Panduan Cerdas Memilih Jenis Branding Sesuai Jenis Bisnis

Ketika membangun branding untuk sebuah merek atau brand penting untuk memilih jenis branding yang relevan dengan jenis bisnis. Branding untuk jenis bisnis dan layanan berbeda akan membutuhkan style dan fokus yang berbeda. Penting untuk memilih jenis branding yang tepat sesuai jenis bisnis agar efektif membangun identitas yang kuat. 

Jenis-jenis branding akan bervariasi bergantung jenis bisnis, karakter brand, bidang bisnis dan lainnya. Memilih jenis branding yang tepat akan membantu brand memiliki identitas yang jelas dan kuat. Setiap jenis branding dapat merepresentasikan keunggulan setiap brand dengan baik.

PERAN JENIS BRANDING SESUAI JENIS BISNIS

Secara umum branding suatu perusahaan, bisnis atau produk akan menonjolkan kelebihan merek dan keunikan brand dibandingkan yang lain. Branding akan membantu membangun identitas yang kuat jika setiap brand memilih fokus pada satu jenis branding. Memilih jenis branding yang sesuai jenis bisnis dapat berperan dalam:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Membantu Menciptakan Identitas yang Kuat dan Konsisten

Salah satu peran utama dalam memilih jenis branding yang sesuai bisnis, karena berguna membantu menciptakan identitas yang kuat dan konsisten. Branding akan membangun identitas berdasarkan karakter yang ingin dibangun dan menggunakannya dengan konsisten dalam setiap jenis desain. Merek yang memiliki branding relevan dan konsisten akan membantu untuk brand mudah dikenali dan diingat. 

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Suatu merek melakukan branding yang terfokus akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen. Nilai brand yang diunggulkan akan menciptakan kesan profesional sehingga dapat dipercaya oleh konsumen. Kepercayaan konsumen akan terbentuk karena jika brand bisa menunjukkan tujuan brand yang jelas, ini penting untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. 

Membuat Brand Unik dan Beda dari Kompetitor

Memilih jenis branding yang sesuai bisnis akan membantu brand menonjol di tengah pasar yang kompetitif karena brand menonjolkan hal yang berbeda. Branding akan difokuskan menonjolkan produk atau layanan yang berbeda dalam bidang yang sama. Dengan branding yang terfokus sesuai jenis bisnis atau produknya maka merek akan menonjolkan hal menarik untuk ditawarkan pada konsumen. 

Mudah Menjangkau Target Audiens

Branding juga berperan dalam menjangkau target audiens dengan cepat dan terfokus dengan mengamati kebiasaan atau minat mereka. Jenis branding ada yang berfokus menunjang kebutuhan konsumen sesuai dengan layanan bisnisnya. Brand akan lebih efektif menjangkau audiens dengan tepat karena desain visual atau pesan branding sesuai dengan preferensi mereka. 

Baca juga: Palet Warna Desain Branding Sesuai Brand dan Makna Psikologi 

Memaksimalkan Nilai atau Persepsi Produk atau Layanan

Jika branding sesuai dengan jenis bisnis ini biasanya terkadang juga berhasil menonjolkan nilai dan persepsi produk. Branding akan terfokus pada elemen visual yang merepresentasikan nilai atau karakter brand sehingga dapat membangun persepsi yang terfokus dan jelas. Hal tersebut juga akan efektif membangun persepsi positif atau menarik pada produk dan layanan sehingga konsumen bersedia membayar lebih atau menjadi pelanggan setia.

Memperkuat Strategi Pemasaran

Branding yang konsisten akan membantu memperkuat strategi pemasaran dengan visual yang khas dan menarik. Kesesuaian branding dengan jenis bisnis akan memperkuat kehadiran brand karena menggunakan jenis yang relevan. Desain branding akan terfokus pada pesan utama karena jenis branding menyesuaikan dengan jenis bisnis. 

JENIS-JENIS BRANDING SESUAI JENIS BISNIS

Branding sebagai proses menciptakan identitas merek yang kuat untuk bisnis, perlu memilih jenis branding yang relevan. Setiap jenis bisnis dengan produk atau layanan berbeda akan membutuhkan hal berbeda untuk ditonjolkan agar membantu tampil beda dari yang lain. Branding ini menyangkut banyak hal seperti:

  • Desain Logo
  • Kemasan
  • Kartu Nama
  • Website atau Aplikasi
  • Dan Lainnnya

Selain itu berisi hal-hal tersebut, branding juga berfokus pada penggunaan gaya visual yang berbeda pada setiap bisnis. Tak hanya gaya desain logo yang berbeda tetapi pemilihan elemen seperti warna, tipografi dan gambar pada jenis branding berbeda akan berbeda. Berikut beberapa jenis branding yang sesuai dengan jenis bisnis yang relevan:

Produk Branding

Jenis branding dapat divariasikan berdasarkan produk dari brand tersebut untuk ditonjolkan sebagai ikon utama. Meski merek memiliki banyak produk, jenis branding akan menonjolkan produk utama. Produk utama akan menjadi sorotan dan sering ditunjukkan sebagai wajah dari brand. 

Menyoroti produk spesial dapat difokuskan pada keunikan produk, kelebihan produk dan bedanya dari merek lain. Branding ini juga harus menunjukkan melalui desain logo, desain iklan atau banner promosi dengan gambar produk yang menonjol. Tunjukkan juga bagaimana produk akan membantu konsumen, bisanya jenis branding ini digunakan untuk perusahaan yang memiliki item utama seperti coca-cola. 

Baca juga: 9 Ide Menarik Desain Iklan yang Memikat Audiens

Personal Branding

Ada juga jenis branding personal, biasanya ini digunakan untuk membangun identitas perorangan sebagai influencer, designer, publik figur dan entertainer. Orang-orang yang bekerja sendiri biasanya akan membangun branding yang mencerminkan nilai dan karakternya. Personal branding juga dapat memiliki seperti desain logo pribadi, palet warna hingga tipografi yang mencerminkan personal. 

Tokoh publik dunia, politikus dan influencer kerap membangun branding personal agar membangun citra profesional dan terpercaya. Tokoh seperti itu biasanya akan menciptakan produk mereka sendiri atau merchandise, terkadang juga digunakan sebagai personal branding yang kuat. Personal branding seseorang sering memiliki desain logo dengan inisial nama sendiri.

Retail Branding

Untuk jenis bisnis retail, branding yang sesuai merepresentasikan jenis bisnis akan membangun identitas yang kuat. Branding untuk toko retail biasanya berfokus untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan unik. Meski ada banyak toko retail diluar sana penting untuk menunjukkan perbedaan toko tersebut dengan yang lainnya. 

Contohnya toko IKEA yang memiliki berbagai peralatan rumah yang lengkap tetapi diluar sana juga banyak tetapi mengapa IKEA bisa begitu sukses. Konsep desain visual menjadi kunci utamanya, tak hanya warna kuning dan biru yang menjadi ciri khas, tetapi penataan interior dalam toko memiliki peran besar. Adanya barang-barang ditata sedemikian rupa dapat menciptakan pengalaman berbelanja menyenangkan karena diberi contoh penataan interior yang menarik. 

Baca juga: Kombinasi Warna Desain Logo Perusahaan Formal

Corporate Branding

Logo Perusahaan Pengadaan Barang

Berbeda lagi untuk jenis branding perusahaan besar yang menonjolkan seluruh identitas perusahaan tak hanya berfokus pada layanan atau produk. Desain logo perusahaan akan memiliki bentuk sederhana yang mewakili nilai, karakter hingga bidang bisnis, bukan hanya salah satunya. Nilai budaya, pesan dan reputasi perusahaan tercantum dalam semua jenis desain branding termasuk logo, website dan produknya.

Perusahaan besar seperti Apple, Google dan Nike menggunakan jenis branding corporate yang sederhana tetapi unik. Gaya branding ini relevan untuk perusahaan tersebut karena bertujuan menunjukkan kehadiran yang kuat. Kesederhanaan dan desain yang bersih menjadi kunci utama dalam jenis branding ini.

Service Branding

Karakteristik Logo Perusahaan Digital yang Canggih dan Modern

Tak hanya produk, ada juga jenis branding yang menonjolkan keunggulan layanan terutama untuk bisnis yang berfokus pada layanan. Branding akan memiliki desain visual yang menonjolkan kemudahan layanan yang diberikan bisnis seperti layanan online dan cepat. Seringkali desain logo untuk bisnis ini memiliki style yang menciptakan kesan canggih, bersih dan berkesan cepat seperti logo Fedex.

Sektor jasa seperti perbankan, transportasi dan hotel biasanya memiliki desain branding yang menunjukkan kemudahan pelayanan yang ramah dan cepat. Branding untuk bisnis layanan saat ini banyak melakukan banding dalam pelayanan online yang cepat dan aman. Contohnya seperti branding perusahaan seperti Gojek, Brimo dan Duolingo yang membangun branding pelayanan yang terpercaya. 

KESIMPULAN

Dengan memahami manfaat memilih jenis branding yang relevan sesuai jenis bisnis akan membantu memilih yang tepat sesuai bisnismu. Desain branding akan memiliki tampilan berbeda untuk setiap jenis bisnis dan jenis tujuan branding yang berbeda. Perbedaan jenis branding terlihat dari segi visual, karakter merek, jenis produk atau layanan, dan bidang bisnisnya. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.