Mungkin Bakal Jadi Entrepreneur, Ini Faktornya!

Mungkin Bakal Jadi Entrepreneur, Ini Faktornya! – Sobat jasalogo.id, menjadi seorang entrepreneur baik dalam dunia usaha maupun di dalam bidang lembaga-lembaga publik lainnya bisa jadi karena suatu sumber kemungkinan.

Ada faktor-faktor yang menjadi sumber kemungkinan menjadi entrepreneur. Sumber kemungkinan tersebut adalah sebagai berikut:

THE UNEXPECTED (HAL TAK TERDUGA)

Baik, sobat jasalogo.id, kita mulai dengan yang pertama. Tokoh, yakni Drucker, ia mengambil contoh mengenai hal yang tak terduga tersebut dari perkembangan televisi di Jepang, sobat jasalogo.id.

Dimana awalnya Toshiba berpendapat bahwa masyarakat Jepang belum memerlukan adanya televisi karena belum merupakan kebutuhan primer dan mahal.

Berbeda dengan Toshiba, maka Panasonic berpendapat lain, melalui penjualan door to door dan strategi promosi lainnya maka bisnis televisi yang dipelopori Panasonic berkembangsangat pesat sebagai jawaban terhadap hal yang tak terduga lebih dahulu.

KETIDAKSESUAIAN DALAM KENYATAAN

Sebagai contoh hobi bersepeda  dianggap kurang tepat dengan kemajuan teknologi transportasi yang serba cepat, namun ternyata gerakan penyelamatan manusia dari polusi dan pemanasan global.

Maka, terdapat kecenderungan menggunakan alat transportasi yang tidak polutan dan bahkan bermanfaat bagi kesehatan.

Di beberapa negara Eropa bahkan telah disediakan jalur-jalur khusus untuk bersepeda dan pada saat-saat tertentu dilarang menggunakaann kenderaan bermotor atau yang dikenal dengan istilah car free day.

Tren ini di Indonesia mulai diterapkan di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dengan menerapkan hari dan pada waktu-waktu tertentu melarang kenderaan bermotor untuk melintas  di  jalan  protokol.

Fenomena ini dapat menciptakan entrepreneur dengan membuat sepeda-sepeda yang lebih efisien dan terjangkau harganya.

INVENSI BERDASARKAN KEBUTUHAN

Sebagai contoh, misalnya kemajuan fotografi serta alat-alat fotografi yang dahulunya dianggap sebagai sebuah luxury (kemewahan).

Namun, sesuai dengan perkembangan teknologi dan kemakmuran hidup manusia dengan melakukan tourism and travelling maupun untuk kebutuhan lainnya maka kebutuhan akan fotografi semakin meningkat.

Sehingga, muncul entrepreneur-entrepreneur yang bergerak dalam bidang usaha ini dengan berbagai produk fotografi seperti Canon, Nikon, Fuji, Kodak, Sony dan lain-lain.

PERUBAHAN DI DALAM STRUKTUR INDUSTRI

Perubahan di dalam struktur industri yang berkembang akan melahirkan entrepreneur-entrepreneur baru, misalnya dahulu ketika kopi yang dikenal adalah kopi Arabika, kopi Robusta, kopi Toraja, kopi Lampung, kopi Sidikalang, kopi Gayo.

Maka, dewasa ini dikenal dengan kopi Luwak yang merupakan kopi yang berasal dari pengolahan makanan yang dilakukan binatang Luwak, sehingga pada saat ini entrepreneur menangkap peluang usaha dengan memelihara binatang Luwak untuk mendapatkan biji kopi yang lezat cita rasanya.

PERUBAHAN DI DALAM DEMOKRASI

Jika masyarakat sebelumnya melihat pendidikan tinggi (universitas) sebagai simbol sosial di dalam masyarakat, maka saat ini masyarakat sudah melihat perguruan tinggi sebagai pembinaan entrepreneur karenamengembangkan riset terkait dengan entrepreneurship.

PERUBAHAN PERSEPSI DAN ARTI

Sebagai contoh misalnya mengenai persepsi mengenai air minum merek Aqua, ketika pada awal Aqua diluncurkan persepsi masyarakat skeptis karena menjual air yang tidak ada harganya.

Namun, demikian persepsi masyarakat kemudian berubah betapa air putih sangat tepat untuk pemeliharaan kesehatan.

Entrepreneur yang menjajakan Aqua sebagai minuman yang bergengsi kemudian menjadi invensi dengan melahirkan banyak inventor-inven-tor lainnya dalam penyediaan air putih yang sekarang berdiferensiasi dengan menamakan air mineral.

ILMU PENGETAHUAN BARU

Ilmu pengetahuan baru yang lahir dewasa ini ada yang sifatnya scientific dan non scientific. Sebagai contoh misalnya dalam bidang kesehatan, dewasa ini para ahli dalam bidang kesehatan berlomba-lomba mencari dan memproduksi berbagai jenis obat baru berdasarkan penelitian-penelitian.

Penelitian tersebut berkesinambungan apabila jika penyakit yang dianggap baru belum ditemukan obatnya

KESIMPULAN

Itulah ulasan tentang “Mungkin Bakal Jadi Entrepreneur, Ini Faktornya!”

Untuk lebih dekat dengan jasalogo.id, Anda bisa klik disini atau disini.