SIMBOL WARNA YANG WAJIB DESAINER TAHU!

SIMBOL WARNA YANG WAJIB DESAINER TAHU! Simbolisme warna menjadi kajian tersendiri bagi para desainer saat melakukan desain.

Memahami symbol warna harus hati-hati, sebab symbol warna bagi masing-masing konsumen atau client berbeda-beda, sobat jasalogo!

Namun, pada artikel kali ini, admin sajikan beberapa simbol warna dasar yang wajib desainer tahu!

MERAH

Merah: Warna ini dapat mengkomunikasikan ide yang berbeda tergantung konteksnya. Karena merah berasosiasi dengan api, sehingga merah dapat merepresentasikan kehangatan atau juga bahaya.

Itu karena merah juga adalah warna darah, warna ini juga dikonsiderasikan sebagai warna yang berenergi, warna yang hidup dan juga diasosiasikan dengan sesuatu yang berhubungan dengan hati, dan terkadang kekerasan.

Pada branding: Merah sering dikomunikasikan dengan kekuatan, kepercayaan diri, dan kekuatan dan warna yang sangat menonjol.

ORANYE

Oranye: Juga sebuah warna yang berapi-api, oranye mengkombinasikan kehangatan dari merah dengan keceriaan warna kuning untuk sebuah hue yang mengkomunikasikan aktifitas, energi, dan optimisme.

Warna ini juga diasosiasikan dengan musim panen atau musim gugur.

Pada branding: Oranye sering merepresentasikan kemudaan dan kreatifitas.

KUNING

Kuning: Sebagai warna dari matahari, kuning sering dikomunikasikan dengan kebahagiaan, keceriaan, keramahan, dan kesegaran dari musim semi.

Warna ini juga bisa menjadi peringatan sinyal atau perhatian terhadap bahaya pada beberapa konteks.

Pada branding: Kuning murni/cerah melakukan tugas menarik perhatian dengan baik, namun bisa jadi sangat mengganggu atau sulit untuk dilihat jika tidak digunakan dengan hati-hati.

HIJAU

Hijau: Ini adalah warna alam, tumbuhan hidup, dan pertumbuhan. Contohnya, hijau sering dikomunikasikan dengan kesehatan, kesegaran, atau kualitas “alami.”

Hijau tua dapat merepresentasikan kekayaan (atau hal-hal yang memiliki relasi dengan uang) dan kestabilan.

Pada branding: Merek atau produk yang ingin memberikan kesan “hijau” (rasa alami, sehat, berkelanjutan, ramah lingkungan, organik, dan lain-lain) sering digunakan sebagai warna yang diinspirasi alam seperti hijau dan cokelat.

BIRU

Biru: Warna dari laut dan langit, warna ini sering mengkomunikasikan kedamaian, kualitas yang bersih. Sebagai lawan kata dari berenergi, warna yang lebih dingin, biru dilihat sebagai warna yang menenangkan.

Pada beberapa konteks, biru dapat merepresentasikan kesedihan atau depresi.

Pada branding: Biru digunakan secara luas dan salah satu warna yang serba guna. Secara umun digunakan untuk mengkomunikasikan kepercayaan, keamanan, dan kestabilan.

Biru tua adalah pilihan yang populer dengan konteks perusahaan, karena warna ini memiliki rasa serius, konservatif, dan kualitas profesional.

UNGU

Ungu: Ungu secara tradisional diasosiasikan dengan kesetiaan, keagungan, atau kehormatan. Warna ini juga memiliki konotasi spiritual/mistis atau keagamaan.

Pada branding: Shade yang lebih gelap biasanya masih menyimbolkan kemewahan, sementara shade warna yang lebih terang dapat dikaitkan dengan feminim atau kekanak-kanakan.

HITAM

Hitam: Seperti merah, hitam memiliki banyak arti (terkadang berlawanan). Warna ini dapat merepresentasikan kekuatan, kemewahan, kecanggihan, dan ekslusif.

Di satu sisi, hitam dapat menyimbolkan kematian, iblis, atau misteri. Pada pakaian, hitam secara umun mengkomunikasikan formalitas (pesta “dasi hitam”) atau berduka/kesedihan (sebagai warna tradisional yang digunakan ke pemakaman).

Pada branding: Hitam juga secara luas digunakan sebagai kenetralan, meskipun warna ini masih dapat menyampaikan arti seperti penjelasan diatas tergantung konteks.

PUTIH

Putih: Sebagai warna cahaya dan salju, putih juga sering merepresentasikan kemurnian, tidak bersalah, kebaikan, atau kesempurnaan (dan secara tradisional dikenakan oleh pengantin wanita).

Namun, juga bisa dikaitkan sebagai telanjang bersih atau steril.

Pada branding: Putih sering dikomunikasikan dengan kesederhanaan atau kebersihan, kualitas modern. Desainer yang mencari esensi minimalis akan sering menggunakan banyak warna putih.

Kesimpulan

Demikian sobat jasalogo, informasi mengenai beberapa simbol warna dasar yang wajib desainer tahu!

Anda dapat melakukan pemesanan desain logo hanya bersama dengan kami di jasalogo.id, sobat! Dimana, akan kami hadirkan selalu pelayanan terbaik untuk Anda!