Syarat Desain Struktural pada Gambar Fesyen

Syarat Desain Struktural pada Gambar Fesyen  – Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sobat jasalogo.id bahwa yang sangat menentukan pada desain struktural dari suatu benda adalah bagaimana konstruksinya.

Selain strukturnya, juga termasuk bagaimana kegunaannya serta bagaimana garis dan bentuk dari bagian-bagiannya apakah saling berhubungan satu sama lainnya.

Seorang ahli dalam bidang desain berpendapat bahwa suatu desain yang paling baik adalah memiliki tujuan dan kegunaan yang tepat serta memiliki kesederhanaan dalam bentuknya, karena kesederhanaan akan lebih indah apabila dilihatnya.

Dapat dikatakan bahwa syarat desain struktural adalah desain yang dibuat sesuai dengan fungsi atau kegunaannya serta saling berhubungan antara garis dan bentuknya.

Yang perlu sobat jasalogo.id perhatikan untuk kesehatan dan keselamatan kerja dalam kegiatan belajar menggambar desain yakni area kerjanya, peralatan kerja yang siap pakai, dan bahan serta kebersihan diri sendiri harus sesuai dengan peraturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Peraturan K3 Desainer Fesyen, yaitu:

  • area kerja harus cukup cahaya, ventilasi, kebersihan ruangan, bersih dari barang-barang yang tidak berguna di atas meja belajarnya,
  • peralatan kerja seperti; meja, kursi dan peralatan menggambar lainnya juga harus sesuai standar operasional prosedur. Misalnya, antara meja dan kursi yang ergoniomis, nyaman untuk dipakai,
  • peralatan untuk menggambar (siap pakai) seperti pensil yang runcing, penghapus pensil yang bersih, kertas bersih
  • menjaga kebersihan diri sendiri seperti mencuci tangan sebelum memulai melakukan aktifitas menggambarnya,
  • sikap duduk pada saat menggambar harus tegak, jarak pandangan pada saat menggambar lebih kurang 30 cm
  • pandangan mata tidak terhalang oleh rambut, sebaiknya dijepit, diikat atau di bandana
  • selalu mengenakan alas kaki

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan gambar desain adalah:

  1. Meja pengutip gambar.
  2. Kertas sketsa atau HVS polos.
  3. Pensil gambar jenis B atau 2B atau pensil mekanik dengan isi pensil 0,5/ Drawing pen.
  4. Pensil warna.
  5. Penghapus pensil.
  6. Lem kertas.
  7. Referansi yang mendukung (majalah, gambar-gambar yang berhubungan dengan desain struktural) sebagai bahan untuk mendapatkan informasi tambahan.

Langkah Gambar Struktural

Langkah-langkah pembuatan gambar desain struktural atau benda adalah sebagai berikut:

  1. Membuat rancangan sketsa gambar desain struktural berupa benda yang terdapat disekitar seperti vas bunga, kotak pensil, pada kertas sketsa atau HVS (ingat rancangan gambar harus sesuai dengan kegunaan).
  2. Apabila gambar rancangan bendanya telah bagus, siap dikutip pada kertas HVS dengan menggunakan meja pengutip gambar atau dapat pula dengan bantuan kaca jendela yang menghadap sinar matahari, mengutip gambar dengan tepat sesuai gambar rancangan.
  3. Setelah gambar rancangan benda di kutip dengan benar, gambar desain diselesaikan dengan pensil warna.
  4. Garis siluet dari gambar rancangan benda yang sudah dikutip dengan baik dan benar tadi diselesaikan dengan pensil warna yang lebih tua.
  5. Perhatian, untuk menyelesaikan garis siluet, ujung pensil harus selalu runcing.

KESIMPULAN

itulah beberapa informasi tentang syarat desain struktural pada gambar fesyen . Anda dapat mengunjungi katalog kami di instagram klik disini!