Panduan Lengkap tentang Desain Responsif di Era Digital

Desain dalam era digital ini terus dikembangkan dan banyak digunakan untuk kebutuhan digital seperti di sosial media, situs web hingga desain aplikasi. Penting untuk memperhatikan agar desain era digital responsif terhadap berbagai media dan perangkat agar menampilkan kualitas yang sama.

Desain yang responsif akan membantu desain mudah dipahami dan dibaca sehingga bisa menyampaikan pesan desain dengan baik. Ada banyak yang perlu diperhatikan saat membuat desain digital yang responsif mulai dari kebutuhan desain, pemilihan warna, konsep hingga ukuran platform. Setiap platform dalam era digital memiliki ukuran yang berbeda begitupun dengan perangkatnya.

Dalam membuat desain era digital penting untuk menjadikan desain responsif sebagai kunci utama saat membuat desain. Desain yang responsif akan mempengaruhi pengalaman dan kepuasan pengguna. Untuk menciptakan desain responsif terkadang juga perlu memperhatikan target audiens.

Read More

Perlu diingat bahwa desain responsif berarti desain yang bisa digunakan pada berbagai platform dan nyaman digunakan dan dilihat pada berbagai perangkat pula. Perhatikan beberapa hal penting untuk menciptakan desain yang responsif pada era digital ini.

Artikel ini akan menjelaskan tentang pentingnya desain responsif pada era digital, tantangan untuk menciptakan desain responsif serta bagaimana meningkatkan pengalaman pengguna.

PENTINGNYA DESAIN RESPONSIF

Berikut beberapa pentingnya desain responsif pada era digital:

Mudah Diakses dari Berbagai Perangkat

Pada era digital ini teknologi terus dikembangkan yang membuat konsumen mengakses desain dari berbagai jenis perangkat dan ukuran. Menciptakan desain responsif pada era digital ini sangat penting. Ini berguna untuk memudahkan desain diakses pengguna yang menggunakan berbagai perangkat.

Penting membuat desain yang bisa diakses dengan berbagai perangkat smartphone, laptop dan tablet. Meskipun ukuran berbeda-beda desain harus memperhatikan kejelasan dan keterbacaan desain jika diakses dari perangkat yang berbeda tersebut.

Mudah Dibaca dan Dipahami

Desain responsif harus bisa mengatur tata letak dan elemen desain agra bisa beradaptasi dengan mudah pada berbagai ukuran layar. Sehingga desain akan mudah dibaca dan dilihat.

Jika desain responsif bisa beradaptasi dengan baik ini akan memudahkan konten terlihat dengan jelas dan mudah dibaca. Desain yang responsif pada semua perangkat akan mudah untuk dipahami pesannya.

Pesan Tersampaikan Dengan Baik

Jika desain era digital dapat beradaptasi dengan baik akan mudah dibaca, sehingga pesan dan informasi tersampaikan secara efektif pada audiens. Karena platform memiliki ukuran yang berbeda untuk postingan, desain yang responsif akan mudah menyesuaikan dan tetap terlihat jelas ketika dibaca.

Desain responsif pasti akan memiliki kualitas yang sama meskipun ditampilkan pada berbagai perangkat dan platform yang berbeda. Sehingga tetap mudah dibaca dan dipahami pesan desainnya.

TANTANGAN DALAM DESAIN RESPONSIF

Desain responsif cukup penting pada era digital ini, meskipun begitu desainer kerap menghadapi banyak tantangan untuk membuat desain responsif:

Banyaknya Model Perangkat

Dalam era digital berbagai model dan ukuran perangkat terus dikembangkan yang mana akan mempengaruhi akses desain. Ketika desainer membuat suatu desain perlu memperhatikan ukuran-ukuran dari perangkat yang kemungkinan akan mengakses desain tersebut.

Desainer perlu memperkirakan apakah desain akan terlihat jelas dan terbaca pada berbagai ukuran layar. Termasuk beragam layar mobile hingga layar besar seperti PC dan Laptop, agar desain tetap terlihat menarik dan efektif.

Kecepatan Muat Desain

Meskipun teknologi dan internet sekarang semakin canggih, adakalanya dalam kondisi tertentu desain akan sulit dimuat. Biasanya ukuran desain terlalu besar akan membuat desain sulit dimuat. Memperhatikan kualitas desain memang penting, tetapi juga perlu memperhatikan kecepatan muat agar pelanggan merasa puas.

Jika ingin menjangkau semua kalangan pastikan desain dapat dimuat dengan cepat, termasuk pada kecepatan internet yang lambat.

Konsistensi Visual

Tantangan lain yang kerap dihadapi desainer saat menciptakan desain responsif adalah konsistensi pada visua. Ini dipengaruhi oleh tampilan warna dan kualitas layar setiap perangkat berbeda.

Terkadang warna desain pada perangkat satu dan lainnya bisa berbeda dan ini dapat mempengaruhi kualitas tampilan visual. Konsistensi visual sangat penting untuk membangun identitas visual merek.

STRATEGI MENGATASI TANTANGAN DESAIN RESPONSIF

Ciptakan Desain Dengan Pemikiran Mobile-First

Untuk menghadapi perbedaan ukuran perangkat, ciptakan desain dengan mengutamakan ukuran perangkat mobile. Ini mengingat orang modern selalu menggunakan ponsel, dan lebih sering menggunakan smartphone daripada perangkat lainnya.

Ciptakan desain dengan mengutamakan kebutuhan perangkat mobile, kemudian nantinya jika membutuhkan diperluas ke perangkat lainnya. Ini akan membantu desain mempertahankan fungsional dan tampilan visual pada layar kecil.

Uji Coba Melalui Berbagai Perangkat

Untuk memastikan desain responsif pada berbagai ukuran perangkat dan platform, lakukan uji coba untuk memastikan desain konsisten dan terlihat jelas. Melakukan uji responsif akan berguna untuk melakukan perbaikan jika desain kurang efektif.

Prioritaskan Elemen yang Penting

Agar desain responsif dan tidak terlalu padat prioritaskan konten yang penting saja. Apalagi jika desain diakses untuk ukuran layar yang kecil, pastikan desain terlihat jelas dengan memilih elemen yang penting saja.

Penggunaan terlalu banyak elemen pada desain akan membuat desain penuh dan sulit untuk dipahami pada ukuran layar yang kecil.

MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA

Desain responsif bukan hanya dilakukan dengan menyesuaikan ukuran layar dan platform tetapi memperhatikan kepuasan pengalaman pengguna yang nyaman dan memikat, berikut ini beberapa strateginya:

Navigasi yang Mudah

Pada desain aplikasi digital penting untuk menggunakan desain navigasi yang mudah. Pastikan navigasi mudah dipahami dan diakses oleh pengguna dari berbagai perangkat dan ukuran layar.

Optimalkan Kecepatan Muat

Penting juga memastikan desain grafis mudah dan cepat dimuat pada berbagai koneksi. Desain yang responsif harus mudah diakses oleh pengguna, keterlambatan akan mempengaruhi kepuasan pengguna.

Konten Visual yang Menarik

Desain responsif pada era digital harus memiliki tampilan visual yang menarik, agar bisa menarik perhatian audiens. Desain yang tidak menarik akan mudah dilewatkan oleh audiens. Penting juga untuk menggunakan identitas merek dan pesan merek pada desain visual yang responsif.

KESIMPULAN

Desain responsif dalam era digital bukan hanya soal kebutuhan untuk menarik perhatian tetapi juga bagian strategi pemasaran. Desain yang menarik akan memberikan audiens yang menyenangkan dan bisa menyampaikan pesan dengan baik. Dengan memahami hal penting dan strategi yang tepat, dapat menciptakan desain yang menarik dan membangun kesadaran merek.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts