Konsep dalam Desain: Elemen pada Konsep Secara Umum

Dalam desain biasanya terdapat konsep yang digunakan sebagai fondasi atau landasan dalam membuat desain secara keseluruhan. Konsep sendiri dalam desain merujuk pada Ide yang digunakan untuk membuat desain ini juga merujuk pada elemen yang digunakan. Penentuan konsep dalam desain memperhatikan beberapa hal seperti tujuan, visi, nilai dan lain-lain.

Dalam dunia desain konsep adalah dasar dari suatu karya atau gambaran besar dari desain yang akan dibuat. Konsep ini mencakup pemikiran mendalam yang melibatkan pesan, estetika, hingga tujuan yang ingin dicapai dari desain. Untuk itu dalam penentuan konsep perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Terkadang konsep juga mengambil inspirasi dari hal yang sedang trending atau populer. Ada banyak Sekali hal yang bisa dijadikan yang disesuaikan kebutuhan atau tujuan desain. Konsep desain juga bisa merujuk pada tema tertentu, misal menyesuaikan dengan musim atau perayaan tertentu.

Read More

Konsep desain juga kerap mencerminkan era ini, hal ini dapat menunjukkan bahwa desain relevan dengan perkembangan zaman. Secara umum konsep dalam desain melibatkan beberapa hal yang akan dibahas dalam artikel ini. Beberapa konsep memiliki beberapa hal yang untuk dipertimbangkan ketika menciptakan desain.

Beberapa Elemen yang Terlibat pada Konsep Umum Dalam Desain

Dalam desain ada beberapa hal yang terlibat dalam menciptakan konsep secara umum. Hal ini berguna untuk menciptakan konsep yang tepat berdasarkan beberapa hal ini

Minimalisme

Secara umum konsep dalam menciptakan desain sebagian besar berfokus pada minimalisme atau kesederhanaan. Konsep minimalis kerap digunakan untuk tujuan desain yang berfokus ingin menyampaikan pesan secara efektif. Konsep ini fokus pada penggunaan elemen yang penting dan menghilangkan elemen yang kurang penting.

Desain yang sederhana akan memberikan fokus pada elemen yang membawa informasi penting. Kesederhanaan pada desain juga berguna untuk membangun branding yang kuat, misalnya pada desain logo yang sederhana akan lebih mudah diingat daripada yang berbentuk rumit. Konsep minimalis banyak digunakan untuk logo, poster, hingga kampanye, hal ini karena pada era modern ini konsep minimalis cukup populer.

Asimetri

Dalam dunia desain tidak hanya fokus untuk menciptakan keseimbangan desain, tetapi menggunakan konsep asimetri dapat menciptakan kesan tertentu yang unik. Desain asimetri ini mengatur tata letak ukuran dan bentuk elemen yang tidak simetris namun dapat menciptakan keseimbangan visual. Penataan yang tepat dapat menciptakan tampilan desain yang menarik.

Asimetri ini adalah salah satu konsep umum yang banyak digunakan untuk menciptakan tampilan estetika. Terkadang tampilan desain yang simetris dapat terlihat membosankan. Penggunaan desain dengan konsep asimetri ini banyak digunakan untuk membuat desain konten media sosial atau poster.

Tipografi Kuat

Secara umum biasanya dalam semua konsep desain membutuhkan tipografi yang kuat yang disesuaikan dengan konsep. Tipografi akan menjadi kuat dan menarik jika sesuai dengan konsepnya. Penting untuk memilih tipografi yang sesuai agar tipografi dapat mencolok dan berpadu dengan keseluruhan desain.

Beberapa konsep kadang berfokus dalam penekanan dan penataan huruf dengan kuat untuk menciptakan hirarki informasi. Khususnya pada desain poster atau materi pemasaran lainnya. Pengaturan huruf dapat menciptakan dampak visual yang kuat dan memudahkan pembaca fokus pada teks penting.

