Desain logo merupakan identitas yang mencerminkan merek. Tetapi seiring berjalannya waktu desainnya bisa tidak relevan sehingga perlu perubahan. Ada beberapa tips dan hal penting yang perlu dipahami dalam melakukan perubahan logo.
Logo digunakan sebagai salah satu alat penting dalam membangun identitas merek yang kuat. Untuk logo biasanya mencerminkan nilai, karakter dan citra merek yang ingin dibangun.
Sebagai identitas visual utama yang mencerminkan identitas merek. Logo terkadang sudah cukup melekat di pikiran pelanggan. Sehingga terkadang muncul pertanyaan apakah desainnya dapat diubah.
Logo bisa diubah dengan menyesuaikan dengan perubahan tren dan pasar. Namun perlu dipahami merubah logo atau rebranding ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.
Ada beberapa alasan mengapa rebranding logo dilakukan. Penting untuk berhati-hati dan mempertahankan nilai logo awal dengan yang baru. Logo baru juga harus bisa memenuhi kebutuhan tren dan visi merek.
Mengapa dan Kapan Diperlukan Perubahan Logo dapat Dilakukan?
Merubah logo biasanya membutuhkan banyak pertimbangan. Biasanya ada beberapa alasan mulai dari menyesuaikan perubahan tren desain hingga melakukan perkembangan bisi dan misi merek. Berikut beberapa alasan utamanya:
Evolusi Merek
Ketika waktu dikit berganti, merek terus melakukan evolusi dan perkembangan ke arah yang lebih baik. Waktu dan tren berjalan begitu industri terus berevolusi begitu juga dengan merek.
Perkembangan identitas merek dan visi perusahaan biasanya akan memengaruhi logo. Pengubahan logo untuk menyesuaikan perkembangan merek, sehingga logo baru harus mencerminkan perubahan ini.
Tren dan Kesesuaian
Seiring waktu berjalan tren juga terus berubahberubah, ada banyak tren desain bermunculan. Tetapi mengikuti perkembangan tren perlu disesuaikan dengan nilai merek.
Pada era modern misalnya, desain logo banyak yang memiliki kesan minimalis dan modern. Ini membuat logo terlihat relevan dengan keadaan zaman.
Rebranding
Umumnya perubahan logo terjadi karena perusahaan ingin melakukan rebranding visi dan tujuan baru. Merek ingin menciptakan citra baru yang berbeda dan menyegarkan. Ini bertujuan merek tampil lebih segar dari citra yang sudah ada.
Salah satu strategi yang dilakukan dalam melakukan rebranding adalah perubahan logo. Sebagai identitas merek logo akan menjadi hal pertama yang terlihat ketika melakukan pergantian citra.
Strategi Menjaga Kesinambungan dalam Melakukan Perubahan Logo
Dalam melakukan perubahan logo penting untuk menjaga kesinambungan antara identitas merek dan nilai merek dalam logo. Meskipun melakukan perubahan adanya kesinambungan nilai merek yang dan baru akan menciptakan konsistensi pada identitas merek. Berikut beberapa strateginya:
Memahami Nilai Inti Merek
Melakukan perubahan logo bukan berarti tidak memiliki keterkaitan dengan citra logo sebelumnya. Logo baru harus tetap memiliki keterkaitan dengan nilai inti merek.
Dengan memahami dengan apa inti merek yang ingin disampaikan melalui logo. Akan menciptakan logo yang bisa mencerminkan nilai merek dengan baik.
Perubahan yang Terukur
Ketika melakukan perubahan berikan pelanggan sedikit spoiler agar pelanggan tidak terkejut. Melakukan perubahan secara bertahap bisa dilakukan. Misalnya dengan merilis logo baru secara bertahap dan tidak langsung semuanya.
Ini berguna juga untuk melihat reaksi mereka terhadap perubahan logo. Jika ada umpan balik dari pelanggan bisa digunakan untuk melakukan pergantian logo yang sesuai dengan preferensi mereka.
Memperhatikan Identitas Visual
Perubahan logo juga harus memperhatikan identitas visual. Menggunakan identitas visual merek dengan konsisten akan menciptakan identitas visual kuat.
Meskipun terkadang ingin melakukan perubahan secara total, tetap menggunakan identitas visual yang sama pun akan memperkuat identitas merek. Identitas visual ini termasuk warna, font dan elemen visual lainnya.
Menggabungkan Aspek Klasik dan Baru
Membangun perubahan tidak harus benar-benar baru, terkadang mempertahankan elemen lama juga penting. Penggunaan aspek klasik atau elemen lama, bisa dimodifikasi bentuknya dengan lebih baik.
Elemen tersebut bisa dikombinasikan dengan elemen baru akan menciptakan desain logo baru. Namun masih memiliki aspek dari logo yang lama. Hal ini seperti tidak akan membingungkan pelanggan meski ada perubahan logo.
Konsultasi Desain dan Penelitian Pasar
Sebelum melakukan perubahan penting untuk mendiskusikan dengan tim desain dan tim perusahaan lainnya. Ini berguna untuk memperoleh ide terbaik yang bisa digunakan untuk pergantian logo.
Penting juga untuk melakukan penelitian pasar untuk mengetahui tren pasar terkait desain dan logo. Hal ini membantu dalam menciptakan yangbniaa diterima audiens dan memiliki relevansi dengan zaman.
Penerapan Perubahan Logo
Ketika sudah melakukan perencanaan dan menyusun strategi yang tepat untuk melakukan perubahan logo, penting untuk memastikan penerapannya berjalan lancar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan pergantian logo. Berikut beberapa hal krusial yang perlu diperhatikan:
Komunikasi yang Jelas
Ketika melakukan perubahan tidak hanya sekadar langsung merubahnya pada kemasan atau sosial media. Tetapi juga penting untuk melakukan komunikasi pada audiens tentang perubahan logo.
Jelaskan alasan dan tujuan adanya pergantian logo ini, sampaikan pula makna dari logo tersebut. Menjelaskan makna logo baru yang terkait dengan visi dan misi baru ini akan membantu audiens lebih memahami pergantian ini.
Lakukan Perubahan Bertahap
Untuk memastikan perubahan bisa diterima secara perlahan oleh audiens. Gunakan logo yang baru secara bertahap, misalnya dimulai dari kemasan, iklan kemudian sosial media. Jangan langsung serentak agar audiens tidak merasa kebingungan.
Melakukan perkenalan logo di sosial media juga bisa dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan secara keseluruhan. Ini akan membantu menjelaskan bahwa merek akan melakukan perubahan.
Lakukan Evaluasi Respons
Perubahan secara bertahap ini akan membantu melihat reaksi dari audiens terkait logo baru. Apakah mereka puas atau tidak, atau apakah mereka memiliki saran untuk merek terkait logo. Ini akan membantu merek melakukan perubahan yang menyesuaikan pendapat dari audiens. Penyesuaian akan menunjukkan merek peduli terhadap saran dari pelanggan setia.
KESIMPULAN
Perubahan logo biasanya dipengaruhi oleh banyak hal dan untuk berbagai alasan. Termasuk untuk menciptakan citra, tujuan dan visi baru dari merek. Namun dalam proses untuk melakukan perubahan ini perlu memperhatikan beberapa hal. Perubahan logo harus bisa mempertahankan nilai merek yang sudah ada sejak lama. Sehingga logo baru tetap bisa mengkomunikasikan nilai, citra dan tujuan merek dengan baik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id.