Mengenal Operational Competence suatu Perusahaan

0
(0)

Mengenal Operational Competence suatu Perusahaan – Langkah awal yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meraih kesuksesan dalam industrinya adalah dengan memiliki operational competence, sobat jasalogo.id. Kira-kira nih, apa yang disebut dengan operational competence itu?

Operational Competence

Sobat jasalogo.id, operational competence adalah sebuah kondisi di mana perusahaan memiliki keahlian dalam operasional produksi barang atau pun jasa.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam menciptakan sebuah produk, akan terdapat banyak aktivitas operasional seperti pengadaan bahan mentah, pengolahan bahan, atau perakitan komponen elektronik dalam manufaktur.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Keahlian perusahaan dalam hal operasional tersebut tentu sangat luas cakupannya yaitu melekat pada banyak subpekerjaan.

Jika kita perhatikan lebih detil, ternyata tidak semua perusahaan yang menciptakan produk atau jasa tertentu memiliki keahlian yang tinggi dalam menjalankan tahapan operasionalnya.

Banyak sekali perusahaan tidak mampu menciptakan sebuah superior value bagi konsumennya karena tidak memiliki keahlian yang tinggi dalam memproduksi barang atau jasa. Perlu diingat di sini bahwa keahlian individual saja tidaklah cukup.

Keahlian yang lebih dibutuhkan perusahaan adalah terletak dalam sistem. Sistem inilah yang akan menjamin bahwa aktivitas operasional dalam produksi berjalan efisien.

Faktanya, kebanyakan perusahaan memprodukasi barang atau jasa dengan metode atau aktivitas operasional yang justru mengurangi benefit.

Seperti, menggunakan bahan mentah berkualitas rendah, pembagian kerja yang tidak jelas, atau menggunakan mesin yang sering rusak. Banyak perusahaan tidak memahami bahwa efisiensi dapat menjadi kunci keberhasilan perusahaan.

Perusahaan yang memiliki operational competence akan menjadi perusahaan yang hebat dalam aktivitas operasionalnya. Dengan istilah yang lebih sederhana, perusahaan yang memiliki operational competence akan hebat dalam input, proses, dan output.

Lebih jauh lagi, perusahaan yang hebat dalam kegiatan operasionalnya berarti akan efisien dalam menggunakan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi barang atau jasa.

Hasil dari efisiensi yang tinggi tersebut akan menghasilkan:

  • Harga jual produk yang lebih rendah dari kompetitor,
  • Jasa yang bebas dari keluhan dan masalah,
  • Kombinasi dari keduanya.

Konsep yang biasanya digunakan untuk menggambarkan kondisi tercapainya efisiensi dalam produksi yang didorong oleh keahlian operasional perusahaan adalah tercapainya skala keekonomian (economic of scale).

Skala keekonomian secara sederhana dimaknai sebagai kondisi ketika perusahaan telah sangat efisien dalam penggunaan sumber daya ketika memproduksi barang sehingga biaya produksi per unitnya menjadi rendah.

Operational Competence dan Harga

Jika perusahaan telah mencapai skala keekonomian, maka harga produk bisa ditekan karena biaya produksinya rendah.

Namun, pengertian dari biaya produksi yang rendah tidak selalu sama dengan harga yang murah. Dengan kata lain walaupun sebuah perusahaan sudah mencapai skala keekonomiannya, belum bisa dipastikan bahwa harga produknya pasti murah.

Yang bisa dipastikan adalah biaya produksinya akan rendah. Pernyataan pasti murah tidak bisa digeneralisir untuk semua produk karena memang fakta menunjukkan bahwa konsumen ternyata menggunakan persepsinya ketika menilai sebuah produk itu murah atau mahal.

Oleh karena itu upaya yang dilakukan perusahaan untuk mencapai skala keekonomian dari operational competence bukan sekedar untuk memastikan harga produknya murah, namun lebih bertujuan memastikan biaya produksinya serendah mungkin.

Jika sebuah perusahaan mampu menekan biaya produksi menjadi yang terendah dibandingkan biaya produksi dari kompetitor dengan kualitas yang relatif sama, barulah produk dari perusahaan menjadi yang termurah di antara produk sejenis.

Kesimpulan

Demikian ulasan jasalogo.id kali ini tentang bagaimana mengenal operational competence suatu perusahaan serta bagaimana hubungan operational competence dengan harga produk/ jasa.

Bagi Anda yang tengah memerlukan jasa desain logo dengan hasil professional dan bonus mockup keren 3 dimensi Anda dapat klik disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.