Strategi Menghindari Pelanggaran Hak Cipta dalam Desain

0
(0)

Dalam desain grafis penting untuk menciptakan desain menarik yang tidak melanggar hak cipta terutama pada desain logo. Biasanya setiap desain logo dari merek yang sudah ada akan didaftarkan untuk hak cipta atau hak kekayaan intelektual. Ini dilakukan untuk menghindari peniruan oleh oknum tertentu. Penting untuk memperhatikan beberapa hal penting agar desain dapat menghindari pelanggaran hak cipta.

Melakukan pelanggaran hak cipta dapat membuat desainer dan pemilik bisnis dituntut oleh orang yang merasa ditiru. Hal ini bisa menyebabkan kerugian seperti terkena hukuman penjara dan denda hingga ratusan juta. Meniru desain orang lain juga merupakan pelanggaran etika dalam dunia desain.

Desain logo ini cukup krusial bila melakukan pelanggaran hak cipta karena merupakan identitas yang mewakili merek. Sehingga penting untuk membuat desain baru yang tidak meniru atau persis dengan desain orang lain.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh desainer untuk menciptakan desain yang baru tanpa meniru dari sumber manapun. Mencari inspirasi memang sah-sah saja, namun bukan untuk meniru bentuknya yang sama persis. Untuk itu penting melakukan kreasi yang baru dan kreatif untuk menciptakan desain logo.

Artikel ini akan membahas beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari pelanggaran hak cipta. Termasuk strategi saat menyusun, merancang atau membuat desain identitas merek.

TIPS MENGHINDARI PELANGGARAN HAK CIPTA PADA DESAIN

Ketika menciptakan desain identitas atau desain logo ada beberapa cara untuk merancang logo yang terhindar dari kemungkinan pelanggaran hak cipta. Berikut beberapa tipsnya:

Memahami Peraturan Hak Cipta

Penting bagi desainer dan pelaku usaha memahami tentang peraturan hak cipta atau hak kekayaan intelektual yang berlaku. Memahami ini akan membantu meningkatkan kesadaran untuk tidak melakukan pelanggaran hak cipta dan berani melakukan peniruan karya desain seperti desain logo merek.

Pemahaman terhadap adanya hukuman yang berat ketika dituntut melakukan pelanggaran hak cipta tentunya akan membuat orang takut untuk meniru karya orang lain. Apalagi desain logo adalah identitas yang mencerminkan nilai merek, jika ternyata desainnya meniru ini akan memengaruhi reputasi merek.

Mengetahui batas-batas dan hak-hak yang melindungi hak cipta dari suatu karya desain yang didaftarkan, ini sangat berguna untuk para desainer dan pelaku usaha dalam mempertimbangkan desain untuk logo.

Gunakan Materi yang Berlisensi dan Kreasikan Bentuk Baru

Ketika akan menggunakan elemen-elemen tertentu, gambar, ikon atau font yang banyak ditemui di internet, pastikan elemen yang sah dan berlisensi untuk digunakan secara komersial bukan pribadi. Jika font atau elemen tersebut tidak bisa digunakan komersial bisa dengan membayar hak penggunaan pada pencipta karya.

Jangan sembarangan menggunakan elemen atau material yang ada di internet, karena hal ini juga bisa menyebabkan pelanggaran hak cipta. Jika ingin mengambil inspirasi desain dari elemen yang ada di internet pastikan mengkreasikan dengan unik dan berbeda agar tidak sama dengan bentuk aslinya.

Penggunaan font biasanya cukup krusial sehingga pastikan untuk memodifikasinya ke bentuk baru. Termasuk juga pada ikon umum yang ada di internet misalnya seperti bentuk kamera, tas, bunga dan lainnya.

Ciptakan Desain Original

Untuk menghindari pelanggaran hak cipta menciptakan desain yang original dan baru yang tidak terinspirasi dari apapun tentunya menjadi pilihan yang paling aman. Jangan menjiplak atau menyalin desain dari yang sudah ada atau dari beberapa sumber di internet.

Pastikan untuk menciptakan bentuk baru yang dikreasikan sendiri untuk memastikan tidak adanya pelanggaran hak cipta. Desain yang baru dan orisinil akan membuat merek terlihat unik dan menarik. Selain itu dapat digunakan sebagai identitas merek yang unik.

Kontrak dan Persetujuan Lisensi

Biasanya pemilik usaha akan menggunakan jasa desainer logo profesional untuk menciptakan desain yang unik dan bebas dari hak cipta seperti di jasalogo.id. Desainer profesional yang sudah terbiasa mendesain logo untuk berbagai merek, kecil kemungkinan menjiplak desain lain, karena mereka sudah terlatih mengkreasikan bentuk desain yang unik.

Pastikan dan tanyakan pada desainer bahwa desain yang mereka ciptakan tidak melanggar hak cipta dan meniru dari sumber lain, termasuk pada bentuk logo dan font yang digunakan. Jika perlu buatlah surat perjanjian dan kontrak kerja untuk memastikan komitmen mereka dan merek anda bisa menghindari hal yang tidak perlu. Perjanjian bisa menjelaskan hak kepemilikan desain logo dan penggunaan materi yang bebas copyright.

Selidiki Sejarah Visual Identitas Merek

Sebelum membuat desain logo sebagai identitas merek, penting untuk mengetahui berbagai desain identitas merek lain sejak dahulu hingga saat ini. Menyelidiki berbagai identitas merek yang sudah ada dan pernah ada akan membantu menghindari adanya kemiripan desain.

Tidak hanya desain logo pada jenis bisnis yang sama tetapi juga desain logo secara keseluruhan untuk semua jenis usaha dan industri. Ini termasuk juga pada logo inisial, biasanya banyak merek yang memiliki inisial yang sama, pastikan meskipun inisial yang sama desain logonya tidak mirip atau sama. Mengenal berbagai bentuk logo yang pernah ada akan menghindari adanya kemiripan yang tidak sengaja, karena sejatinya di dunia seni ini karya terus berulang dengan dimodifikasi.

Periksa Pendaftaran Merek Lainnya

Memeriksa sejarah desain logo dari dulu hingga saat ini juga berguna mengetahui kemungkinan adanya elemen-elemen desain yang mirip dengan desain logo yang yang sudah terdaftar dengan hak cipta. Mengecek data elemen dan desain yang sudah berlisensi dapat menghindari resiko pelanggaran hak cipta.

Hindari Penggunaan Elemen Terkenal dan Ternama

Hindari penggunaan elemen yang sudah dipakai oleh merek terkenal dan ternama, meskipun bentuknya beda jika berada dalam lingkup usaha yang sama ini akan dianggap meniru. Hal ini bisa menyebabkan konflik dan pelanggaran hak cipta.

Gunakan Sumber Terpercaya

Ketika mendesain terkadang membutuhkan elemen tertentu, maka ketika ingin mengunduh dan membeli hak penggunaan elemen tersebut kepada yang menciptakan pada sumber terpercaya. Hindari membeli dan mengunduh elemen dari sumber ilegal. Pastikan sumber yang menyediakan elemen desain tersebut dapat dipercaya dan memiliki hak penggunaan.

Pantau Perkembangan Hukum

Peraturan tentang lisensi dan hak kekayaan intelektual dapat berubah seiring waktu menyesuaikan dengan keadaan zaman. Untuk penting juga memantau perubahan peraturan hak cipta dan izin penggunaan lisensi elemen tertentu. Selain itu, pahami dengan baik tentang peraturan hak kekayaan intelektual.

Konsultasikan dengan Ahli Hukum

Untuk memastikan tentang peraturan hak kekayaan intelektual untuk mendaftarkan atau menghindari peniruan desain, konsultasikan dengan ahli hukum. Ahli hukum jauh lebih paham dan dapat memberikan nasihat agar bisa mematuhi hukum yang berlaku terkait dengan pelanggaran hak cipta karya kreatif.

KESIMPULAN

Dalam menciptakan desain logo penting memerhatikan beberapa aspek tersebut agar terhindari dari pelanggaran hak cipta. Pastikan desain orisinil dan baru bukan dari meniru desain lain.

Selain itu pastikan penggunaan elemen-elemen desain seperti ikon, gambar, dan font tidak melanggar hak cipta pula. Ciptakan desain baru yang unik dengan mengecek desain yang sudah ada. Ini berguna agar tidak ada kesamaan baik dari segi elemen atau bentuk logonya.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts