Memadukan Elemen Unik dan Abstrak untuk Desain Kreatif

Pada era digital ini segala sesuatu berkembang dan berubah sangat cepat termasuk perubahan tren desain. Orang modern juga cenderung lebih cepat dalam menggunakan sosial media, desain yang tidak menarik hanya akan dilewati. Untuk itu penting menciptakan desain yang unik kreatif menggunakan elemen unik dan abstrak.

Penggunaan elemen yang unik dan abstrak biasanya jarang digunakan karena butuh perhatian khusus. Penempatan yang tidak tepat dapat membuat desain terlihat tidak menarik. Meskipun begitu elemen-elemen ini dapat menciptakan desain tampil unik dan bisa memikat audiens.

Elemen unik dan abstrak ini biasanya seperti efek distorsi, cahaya, tekstur unik hingga kombinasi media. Desain yang kreatif tentunya akan tampil beda dan mencolok daripada yang lainnya. Dengan penggunaan yang sesuai dengan tema desain akan semakin menciptakan tampilan visual unik.

Read More

Desain yang dikreasikan dengan kreatif ini biasanya untuk keperluan konten sosial media, situs website, atau poster acara. Menciptakan desain yang unik akan membuat desain tidak sama dengan yang lain dan monoton. Perhatikan artikel ini yang akan membahas tentang elemen unik dan abstrak untuk menciptakan desain yang kreatif.

TIPS MEMADUKAN ELEMEN UNIK DAN ABSTRAK UNTUK DESAIN KREATIF

Ketika membuat desain terkadang ada beberapa elemen yang sering digunakan dan jarang digunakan karena faktor efektivitas, dan lainnya. Tetapi menggunakan elemen unik akan membuat desain terlihat lebih kreatif dan menciptakan visual yang memikat.

Berikut beberapa elemen unik dan abstrak untuk digunakan membuat desain yang kreatif:

Tekstur Unik

Untuk memberikan tampilan unik pada desain atau elemen bisa dengan menambahkan tekstur yang unik. Ada banyak tekstur dalam dunia desain grafis yang biasa digunakan pada desain digital seperti kertas, pasir, plastik hingga kayu.

Selain itu, pada desain konsep modern banyak menggunakan tekstur metalik, logam, dan lainnya. Tekstur biasanya jarang digunakan, mungkin karena penataannya susah dan tidak sesuai dengan konsep desain. Tambahan tekstur pada desain akan menciptakan dimensi yang unik dan terlihat lebih unik.

Efek Optik

Elemen unik lain yang dapat digunakan seperti efek optik, ini dapat membuat elemen terlihat lebih unik atau estetik. Efek optik yang biasanya digunakan seperti ilusi optik, gradient yang mencolok, pola tertentu yang menciptakan efek visual bergerak atau berdimensi.

Meskipun ini bisa membuat desain terlihat berbeda dan mencolok penggunaan yang tidak sesuai tujuan desain akan terlihat aneh. Ilusi optik dapat menciptakan ilusi pandangan audiens pada desain, membuatnya terlihat menarik dan menciptakan kesan dinamis pada desain.

Kombinasi Media

Menciptakan desain yang kreatif dapat pula dengan mengkombinasikan berbagai media. Misalnya ilustrasi, fotografi yang dimanipulasi secara digital, gambar-gambar dengan efek khusus yang unik dapat menciptakan tampilan desain yang tampak kreatif.

Fotografi yang diedit dengan cara unik seperti dijadikan mozaik, diberi efek distorsi, atau diedit dengan filter yang mencolok. Menggunakan kombinasi media pada desain akan memberikan sentuhan estetika yang unik.

Garis dan Bentuk Abstrak

Mengkreasikan garis dalam berbagai bentuk unik atau abstrak dapat menambahkan kesan unik pada desain. Garis banyak digunakan untuk menciptakan berbagai bentuk ornamen, efek distorsi, hingga ilustrasi yang berupa garis-garis.

Bentuk-bentuk yang tercipta dari garis yang tidak teratur akan menciptakan desain yang eksperimental. Melakukan eksperimen dengan menggunakan garis dan bentuk yang abstrak akan menciptakan desain yang unik.

Bentuk dan garis abstrak biasanya digunakan sebagai hiasan atau motif latar belakang, dengan penataan yang tepat tidak akan mengganggu elemen lain. Garis dan bentuk abstrak terkadang menciptakan efek dramatis dan modern.

Efek Cahaya dan Bayangan

Berkreasi dengan menggunakan efek cahaya dan bayangan pada elemen desain akan membantu menciptakan efek dramatis. Efek cahaya bisa digunakan untuk memberikan highlight dan sorotan pada elemen desain.

Memberikan bayangan pada elemen seperti teks atau ikon tertentu akan memberikan efek visual yang dramatis dan terlihat seperti nyata. Bayangan ini juga membuat elemen dan desain memiliki kedalaman visual. Sementara efek cahaya bisa menyoroti elemen tertentu dengan lebih dramatis.

Komposisi Elemen Asimetris

Elemen yang simetris akan menciptakan desain yang proporsional dan terlihat rapi. Namun penggunaan elemen asimetris akan membuat desain jauh lebih unik. Desain akan memiliki dimensi yang unik dan memiliki dinamika yang berbeda.

Desain yang menarik tidak harus seimbang dan rapi, ketidakseimbangan dan ketidakpastian juga bisa memberikan sentuhan yang menarik. Penataan elemen asimetris yang sesuai porsinya akan menciptakan tampilan visual yang unik. Desain asimetris akan membuat kesan abstrak yang mencolok dan berbeda dari yang lain.

Transparan dan Layering

Efek transparan pada elemen dapat menciptakan keunikan dan dimensi yang unik. Teknik layering yang sesuai dengan kebutuhan dapat menciptakan efek tertentu yang memberikan tampilan menarik. Layering bisa membuat desain memiliki tampilan yang kompleks.

Gunakan Warna yang Unik

Warna bisa menjadi pilihan untuk membuat desain yang tampil kreatif dengan memberikan warna yang tidak biasa. Berani mengkombinasikan warna yang tidak biasa dapat menciptakan tampilan desain yang unik.

Kombinasi warna kontras akan menciptakan keunikan tersendiri pada desain. Selain itu mengkombinasikan warna yang banyak terutama warna cerah akan menciptakan visual yang memikat. Warna ini dapat memberikan desain tampil segar dan menarik.

Elemen Geometris Tidak Konvensional

Gunakan Elemen abstrak pada bentuk geometris, biasanya bentuk geometris memiliki tampilan rapi dan simetris. Sementara penggunaan geometris abstrak akan menciptakan desain yang jauh lebih unik. Elemen geometris yang abstrak bisa memberikan kesan futuristik dan modern pada desain.

Efek Abstrak dalam Tipografi

Selain bentuk gambar yang unik, bisa memanfaatkan tipografi yang dibentuk dengan unik. Ini akan menciptakan efek dramatis pada desain, Biasanya tipografi dapat ditambahkan ornamen atau hiasan pada huruf. Bisa juga dengan melakukan pemotongan huruf, membuat tipografi dengan bentuk yang unik atau memberikan efek tekstual pada teks.

KESIMPULAN

Menggunakan elemen yang tidak biasa dan unik akan menciptakan desain yang tampak kreatif. Namun penting untuk memperhatikan pula tentang tujuan dan konteks desainnya. Sehingga ada keselarasan antara elemen dengan tema desain. Inovasi dan kreasi pada elemen desain akan menciptakan desain yang menonjol dan menarik perhatian.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts