Mengenal Bisnis Digital dan Contohnya, Anda Harus Tahu

Mengenal Bisnis Digital, salah satu jenis usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menciptakan produk maupun dalam pemasaran produk itu sendiri.

Bisnis Digital semakin lama kian berkembang pesat dan banyak diminati oleh masyarakat di berbagai daerah. Contoh bisnis digital yang paling terkenal adalah e-commerce atau perdagangan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet.

Lalu, fakta menarik apa saja seputar bisnis digital ini? Berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelaku bisnis digital?

Saat ini zaman digital marketing. Baik bisnis kecil hingga besar berbondong-bondong ke media digital dan mengurangi iklan model lawas.

Daripada menempel brosur di tiang lampu merah, lebih praktis memasang ads di website. Budget untuk beriklan gila-gilaan di koran, bisa ditekan dengan memposting konten promosi menarik di sosial media.

Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand.

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing.

Lalu, seperti apakah sebuah digital marketing yang diterapkan dalam bisnis untuk menjual produk-produk tertentu?

Mengenal Bisnis Digital dan Contohnya, Anda Harus Tahu

Apa Itu Bisnis Digital Marketing?

Secara mudah bisa dipahami bahwa digital marketing adalah sebuah cara untuk memasarkan produk, dan juga layanan yang dimiliki oleh pelaku bisnis dan perusahaan, agar bisa menjangkau lebih banyak audiens sesuai target yang diinginkan secara efisien, relevan dan personal.

Apa Tujuan Bisnis Digital Marketing?

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Apa Kelebihan Bisnis Digital Marketing?

Sebagai pebisnis, mengapa Anda perlu belajar digital marketing? Ini dia manfaat digital marketing:

  • Fleksibel digunakan semua jenis bisnis yang ingin beralih ke online. Apalagi tersedia beragam media digital marketing dari yang gratis hingga berbayar;
  • Mampu menjangkau konsumen secara personal sesuai dengan customer journey atau kesiapan untuk membeli;
  • Lebih mudah mengukur keberhasilan strategi, mengingat tools digital marketing menyediakan metrik performa iklan;
  • Memaksimalkan tingkat konversi karena digital marketing mampu melemparkan promosi ke target audiens spesifik.

Macam-macam bisnis digital terdiri atas beberapa hal. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Toko Online

Salah satu macam dari bisnis digital adalah mengelola toko online untuk melakukan aktivitas jual dan beli barang.

Jika Anda tak punya modal yang cukup, maka Anda bisa membuat toko online dengan bergabung dengan marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya. Sebaliknya, jika Anda memiliki banyak modal sebaiknya Anda membuat toko online Anda sendiri dengan cara membeli website.

Dengan begitu, Anda bisa menentukan sendiri tampilan yang diinginkan dan jenis barang apa saja yang bisa Anda jual.

Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

Pelaku dalam bisnis ini biasanya disebut dengan reseller. Anda perlu membeli barang ke suatu agen terlebih dahulu, kemudian Anda menjual barang tersebut kepada konsumen.

Jika Anda berhasil menjual barang dalam jumlah banyak, maka penghasilan yang Anda peroleh juga semakin tinggi.

Menjadi Dropshipper

Bisnis ini dilakukan dengan cara Anda menjualkan barang milik toko online lain. Anda hanya bertugas mencari konsumsen untuk toko online tersebut.

Jika ada yang membeli, maka toko online pertama/agen akan mengirimkan barang kepada pembeli tersebut, namun atas nama toko online Anda sendiri.

Keuntungan didapatkan bila Anda berhasil menjual barang dalam jumlah banyak.

Menjadi Content Creator atau Youtuber Handal

Jika Anda memiliki hobi membuat video, maka sebaiknya Anda manfaatkan peluang tersebut untuk menjadi youtuber yang handal.

Caranya, Anda bisa membuat video menarik dengan niche/tema tertentu. Buatlah video dalam jumlah banyak supaya laman youtube Anda kebanjiran iklan dan jumlah viewers pun meningkat.

Demikian beberapa hal yang harus anda ketahui untuk Mengenal Bisnis DigitalBerikut Jasalogo.id simpulkan

  • Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan bantuan internet menggunakan media digital. Tujuan utama dari pemasaran digital yaitu untuk mendapatkan customer lebih banyak daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.
  • Terdapat 6 jenis pemasaran digital yang dapat dilakukan, mulai dari website, online advertising, email , social media, video, dan search engine marketing. 
  • Manfaat digital marketing terbagi menjadi tiga, yaitu dapat membangun personal dan product branding, menjangkau target pasar, dan lebih murah.