Memahami Perbedaan dan Peran Desain Komunikasi

Desain komunikasi merupakan proses menciptakan desain yang berfokus untuk menyampaikan pesan dan informasi. Dengan menyusun elemen visual secara strategis untuk menginformasikan pesan secara jelas dan efektif pada audiens. Desain komunikasi memiliki peran penting dalam pemasaran, menyampaikan informasi dan memberi motivasi.

Untuk bisa mencapai tujuan desain menyampaikan informasi harus memperhatikan penggunaan grafis, tipografi, warna, gambar serta mengatur tata letak elemen desain. Biasanya desain komunikasi merancang materi untuk visual poster, brosur, logo dan media.

Desain komunikasi digunakan menyampaikan pesan dengan jelas dan memikat. Biasanya banyak digunakan untuk konteks periklanan, branding, pemasaran serta komunikasi visual secara umum. Desain komunikasi dapat membantu proses dalam membangun identitas merek.

Read More

Desain komunikasi mungkin terlihat dengan mirip desain publikasi, meskipun saling terkait namun sebenarnya berbeda.

PERBEDAAN DESAIN KOMUNIKASI DAN PUBLIKASI

Berikut beberapa perbedaan dalam desain komunikasi dan publikasi, mulai dari fokus utama, tujuan hingga medianya:

Fokus Utama

Desain Komunikasi: Desain ini berfokus untuk menyampaikan pesan atau informasi pada audiens. Dengan menggunakan perpaduan grafis, tipografi dan gambar akan menciptakan tampilan visual menarik dan efektif menyampaikan pesan.

Desain Publikasi: Berbeda dengan komunikasi yang fokus menyampaikan pesan, sementara desain ini mengenai pengaturan dan penataan untuk keperluan cetak atau diterbitkan agar terlihat bagus dan sesuai desain digitalnya. Biasanya desain publikasi ini mencakup buku, brosur hingga materi cetak lainnya.

Tujuan

Desain Komunikasi: Tujuan dari desain ini lebih umum yaitu untuk membuat komunikasi yang efektif dan mudah dipahami oleh audiens. Desain ini biasanya mencakup logo, identitas merek, poster dan lainnya. Biasanya desain ini berfokus untuk kebutuhan pemasaran dan branding.

Desain Publikasi: Tujuan desain ini lebih spesifik yaitu menciptakan materi untuk dipublikasikan atau dicetak. Biasanya desain ini lebih fokus pada penataan halaman dan konten agar terlihat rapi ketika dicetak.

Media

Desain Komunikasi: Desainnya dapat diterapkan pada berbagai peringkat dan konteks. Desain komunikasi diciptakan lebih fleksibel agar bisa diterapkan pada berbagai perangkat dan media. Sehingga bisa digunakan untuk periklanan, media sosial dan situs web.

Desain Publikasi: Desain ini lebih berkaitan dengan media cetak untuk menyampaikan informasi. Di era digital ini desain media cetak juga dapat berformat elektronik seperti pdf atau e-book.

Meskipun terdapat perbedaan, perlu diingat bahwa keduanya memiliki hubungan dalam praktiknya. Misalnya bagaimana desain publikasi membutuhkan aspek dalam komunikasi untuk menciptakan desain yang efektif dalam meningkatkan daya tarik dan memudahkan audiens membaca.

PERAN PENTING DESAIN KOMUNIKASI

Memiliki beberapa peran penting dalam dunia desain, mulai dari untuk menyampaikan informasi, membangun identitas hingga untuk pemasaran. Berikut beberapa peran penting desain komunikasi:

Membangun Kesadaran Merek

Desain komunikasi kerap dipakai untuk mengkomunikasikan pesan merek melalui desain logo, identitas merek hingga materi pemasaran. Pemakaian desain komunikasi yang tepat bisa membantu membangun kesadaran merek.

Penciptaan desain logo yang menarik akan mudah diingat dan dipahami oleh audiens, begitu pula dengan desain materi untuk pemasaran. Hal-hal seperti ini akan audiens mengingat merek, untuk itu penting membuat logo dan memilih warna yang sederhana serta unik agar berkesan.

Untuk membangun kesadaran merek penting juga untuk menciptakan desain yang konsisten, termasuk pada pemilihan warna dan tipografi. Desain yang tidak konsisten akan sulit diingat oleh audiens.

Menyampaikan Informasi yang Kompleks

Desain komunikasi berguna untuk menciptakan tampilan visual yang bisa menyampaikan informasi yang kompleks. Tampilan visual harus bisa menyederhanakan informasi kompleks pada desain yang sederhana. Ini akan lebih mudah informasi dicerna oleh audiens.

Desain yang terlalu kompleks akan membuat titik fokus informasi tidak jelas, alur pembacaan akan campur aduk. Dengan memanfaatkan grafis, infografis dan ilustrasi yang menarik dan melakukan penataan yang tepat dapat mempermudah audiens memahami pesan.

Desain yang terlalu padat elemen, bentuk, warna atau tulisan, akan sulit untuk dipahami, pesan tidak akan tersampaikan dengan baik. Penting untuk memilih penggunaan elemen secukupnya saja. Selain itu sisakan ruang putih akan pesan desain mudah dibaca dan dapat tersampaikan dengan baik.

Menggerakkan Tindakan

Pada desain komunikasi biasanya harus bisa menggerakkan audiens untuk segera membeli atau mendaftar. Untuk bisa menarik perhatian penting menggunakan tampilan yang menerima setahun terdapat tombol tindakan langsung.

Biasanya pada pemasaran produk atau layanan, pada desain komunikasi akan terdapat link, kontak atau CTA yang memudahkan akses pelanggan. Penting juga menggunakan bahasa yang menarik untuk memotivasi pelanggan untuk mendaftar atau membeli.

Meningkatkan Keterlibatan

Desain komunikasi yang menarik akan meningkatkan keterlibatan audiens, seperti peningkatan pembelian, langganan dan pemberian umpan balik pada pelanggan. Penting untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan agar bisnis bertahan dalam waktu yang lama.

Meningkatkan keterlibatan audiens pada merek bisa dilakukan melalui sosial media, biarkan pelanggan melakukan interaksi melalui komentar. Pembuatan konten kreatif yang melibatkan pelanggan bisa menjadi pilihan seperti voting atau tanya jawab.

KESIMPULAN

Desain komunikasi bukan hanya sekedar membuat desain dengan tampilan visual menarik, tetapi juga bahasa visual untuk menyampaikan pesan. Untuk dapat menyampaikan pesan secara efektif perlu memperhatikan tata letak elemen, pemilihan warna dan tipografi. Tidak hanya menyampaikan pesan desain komunikasi juga digunakan untuk membangun kesadaran merek. Untuk membangun identitas melalui desain komunikasi juga dapat dilakukan dengan melibatkan audiens.

Ada banyak sekali peran dari desain komunikasi ini meskipun perlu dipahami jika desain komunikasi tidak sama dengan desain publikasi. Meskipun keduanya terkait dalam menyampaikan pesan yang efektif pada audiens.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts