Pentingnya Desain Konten Ramah Seluler Untuk Sosial Media

Dalam era digital yang berkembang pesat ini, hal ini juga dibarengi pertumbuhan penggunaan perangkat seluler. Orang-orang modern tak bisa lepas dari ponsel, hal ini juga dipengaruhi perangkat seluler mudah untuk mengakses apapun. Untuk bisa menarik perhatian orang era ini penting untuk membuat desain ramah seluler.

Desain yang dibuat untuk berbagai keperluan pada era modern biasanya harus bisa digunakan untuk berbagai perangkat. Mulai dari untuk logo, konten sosial media hingga untuk kebutuhan lainnya. Penyesuain desain untuk perangkat seluler perlu memperhatikan beberapa aspek.

Penggunaan ponsel saat ini bahkan telah melampaui desktop, ini karena ponsel lebih praktis dalam banyak hal. Untuk berbagai kepentingan masyarakat saat ini kerap menggunakan platform seperti Facebook, instagram, twitter, tiktok dan lain-lain.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Penting untuk desain bisa beradaptasi dengan preferensi manusia era modern. Dengan begini pesan desain tersampaikan dengan baik. Desain ramah seluler bukan hanya soal ukuran tetapi juga bisa memudahkan berinteraksi dengan audiens.

Untuk mengetahui lebih jelas mengapa pengaruh desain ramah seluler dan responsif sangat penting pada penggunaan sosial media era modern ini.

PENTINGNYA DESAIN RAMAH SELULER UNTUK SOSIAL MEDIA

Perkembangan Penggunaan Perangkat Seluler

Masyarakat era modern sangat bergantung pada teknologi termasuk pada perangkat seluler. Ini juga dipengaruhi meningkatnya penggunaan sosial media melalui ponsel. Masyarakat saat ini tak bisa lepas dari sosial media, sebagai tempat untuk berbagi banyak hal mulai dari kabar, keseharian, hingga promosi bisnis.

Apalagi teknologi pada ponsel terus dikembangkan agar dapat memberikan pengalaman lebih baik lagi untuk pengguna. Berkat ponsel pengguna dapat mengakses konten sosial media dari mana saja dan kapan saja. Untuk itu penting bagi desainer menciptakan desain yang ramah pengguna.

Hal itu termasuk membuat desain menarik dalam hitungan detik, karena orang-orang cenderung menggunakan sosial media dengan cepat. Desain konten yang tidak menarik akan dilewati begitu saja. Desain ramah seluler berarti harus disesuaikan dengan perangkat seluler yang layarnya kecil.

Kemudahan Akses dan Navigasi

Desain ramah seluler bukan hanya harus menarik dan bisa beradaptasi pada berbagai ukuran. Penting untuk bisa membuat desain yang tata letaknya diatur secara responsif, termasuk juga memberikan kemudahan navigasi untuk diakses. Desain bukan hanya untuk konten tapi juga pada desain aplikasi.

Dalam desain platform online penting untuk memperhatikan hal-hal detail, termasuk membuat tombol yang mudah untuk ditekan, nemu yang terstruktur, dan tata letak yang memudahkan untuk digunakan. Memperhatikan hal-hal tersebut adalah kunci dalam membuat desain platform yang menyenangkan, mudah digunakan dan efisien.

Desain konten yang ramah seluler tidak hanya mencakup tata letak yang responsif, tetapi juga navigasi yang mudah diakses. Tombol yang mudah di-tap, menu yang terstruktur dengan baik, dan tata letak yang intuitif adalah kunci untuk memastikan pengalaman pengguna yang menyenangkan dan efisien.

Waktu Muat yang Cepat

Penggunaan sosial media menekankan pada kecepatan, termasuk dalam unggahan konten. Buatlah konten sederhana dengan kualitas yang bagus, namun mudah dimuat pada berbagai jaringan. Terkadang konten di kualitas gambar yang tinggi butuh waktu lebih lama untuk dimuat.

Pentingnya untuk membuat desain yang optimal sesuai dengan berbagai jaringan. Terkadang pengguna perangkat seluler tidak sabaran karena dipengaruhi teknologi yang cepat. Jika konten butuh lebih lama untuk dimuat karena kualitas terlalu tinggi, pengguna bisa tidak sabar dan melewatkan begitu saja.

Desainer juga harus mempertimbangkan hal ini agar dapat membuat desain yang efisien namun kualitasnya tetap bagus.

Kesesuaian Dengan Berbagai Ukuran Layar

Desain konten untuk perangkat seluler juga harus bisa beradaptasi pada berbagai layar. Ini dapat dipertimbangkan mulai dari sosial media apa saja yang akan digunakan untuk konten. Biasanya setiap sosial media memiliki ukuran berbeda untuk kontennya, misalkan untuk story instagram bentuknya vertikal sedangkan untuk konten feeds adalah persegi.

Selain ukuran di sosial media, ukuran setiap perangkat seluler juga berbeda. Desainer harus memahami secara umum konten yang pas pada semua ukuran layar ponsel. Desain konten harus bisa fleksibel dalam banyak hal seperti ukuran teks, font, kualitas gambar dan elemen lainnya.

Perlu untuk memastikan desain dapat tampil dengan kualitas yang baik di berbagai sosial media dan ponsel.

Interaksi yang Responsif

Selain menarik, desain konten juga harus bisa merespon dengan baik pada gestur di perangkat seluler. Perangkat seluler saat ini berfokus pada sentuhan layar pada penggunaannya, desainer harus mempertimbangkan hal ini saat membuat desain.

Pengguna sosial media mengharapkan desain yang bisa merespon dengan baik, sehingga memberikan kelancaran dalam interaksi. Hal-hal sederhana dalam menggesek, menyentuh atau menggeser pada perangkat seluler perlu dijadikan pertimbangan bagi desainer saat mendesain.

SEO dan Prioritas Mobile-First

Saat ini teknologi telah berkembang pesat demi menyediakan berbagai kemudahan untuk di sosial media. Adanya algoritma mesin pencari seperti google berperan penting dalam menyediakan kemudahan untuk pelanggan.

Desain yang responsif pada setiap hal di perangkat seluler akan memudahkan pengguna. Selain itu, meskipun sosial media bisa diakses pada berbagai, biasanya disesuaikan dengan perangkat seluler terlebih dahulu. Ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna karena orang lebih sering menggunakan ponsel daripada komputer.

Konten biasanya akan dibuat untuk nyaman dilihat pada hasil pencarian, disesuaikan dengan ketentuan SEO agar mudah dijangkau pengguna.

Pentingnya Analisa dan Pengujian

Saat ini kebanyakan sosial media sudah memiliki fitur yang memperlihatkan engagement atau pengunjung yang diperoleh dari setiap konten. Ini memudahkan untuk melihat tingkat keberhasilan desain menggaet perhatian pengguna.

Ini juga membantu untuk melihat bagaimana respon dan interaksi pengguna dari konten tersebut. Adanya umpan balik dan interaksi pengguna akan membantu desainer bisa melakukan perbaikan sesuai dengan preferensi pengguna.

KESIMPULAN

Perlu diperhatikan dalam membuat desain konten yang ramah seluler harus mempertimbangkan banyak hal penting. Menciptakan desain ramah seluler bukan pilihan tetapi sudah menjadi keharusan. Ini karena untuk bisa menarik perhatian pengguna, desain harus menarik dan mudah beradaptasi pada berbagai ukuran ponsel dan platform online. Dengan menggunakan desain ramah seluler konten akan relevan pada banyak hal, mudah diakses oleh pengguna serta memberikan citra positif merek atau individu. Desain ramah seluler merupakan juga fondasi penting dalam era digital.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts