Memahami Konsep Manajemen Strategis Usaha

Memahami Konsep Manajemen Strategis Usaha – Pernahkah sobat jasalogo.id berfikir tentang bagaimana caranya agar perusahaan bisa mempunyai satu atau lebih keunggulan untuk mampu bersaing dengan kompetitornya?

Untuk mendapatkan keunggulan seperti itu maka perusahaan bisa menciptakan dan memberikan nilai ekonomi yang tinggi untuk konsumennya.

Dalam kaitannya dengan nilai ekonomi tersebut, apa yang harus dilakukan perusahaan?

Untuk menciptakan nilai ekonomi yang tinggi, perusahaan memiliki tiga alternatif strategi yang bisa diterapkan dan digunakan yaitu product differentiation, customer responsive, dan operational competence.

JIKA BISNIS SAMA DENGAN ORANG LAIN?

Perlu sobat tahu, bahwasanya saat membuka bisnis baru yang sama dengan ratusan orang lain adalah menciptakan masalah baik saat ini maupun dimasa depan.

Mengapa demikian? Hal tersebut bisa dijelaskan dengan logika berpikir yang sangat sederhana: satu kue yang diberikan kepada satu anak akan porsinya jauh lebih besar dibandingkan jika dibagikan kepada 10 anak.

Nah, semakin banyak anaknya, semakin mengecil porsinya. Jika jumlah anaknya sudah sangat banyak, yang terjadi adalah persaingan dan perlombaan untuk “menyingkirkan” bahkan “membunuh” yang lain.

Dengan demikian bukan keuntungan yang didapat dari bisnis, bukan? Melainkan menciptakan perlombaan yang menjerumuskan ke dasar laut dalam, kira-kira begitu sobat, jasalogo.id!

Dengan demikian kita sebaiknya menghindari melakukan duplikasi bisnis lama untuk bisnis baru yang kita bangun.

HINDARI DUPLIKASI PRODUCT

Bagaimana caranya untuk menghindari duplikasi bisnis yang terlihat sangat menggiurkan tersebut?

Lihat saja sekeliling kita, misalnya ada bisnis baju muslim wanita terlihat hebat, bisnis nasi pecel terlihat ramai, membuka mini market akan sangat laku, bisnis produk atau jasa via online terlihat sangat cerah, atau bahkan mendirikan kafe saja karena trendnya tinggi.

Sayangnya cara pandang seperti itu sangat pragmatis. Membuka bisnis dengan sikap seperti itu sangat berisiko.

Cara yang lebih meminimalkan resiko adalah dengan kembali pada konsep dasar proses manajemen strategik. Kuncinya adalah disitu.

MANAJEMEN STRATEGIK

Kuncinya adalah pada kemampuan untuk menganalisi secara mendalam mengenai situasi, kondisi, dan lingkungan bisnis yang akan kita jalani.

Berkaitan dengan analisis lingkungan dan kondisi bisnis, sebenarnya banyak sekali peluang bisnis yang akan menghindarkan kita dari pertempuran yang melelahkan dengan para leader.

Bisnis yang baru mungkin saja mengalami siklus yang panjang sehingga tahap eksploitasinya agak lama.

Namun, bisnis yang benar-benar baru sangat layak untuk diperjuangkan karena mendatangkan keuntungan penuh 100%, tidak dibagi untuk pesaing lain.

Berkaca pada siklus keunggulan, suatu saat keunggulan dari bisnis baru akan ditiru oleh pesaing.

KESIMPULAN

Kunci dari keberhasilan perusahaan untuk mencapai kinerja bisnis yang tinggi dan superior adalah terletak pada proses manajemen strategis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Lebih khusus lagi kinerja bisnis yang tinggi akan selalu di mulai dengan kemampuan pimpinan perusahaan untu menerapkan dasar-dasar manajemen strategis dengan tepat.

Kunci selanjutnya untuk meraih kinerja bisnis tinggi adalah kemampuan manajemen untuk mengambil keputusan yang tepat akan strategi.

Yaitu, keputusan yang strategis, dengan ciri membawa dampak positif pada ukuran kinerja bisnis yaitu terlihat dari aspek marketing dan financial yang solid.

Itulah ulasan tentang bagaimana Memahami Konsep Manajemen Strategis Usaha. Sobat jasalogo.id juga dapat melakukan pemesanan terhadap desain logo yang professional.

Tentunya, jasalogo.id selalu menawarkan promo menarik untuk Anda. Sehingga, jangan lewatkan! Anda dapat menerima hasil professional dengan jumlah revisi desain tanpa batas hingga Anda puas! Klik disini, sobat jasalogo.id.