Kesesuaian dengan Merek

Konsep apapun yang digunakan dalam membuat sebuah desain harus tetap memiliki keterkaitan dengan merek. Dalam proses pemilihan konsep penting memastikan adanya penggunaan nilai atau identitas merek dalam konsep tersebut. Desain konsepnya harus tetap mencerminkan merek dengan baik.

Menggunakan elemen identitas merek pada setiap konsep yang digunakan akan membangun konsistensi merek, ini dapat memengaruhi kepercayaan pelanggan. Meskipun ingin menggunakan konsep tertentu elemen seperti gaya tipografi, warna merek, hingga logo tetap harus diterapkan secara konsisten pada desain. Elemen grafis yang sesuai dengan citra dan tujuan merek akan membangun identitas merek yang kuat.

Kreativitas

Konsep secara umum juga harus mengembangakan ide dan kreativitas untuk menciptakan desain yang unik. Desain dengan konsep yang unik akan menghasilkan kreativitas yang menarik perhatian audiens. Menciptakan kreativitas bisa dengan mengkreasikan elemen-elemen grafis kedalam bentuk unik.

Gunakan berbagai efek, atau bentuk elemen yang unik untuk merancang konsep desain yang kreatif. Berani memadukan elemen kontras dapat menciptakan tampilan estetika tersendiri. Ketika ingin menciptakan kreativitas dalam suatu konsep pastikan penggunaan elemen relevan dengan konsep yang ditentukan.

Keseimbangan dan Proporsi

Dalam merancang desain secara umum konsepnya akan memperhatikan keseimbangan dan proporsi. Untuk menciptakan keseimbangan penting untuk memperhatikan penataan tata letak elemen yang proporsional. Desain yang seimbang akan terlihat rapi dan mudah dalam memahami pesan desainnya.

Keseimbangan pada desain ini termasuk pada penggunaan warna, jenis huruf hingga tata letak elemen. Penataan elemen-elemen grafis dengan bijak dapat menciptakan keseimbangan.

Keterbacaan dan Navigasi

Secara umum dalam semua konsep desain yang digunakan, biasanya harus memastikan desain mudah dibaca. Penataan teks dan elemen dapat menciptakan alur pembacaan yang mudah. Terutama pada desain digital secara umum konsepnya harus memudahkan navigasi pengguna, dalam mengakses informasi. Desain yang intuitif akan memberikan pengalaman menyenangkan pada pengguna.

Kesinambungan Visual

Dalam suatu konsep yang utuh, elemen yang digunakan harus memiliki keterkaitan satu sama lain. Adanya kesinambungan antar elemen akan semakin memperkuat konsep yang digunakan. Elemen yang terhubung dapat menciptakan keteraturan dan aliran informasi yang menarik.

Tekstur dan Kontras

Penggunaan tekstur dan kontras pada konsep desain biasanya digunakan pada konsep yang ingin memberikan dimensi unik pada desai. Misalnya konsep alam, futuristik atau klasik. Tekstur dan kontras dapat memberikan tampilan desain yang lebih menarik dan unik. Terkadang penggunaan tekstur dan kontras ini juga digunakan untuk menciptakan penekanan pada elemen tertentu.

Konsistensi

Konsep dalam desain biasanya diterapkan secara keseluruhan pada semua aspek di seluruh proyek. Ini akan menciptakan konsistensi dan keseragaman tampilan desain, hal ini dapat berguna untuk membangun identitas yang kuat.

Inovasi

Konsep dalam desain umumnya terus dilakukan inovasi yang mempertimbangkan perubahan tren dan preferensi audiens. Merek yang terus berinovasi dalam menciptakan konsep yang unik dan berbeda akan terus mendapatkan perhatian. Ini akan menunjukkan bahwa merek bisa terus relevan dalam perubahan yang pesat.

KESIMPULAN

Setiap desain atau proyek dalam desain akan menggunakan konsep tertentu yang mana disesuaikan dengan tujuan dan pesan merek. Konsep terkadang dipilih berdasarkan preferensi dan kebutuhan audiens untuk menarik perhatian mereka. Dalam dunia desain konsep merupakan fondasi utama untuk menciptakan desain yang efektif dan menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts