Media yang Digunakan dalam Menciptakan Desain Grafis

Desain grafis memiliki banyak sektor yang bisa dilakukan untuk menciptakan karya. Ada banyak sekali karya yang bisa dihasilkan desain pada era digital. Setiap karya terkadang membutuhkan media yang berbeda untuk proses penciptaan desain grafis.

Dalam desain grafis ‘media’ disini dimaksudkan sebagai alata yang digunakan untuk menciptakan karya desain. Ada banyak platform yang digunakan oleh desainer untuk menciptakan karya visual yang menarik.

Cakupan media dalam konteks desain grafis ini berupa perangkat lunak alat dan teknologi yang digunakan untuk menciptakan desain yang menarik. Alat tersebut memungkinkan desainer menciptakan ilustrasi, vektor, manipulasi foto, dan pembentukan elemen grafis lainnya.

Read More

Setiap platform dan alat memiliki fungsi tersendiri, yang mana terkadang kombinasi platform akan menciptakan lebih menarik lagi. Penting bagi desainer memahami kemampuan platform dalam menciptakan desain. Artikel ini akan menjelaskan beberapa media utama yang kerap digunakan untuk menciptakan karya-karya kreatif dalam dunia desain grafis.

Beberapa Media Utama Yang Digunakan Untuk Menciptakan Desain Grafis

Menciptakan desain yang menarik harus bisa memilih media yang tepat sesuai kebutuhan. Desain yang dihasilkan pun akan memiliki visual yang menarik. Berikut beberapa media utama yang digunakan dalam menciptakan karya desain, berdasarkan tujuan dan jenis desainnya:

Perangkat Lunak Desain Grafis

Salah satu yang media yang untuk menciptakan karya kreatif dalam dunia desain adalah perangkat lunak desain grafis. Dalam desain grafis ada beberapa alat yang sering digunakan seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Coreldraw.

Meskipun sama-sama digunakan untuk menciptakan desain atau karya kreatif, tetapi setiap platform tersebut memiliki keunggulan dan fungsi khusus yang berbeda. Berbagai perangkat lunak tersebut banyak digunakan untuk keperluan menciptakan jenis desain yang berbeda.

Misalnya jika coreldraw digunakan untuk menciptakan berbagai karya desain grafis, sama haknya dengan Adobe Photoshop. Namun Photoshop juga bisa digunakan untuk mengedit foto sementara coreldraw tidak. Fungsi layer pada photoshop sangat membantu untuk membuat manipulasi foto dan ilustrasi yang lebih mudah.

Grafik Vektor

Desain grafis biasanya sering menciptakan desain vektor untuk berbagai kebutuhan. Biasanya perangkat lunak seperti Adobe Illustrator dan Coreldraw banyak digunakan untuk menciptakan gambar berbasis vektor.

Kedua perangkat ini banyak digunakan untuk menciptakan karya grafik vektor, seperti logo, ikon, ilustrasi, dan bentuk desain lainnya. Desain vektor biasanya menggunakan rumus matematika dalam proses pembuatan. Ini berguna untuk menciptakan desain yang seimbang, presisi, dan kualitas yang tinggi.

Manipulasi Foto

Menapulasi foto ini juga termasuk karya kreatif dalam dunia desain grafis. Ada banyak cara untuk memanipulasi dan mengedit foto dengan memanfaatkan perangkat lunak. Biasanya yang sering digunakan untuk mengedit foto adalah Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop sering menjadi pilihan karena memiliki banyak fitur yang bisa mengedit foto dengan kreatif. Fitur-fitur dalam aplikasi ini memungkinkan desainer berkreasi sekreatif mungkin.

Ada banyak fitur seperti memperhalus tekstur foto terutama kulit, mencerahkan foto, menghilangkan objek dan sebagainya. Selain itu juga foto dapat diberikan berbagai efek dan penyesuaian warna. Fitur yang beragam dan cukup lengkap membuat aplikasi menjadi favorit dalam mengedit foto.

Desktop Publishing (DTP)

Untuk media satu ini digunakan untuk menciptakan, menyususn dan mencetak dokumen dalam jumlah banyak yang berlembar-lembar. Biasanya digunakan untuk mencetak seperti brosur buku, dan materi cetak lainnya yang banyak.

Perangkat lunak yang sering digunakan dalam menyusun dan mencetak karya dokumen yaitu Adobe InDesign atau QuarkXpress. Adanya perangkat lunak memudahkan dalam proses pencetakan dokumen ini.

Grafik Web

Untuk perangkat lunak yang digunakan dalam merancang tampilan desain web, seperti Adobe XD, Figma dan lainnya. Perangkat lunak ini berfokus menciptakan desain yang memudahkan pengalaman pengguna dan desain antarmuka yang menarik.

Menggunakan media ini akan membantu menciptakan desain web dengan tampilan memikat dan fungsional. Untuk mendesain web desainer harus mengutamakan kemudahan pengguna mengakses website. Adanya perangkat lunak ini akan memberikan kemudahan desianer dalam mendesain.

Desain 3D

Untuk menciptakan gambar 3D ada beberapa perangkat lunak yang bisa digunakan. Contohnya seperti Blender, Autodesk, atau Cinema 4D ini akan membantu desainer menciptakan karya tiga dimensi dengan menarik.

Media untuk menciptakan desain 3D dan desain dua dimensi memang berbeda. Penting untuk mengetahui kedua media ini jika ingin belajar desain. Biasanya gambar 3D dimensi banyak digunakan untuk membuat animasi, visualisasi arsitektur dan interior hingga untuk kebutuhan film.

Perlu dipahami tiga dimensi tidak sama dengan efek tiga dimensi dengan bayangan atau cahaya sorotan. Efek tiga dimensi hanya untuk dilihat dari depan dan menciptakan kedalaman saja. Sementara desain 3D memungkinkan melihat desain dari berbagai arah.

Media Tradisional

Sebelum wra digital berlangsung, ketika ingin menciptakan desain maka orang akan menggunakan media seperti canvas. Ini termasuk juga dengan peralatannya seperti pensil, cat air, cat minyak dan lainnya. Ada juga media desain berupa kain seperti dalam proses membatik yang membutuhkan kain, canting, dan malam.

Saat ini meskipun era semakin canggih menciptakan karya seni dengan cara tradisional masih banyak digunakan. Karya ini juga biasanya kemudian dipindahkan kedalam bentuk digital.

KESIMPULAN

Dalam dunia desain grafis ada banyak jenis karya yang bisa dihasilkan. Mulai dari desain ilustrasi, logo, manipulasi foto, hingga desain 3D. Setiap jenis karya yang berbeda terkadang membutuhkan perangkat lunak atau alat yang berbeda. Maka desain bisa memiliki hasil berkualitas dan menarik. Semua media tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan dan proyek desain.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id.

Related posts