibawah matahari
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Jangan beraktivitas berat saat siang hari
  • Bersihkan rumah
  • Rutin beristirahat
  • Perhatian kesehatan mata
  • Lindungi kaki dan kulit

Minum Cukup Air

Ditengah cuaca panas penting banyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi. Minum air yang banyak dapat membantu menjaga suhu dan terhindar dari dehidrasi.

Hindari minum air es atau minuman yang bervariasi rasa. Perbanyak minum air putih biasa saja. Jika terlalu banyak minum air es tenggorokan bisa sakit.

Jika bepergian keluar selalu bawa botol minum sendiri, karena cuaca panas orang akan mudah haus.

Gunakan Tabir Surya

Saat musim kemarau sinar matahari lebih terik dan panas. Ketika kamu harus bepergian atau berkegiatan di luar ruangan selalu gunakan tabir surya atau sunscreen.

Penggunaan tabir surya berguna untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya dan bisa menyebabkan kanker kulit. Gunakan tabir surya pada area-area yang terbuka seperti wajah, tangan, leher dan kaki.

Kenakan Pakaian yang Tepat

Penting untuk menggunakan pakaian yang cocok saat cuaca sedang panas. Pilih pakaian yang longgar berbahan kain yang adem. Serta pilih warna yang terang, warna terang akan memantulkan kembali cahaya matahari.

Sedangkan warna gelap akan menyerap cahaya matahari dan panas. Kalau kamu menggunakan warna gelap tubuh pasti mudah berkeringat dan terasa panas menyengat.

Hindari Paparan Matahari Berlebihan

Pada jam tertentu matahari cenderung lebih panas, sehingga perlu menghindari kegiatan diluar ruangan saat itu. Matahari terpanas biasanya antara pukul 10 pagi hingga jam 4 sore. Tentu saja paling panas saat matahari diatas kepala sehingga banyak orang jarang keluar saat jam itu.

Konsumsi Makanan Sehat

Selain perbanyak minum air pola makan juga harus dijaga. Saat musim kemarau perbanyak makan sayuran dan buah yang kaya akan air.

Makan buah dan sayur akan membantu tubuh terhidrasi. Selain itu makanan ini juga menyehatkan karena kandungan gizinya yang melimpah.

Hindari Aktivitas Berat pada Siang Hari

Siang hari cuaca sedang panas-panasnya hindari aktivitas berat di luar ruangan saat jam siang. Jangan berolahraga dan bekerja saat matahari diatas kepala terutama di bawah matahari langsung tanpa perlindungan.

Bersihkan Rumah dengan Tepat

Jika kamu tinggal dikota memiliki alat pengatur kelembaban dan penyaringan udara sangat disarankan. Alat dapat membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan dan melembabkan udara.

Namun jika kamu tidak punya uang untuk membeli alat ini, kamu bisa menggunakan tanaman. Tanam tanaman yang bisa menyaring udara di dalam ruangan.

Menanam banyak tumbuhan dan bunga juga membantu rumah dan ruangan terasa sejuk dan adem. Penting untuk menjaga udara yang lembab agar tidak menyebabkan masalah pernapasan.

Rutin Beristirahat

Salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan adalah istirahat yang cukup minimal 8 jam. Pastikan kamu tidur teratur saat malam hari, jangan tidur diatas jam 12 dan bangun terlalu siang usahakan bangun pagi.

Tidur yang cukup membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, jangan ganti tidur malam hari dengan tidur siang.

Perhatikan Kesehatan Mata

Musim kemarau biasanya mataharinya lebih terik dan cerah. Lindungi matamu saat beraktivitas diluar ruangan dari paparan sinar UV dengan menggunakan kacamata hitam.

Bila kamu sering di depan komputer untuk bekerja, jangan lupa istirahat untuk mengistirahatkan mata agar tidak kelelahan.

Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV, dan beristirahatlah secara teratur jika bekerja di depan komputer untuk mencegah kelelahan mata.

Lindungi Kaki dan Kulit

Di musim kemarau penting sekali memakai alas kaki yang menutupi seluruh kaki, karena matahari sangat terik kakimu bisa terbakar bila kena aspal. gunakan sepatu atau sandal yang nyaman dipakai saat musim panas. Jangan lupa pakai lotion pada kaki agar kulitmu tidak kering dan menghindari telapaknya pecah-pecah.

Selalu jaga kesehatan dengan perbanyak air putih serta rajin berolahraga. Musim kemarau yang kering dan panas ini harus pandai-pandai menjaga kesehatan dan menghidrasi kulit dan tubuh.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo segera hubungi kami di jasalogo.id dapatkan promo menarik sekarang.

Related posts