Sadarkah kamu tren dan sosial media adalah tokoh penting pada era digital saat ini. Sosial media menjadi tempat berkumpul berbagai kalangan mulai dari perorangan hingga komunitas, dari sekadar blog pribadi hingga alat promosi bisnis dan perusahaan. Akan sangat menguntungkan bila bisa memanfaatkan tren untuk promosi bisnis.
Tren dan sosial media menjadi dua hal yang berkesinambungan sebagai kekuatan besar yang bisa mempengaruhi konsumen. Tren adalah elemen penting dalam sosial media dan salah satu hal yang bisa digunakan dalam mempromosikan bisnis.
Momen-momen viral dan tren di sosial media telah menciptakan cara baru untuk berpromosi bisnis. Dengan memanfaatkan sesuatu yang sedang viral bisa membantu promosi bisnis misalkan etalase toko bertema film yang sedang viral.
Artikel ini akan membahas cara memanfaatkan momen viral dan tren di sosial media untuk promosi bisnismu dan bagaimana cara tren mempengaruhi peningkatan jumlah pelanggan.
Cara Memanfaatkan Tren Terbaru untuk Promosi Bisnis:
- Memantau tren di sosial media
- Melihat keterkaitan tren dengan bisnismu
- Ciptakan kreativitas
- Bagikan konten di berbagai platform
Memantau tren di sosial media:
- Pantau terus sosial media ataupun media online lainya untuk mengetahui tren terbaru dan apa saja yang sedang viral. kamu juga bisa mengecek realtime tren di google maupun sosial media. Trennya dapat mencakup apapun termasuk hiburan, berita, fashion, film dan musik.
Melihat keterkaitan tren dengan bisnismu:
- Setelah mengetahui tren apa saja yang sedang ramai dibicarakan, kamu bisa mulai mencari keterkaitan tren dengan bisnismu. Buatlah ide promosi dengan memanfaatkan tren tersebut. Jika kamu menjalankan bisnis fashion kamu bisa mencari tren fashion yang sedang populer, misalkan tren yang digunakan dalam paris fashion week.
Ciptakan kreativitas:
- Kembangkan tren terkini untuk menciptakan kreativitas yang baru. Ciptakan kreativitas dengan menggabung tren dengan bisnismu untuk menyampaikan pesan yang lebih interaktif dan bisa menjangkau banyak audiens. Banyak brand dan bisnis yang memanfaatkan tren meme dengan membuat meme sesuai dengan bisnisnya.
Bagikan konten di berbagai platform
- Saat ini jumlah platform untuk mempromosikan bisnis semakin banyak. Sebagai rekomendasi jika menggunakan sosial media untuk berpromosi dengan gambar gunakan Instagram atau Facebook, dan untuk video gunakan media seperti youtube dan tiktok. Atur dan desain sedemikian rupa agar bisa meningkatkan eksposur. Selain di internet kamu juga bisa memasang iklan di billboard sehingga akan mudah dilihat saat berkendara bagi yang sibuk bekerja.
Tren Viral dan Engagement
Tren viral berperan besar dalam menaikkan engagement. Gunakan tren viral karena orang-orang biasanya akan penasaran dengan tren terkini termasuk meme viral maupun konten viral.
Penggunaan tren akan menghasilkan dampak positif pada engagement pelanggan serta memberikan kesempatan untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan. Dengan begitu akan membantu mengenalkan bisnis lebih luas, bahkan terkadang pelanggan juga membagikannya pada teman mereka.
Dampak positif dari penggunaan tren akan menciptakan interaksi positif dengan pelanggan. Hal ini juga akan memberikan kesan bahwa bisnis tidak kaku dan menghibur karena selalu mengikuti tren.
Salah Satu Contoh Penggunaan Tren: Parodi Poster Film Barbie
Jika kamu terus memantau sosial media akan mudah bagimu mengetahui tren untuk digunakan promosi. Beberapa waktu lalu tren menirukan poster film Barbie banyak diikuti baik individu maupun perusahaan bisnis. Banyak orang berlomba-lomba memamerkan kreativitas mereka dengan membuat parodi poster film yang disesuaikan dengan bidang bisnis mereka. Selain memparodikan posternya, kamu bisa menerapkan trennya dengan membuat tema Barbie pada etalase toko maupun konsep sosial media.
Berikut beberapa contoh memanfaatkan tren dengan bisnis:
- Restoran: Jika kamu memiliki bisnis restoran kamu bisa mendesain interior restoran dengan mengikuti tren seperti mendesain ala kapal luffy one piece saat filmnya tayang. Ini akan memberikan nuansa makan diatas kapal bajak laut Luffy.
- Toko Pakaian: Pada toko kamu bisa memasang etalase depan toko dengan pakaian yang sedang tren pada era ini. Kamu memantau tren fashion terbaru contohnya tren pakaian Y2K ala gen Z untuk menunjukkan potret Y2K secara langsung.
- Perusahaan Teknologi: Manfaatkan tren yang berhubungan dengan teknologi. Contohnya saat ini semakin banyak perusahaan yang ingin menciptakan AI. Dengan selalu mengikuti tren terkini teknologi juga akan terus terbarukan.
- Cafe: Banyak konsep Cafe unfinished industrial atau istilah kasarnya proyek mangkrak sedang menjadi tren. Bisnis cafe ini sering menggunakan desain yang estetik dan instagramable, banyak orang berburu cafe unik untuk sekadar berfoto.
- Bisnis Make-up & Skincare: Lakukan riset tren make-up yang sedang populer. Buatlah rekomendasi paket alat make-up dengan tema tertentu misal Y2K atau make-up dreamy. Dapat pula mendesain kemasan berkolaborasi dengan brand tertentu sebagai contoh kemarin Implora dengan Relaxa. Kolaborasi unik antara brand make-up dan brand makanan ini akn menarik banyak audiens.
Strategi memanfaatkan tren sebagai cara mempromosikan bisnis adalah pilihan yang tepat. Dengan membuat kreativitas dan mencari keterkaitan tren dengan bisnis, promosi dengan menggunakan tren akan meningkatkan engagement dengan pelanggan.
Hal ini juga membantu keberlanjutan bisnis dengan menciptakan ikatan dengan pelanggan hasil dari promosi viral. Manfaatkan tren terkini semaksimal mungkin untuk mempromosikan bisnis dan jangan lupa gunakan copywriting yang menarik.
Semoga artikel ini bermanfaat dan jika anda membutuhkan jasa desain logo hubungi kami disini atau bisa kunjungi laman instagram kami.