Pentingnya Pengalaman Pengguna dalam Platform Digital

Dalam era digital ini platform-platform digital terus banyak bermunculan yang dipengaruhi perkembangan teknologi dan internet. Untuk itu penting untuk menciptakan desain platform digital yang ramah pengguna. Salah satu dengan memaksimalkan pengalaman pengguna (user experience/UX) dalam platform digital.

Pengalaman pengguna memiliki peran penting dalam branding, karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan juga akan lebih nyaman jika mengakses platform dengan mudah dengan mengoptimalkan UX.

Tetapi apakah kamu sudah paham apa itu pengalaman pengguna atau user experience dalam dunia platform digital. Serta mengapa ini penting dalam membangun branding merek.

Read More

Apa Itu Pengalaman Pengguna?

Pengalaman pengguna dalam platform digital merupakan interaksi dan pengalaman pengguna yang dirasakan ketika menggunakan produk, layanan atau platform digital. Pengalaman pengguna dalam platform digital ini mencakup beberapa hal yang bisa memudahkan akses dan memberikan kenyamanan pada pengguna.

Meningkatkan pengalaman pengguna biasanya mencakup beberapa hal ini, mulai dari navigasi situs web dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi. Selain itu termasuk juga desain menarik, desain yang responsif pada berbagai perangkat, hingga kejelasan informasi dalam platform digital tersebut.

Mengapa Pengalaman Pengguna Penting dalam Branding?

Ada beberapa alasan mengapa pengalaman pengguna dalam membangun branding platform digital. Jika pelanggan puas dengan kemudahan akses aplikasi maka ini akan menciptakan citra merek yang positif. Berikut beberapa alasannya:

Membuat Kesan Pertama yang Kuat

Untuk membangun merek yang kuat kesan pertama terhadap platform digital saat pertama kali menggunakan sangatlah penting. Kesan pertama biasanya menjadi acuan untuk pelanggan melanjutkan penggunaan platform tersebut atau tidak. Jika pelanggan merasa tidak nyaman ketika menggunakan platform digital, maka biasanya langsung keluar dari platform atau menghapus aplikasinya.

Penting untuk memastikan jika kesan pertama pelanggan menyenangkan dan memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan. Kenyamanan dalam mengakses platform dan keberadaan konten yang menarik akan meningkatkan kepuasaan pelanggan.

Selain itu kesan pertama penggunaan juga dapat meningkatkan kepercayaan pengguna pada platform tersebut. Desain menarik, kecepatan kemudahan navigasi menjadi salah satu yang dapat memengaruhi kesan pertama pelanggan terhadap platform.

Menyampaikan Identitas dan Nilai Merek

Jika pelanggan bisa mendapatkan pengalaman pengguna yang baik maka ini juga membangun identitas merek. Biasanya platform digital mencerminkan identitas dan nilai merek dalam beberapa hal untuk dijadikan item branding. Ini dapat berupa memanfaatkan warna merek, logo dan tipografi dalam membuat desain yang menarik.

Sementara tampilan desain platform yang konsisten pada semua perangkat dan ukuran juga dapat menyampaikan identitas merek yang kuat. Hal-hal tersebut dapat merepresentasikan karakter merek yang ingin disampaikan pada pengguna. Adanya aspek yang mencerminkan nilai merek dapat dipahami oleh pelanggan nilai-nilai apa yang ingin disampaikan.

Meningkatkan Interaksi dan Kesetiaan Pengguna

Pengalaman pengguna yang menyenangkan dan nyaman untuk pelanggan saat mengakses platform akan menjaga kesetiaan mereka. Hal ini juga dapat membuat pelanggan merasa dihargai karena merek memperhatikan kenyamanan pengguna. Jika platform bisa menciptakan pengalaman pengguna yang baik ini akan membangun kesetiaan pada platform.

Pelanggan yang puas dengan kenyamanan penggunaan akan membuat mereka setia menggunakan platform tersebut. Sehingga meningkatkan interaksi pelanggan dengan platform. Pengguna yang setia cenderung ingin terlibat dengan memberikan saran yang lebih baik untuk jangka panjang.

Mengurangi Ketidakpuasan

Dalam membangun identitas merek yang kuat dapat dilakukan meningkatkan pengalaman pengguna. Ini karena pengguna yang puas akan setia dengan platform dan tidak meninggalkan situs atau aplikasi. Penting untuk menjaga performa platform digital agar pengguna tetap merasa puas.

Jika pengguna memiliki pengalaman yang buruk ketika menggunakan aplikasi, ini memengaruhi kepercayaan pengguna. Pengguna yang tidak puas akan meninggalkan situs atau aplikasi dan berganti ke platform yang lebih baik. Meningkatkan pengalaman pengguna dengan memperhatikan kebutuhan dan minat mereka akan menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

Bagaimana Menciptakan Pengalaman Pengguna yang Baik?

Ada beberapa cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada platform digital. Peningkatan ini bisa dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dan preferensi pengguna terhadap produk digital. Berikut ini beberapa caranya:

Memahami Kebutuhan Pengguna

Penting untuk bisnis melakukan penelitian untuk mengetahui kebutuhan pengguna yang ditargetkan. Ini akan membantu menciptakan desain dan antarmuka pengguna yang sesuai kebutuhan target pasar. Riset ini akan membantu memahami pengguna dengan lebih baik lagi.

Ketika merek bisa memahami kebutuhan pengguna, harapan pengguna tentang platform dan layanan dalam industri tersebut. Merek bisa menciptakan desain platform sesuai kebutuhan termasuk juga dengan memahami solusi dari masalah pengguna.

Desain yang Ramah Pengguna

Tentu saja, hal utama dalam membangun branding dengan pengalaman pengguna adalah menciptakan desain yang ramah pengguna. Desain yang menarik, mudah diakses, responsif terhadap ukuran perangkat, hal seperti ini dapat meningkatkan kepuasan pengguna pada platform.

Desain platform digital yang ramah dengan pengguna juga memungkinkan kemudahan dalam navigasi. Ini akan membantu menciptakan pengalaman pengguna yang lancar sehingga menjaga kesetiaan mereka.

Konten yang Relevan dan Menarik

Penting untuk memastikan bahwa konten dalam platform digital tersebut menarik dan memikat pengguna untuk menggunakan platform tersebut. Konten platform yang memiliki informasi berguna, desain menarik, sehingga relevan dengan tren saat ini akan meningkatkan minat pengguna.

Hal ini termasuk juga adanya fitur-fitur menarik yang mendukung konten dalam platform tersebut, ini akan semakin meningkatkan minat pengguna pada platform.

Responsif terhadap Umpan Balik Pengguna

Jika pengguna memberikan umpan balik untuk meningkatkan pengalaman pengguna, respons dengan baik dengan melakukan perbaikan segera. Biasanya pengguna akan memberikan kendala terkait penggunaan atau fitur yang mereka butuh pada platform tersebut. Dengan melakukan perbaikan setelah mendapat respon akan menunjukkan bahwa merek memiliki kepedulian terhadap pengalaman pengguna.

KESIMPULAN

Dalam dunia digital, pengalaman pengguna pada platform digital merupakan kunci untuk menjaga kesetiaan pengguna dan membangun reputasi merek yang positif. Pengalaman pengguna juga digunakan untuk membangun branding merek yang kuat, melalui kesan pertama penggunaan dan lain-lain. Jika merek memiliki reputasi positif dari review pengguna ini akan meningkatkan kepercayaan dan membangun hubungan yang kuat dengan pengguna.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts