Membongkar Kegunaan dari Desain Stiker untuk Berbagai Konteks

Stiker adalah bentuk gambar-gambar kecil yang sering ditempelkan untuk berbagai kebutuhan termasuk dalam dunia bisnis. Dalam dunia desain stiker diciptakan melalui menggunakan berbagai elemen desain grafis. Sticker sendiri memiliki banyak kegunaan yang mana desain stiker disesuaikan dengan kebutuhannya.

Untuk mendesain stiker ini melibatkan beberapa elemen desain seperti warna, tipografi, bentuk geometris, gambar atau ilustrasi. Konsep untuk desain stiker sendiri disesuaikan dengan kebutuhannya. Termasuk ukuran sticker dan gaya desainnya disesuaikan dengan penggunaannya.

Desain stiker akan disesuaikan dengan konteksnya, ada yang formal, ramah, lucu hingga berupa logo untuk branding merek. Ada beberapa usaha yang menggunakan stiker untuk ditempelkan pada kemasan produk sebagai penanda merek. Ini akan membantu membangun identitas merek.

Read More

Stiker bukan hanya untuk hiasan atau dekorasi tetapi juga memiliki kegunaan dalam berbagai konteks. Mulai dari untuk membangun identitas, sebagai penanda merek, menandai jenis paket dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih banyak kegunaan desain stiker dalam banyak hal, simak beberapa kegunaan stiker dalam artikel ini.

BEBERAPA KEGUNAAN STIKER DALAM BERBAGAI KONTEKS

Desain stiker banyak didesain untuk memiliki tampilan visual menarik, tak jarang menggunakan desain quotes inspiratif untuk dijadikan merchandise. Ada banyak sekali kegunaan stiker dalam berbagai konteks, meliputi:

Branding dan Pemasaran

Ketika membeli suatu produk terkadang kamu akan menemui stiker yang ditempelkan pada kemasan atau sebagai penutup kemasan. Sticker ini didesain untuk mencerminkan nama mere, slogan atau identitas merek lainnya. Ini berguna untuk membangun identitas yang kuat.

Dalam konteks pemasaran sticker sering dijadikan sebagai alat yang bisa mencerminkan merek atau logo. Terkadang ini mencetak stiker berbentuk logo, slogan dan pesan merek dapat dijadikan langkah promosi yang unik. Biasanya ini diberikan pada pembeli atau dijadikan bonus pada pembelian dengan jumlah tertentu.

Identitas Produk

Sticker juga digunakan untuk menunjukkan identitas produk terkait informasi penting. Biasanya sticker ini akan ditempelkan pada kemasan sebagai penanda identitas produk. Stiker tentang identitas produk ini mencakup informasi merek, nomor seri, label produk, seperti halal dan organik.

Desain untuk stiker yang menjelaskan informasi penting ini biasanya dibuat dengan sederhana agar mudah terbaca dengan jelas. Terkadang stickernya terkait dengan lembaga tertentu, yang harus sesuai dengan ketentuan lembaga tersebut seperti label halal.

Promosi dan Diskon

Desain sticker juga kerap dibuat untuk menunjukkan adanya penawaran khusus, promo hingga diskon. Stiker untuk kebutuhan menunjukkan promo biasanya ditempatkan pada brosur, pamflet atau materi promosi lainnya. Untuk kebutuhan promosi ini ada yang ditempel secara digital, tetapi juga ada yang dicetak dan dibagikan secara langsung.

Desain stiker untuk promosi biasanya menggunakan bentuk geometri, seperti lingkaran yang bergerigi. Ini akan memudahkan untuk melihat gambar stikernya. Biasanya stiker untuk promosi akan dibuat dengan warna cerah dan tipografi menarik agar terlihat menonjol.

Dekorasi

Sebagian besar stiker yang didesain dengan menarik dan kreatif digunakan untuk dekorasi. Biasanya akan ditempelkan pada barang-barang koleksi untuk memperindah tampilan seperti botol minuman, laptop, handphone dan lainnya. Untuk kebutuhan dekorasi biasanya desain dibuat dengan unik, misalnya gambar-gambar kartun, elemen alam, hewan dan bentuk-bentuk unik lainnya.

Stiker tempel untuk dekorasi ada yang datar dan ada yang timbul. Stiker timbul ini membuat tampilan desain stiker jadi lebih menarik dan berdimensi. Seringkali desain stiker dekorasi banyak yang mengambil inspirasi dari hal-hal yang sedang tren agar relevan dengan konsumen.

Pemberian Label

Untuk kebutuhan sebagai label untuk berbagai barang, stiker akan didesain untuk menunjukkan informasi penting. Desain stiker untuk menandai barang biasanya dibuat sesuai dengan informasi apa yang ingin diperlihatkan pada label.

Biasanya stiker untuk label produk akan digunakan pada kemasan makanan, botol minuman, atau produk lainnya. Labelnya dapat berupa tentang ketentuan daur ulang kemasan atau untuk memberikan informasi terkait isi produk.

Pameran Acara atau Event

Stiker juga kerap digunakan sebagai merchandise pada berbagai acara dan event untuk dibagikan atau dibeli oleh audiens. Desain stiker untuk kebutuhan merchandise akan dibuat dengan konsep yang sesuai dengan tema acara.

Ini digunakan untuk membangun identitas acara atau merek. Stiker yang memiliki desain sesuai dengan identitas merek dan acara yang diselenggarakan dapat digunakan untuk mendukung acara atau kampanye merek.

Aktivisme dan Kampanye Sosial

Stiker juga efektif digunakan sebagai kampanye sosial untuk menyadarkan masyarakat akan isu tertentu. Untuk kebutuhan kampanye ini biasanya akan ditempelkan di tempat-tempat umum, kendaraan hingga dibagikan kepada orang-orang. Desainnya akan dibuat untuk mencerminkan pesan, simbol, atau tulisan dukungan untuk isu tertentu, misalnya isu terkait lingkungan.

Desain Seni dan Kreatif

Desainer terkadang juga membuat stiker sebagai wujud ekspresi kreatif. ni bisa digunakan desainer grafis untuk mengekspresikan seni dan pesan pada banyak orang. Biasanya akan mereka jual beserta dengan karya kreatif mereka lainnya.

Pengenal dalam Industri

Pada lingkup industri untuk konstruksi, stiker digunakan untuk memberikan informasi penting terkait keamanan. Ini berguna agar semua pekerja konstruksi dapat berhati-hati ketika melihat stiker. Biasanya pada stiker untuk keperluan konstruksi digunakan sebagai pengenal untuk peralatan konstruksi dan sebagai instruksi untuk keamanan.

Navigasi atau Informasi

Stiker juga banyak digunakan untuk memberikan panduan dan informasi. Utamanya pada industri logistik, stiker digunakan sebagai penanda paket, misalnya barang pecah belah atau paket yang tidak boleh dibanting dan lain-lain. Informasi dalam stiker yang ditempelkan pada paket akan memudahkan proses pengiriman dan memastikan barang akan aman sampai tujuan.

KESIMPULAN

Dalam dunia desain, stiker adalah salah satu karya desain yang melibatkan warna, tipografi, dan elemen visual lainnya. Desain stiker sendiri memiliki banyak kegunaan dalam berbagai konteks. Desain stiker dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhannya agar desainnya bisa menyampaikan pesan dan dapat terlihat jelas pada berbagai media. Menciptakan desain stiker butuh kreativitas yang disesuaikan dengan tujuannya, agar efektif untuk berbagai situasi.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts