Logo adalah identitas merek yang berperan dalam membangun branding merek yang profesional dan dapat dipercaya. Desain logo akan menjadi identitas visual yang memengaruhi kesan pertama audiens pada merek. Desain logo yang efektif memiliki komposisi yang seimbang dan proporsional.
Umumnya elemen-elemen yang digunakan pada desain logo kan dipilih agar bisa mencerminkan merek dengan baik. Setiap jenis logo akan memiliki susunan elemen yang berbeda. Namun secara umum desain logo biasanya terdiri dari elemen ikom, tipografi, tagline, established date, dan warna.
Pemilihan elemen desain akan menyesuaikan dengan jenis logo yang digunakan, biasanya untuk memilih logo juga disesuaikan jenis industri dan identitas merek. Beberapa jenis logo yang umum1 diantaranya dan elemen yang menyusun komposisi logo:
Logo Monogram
Desain logo jenis ini memiliki bentuk ikon logo berupa inisial nama merek, bisa menggunakan satu atau lebih sesuai panjang dari nama merek. Beberapa logo merek terkenal yang menggunakan logo inisial seperti YSL, NASA, HP DAN LG. Penggunaan ikon huruf dari nama merek ini mudah untuk dimodifikasi kedalam bentuk unik dan mencerminkan nama merek dengan baik.
Logotype
![Desain Logo Pakaian Pria](https://jasalogo.id/wp-content/uploads/2024/05/logo-pakaian-pria.jpeg)
Jika desain logo monogram menggunakan inisial atau huruf pertama dari nama merek, maka logo ini menggunakan keseluruhan nama merek. Biasanya jenis logo yang digunakan oleh merek yang memiliki satu atau dua kata sebagai nama merek. Nama merek akan menggunakan tipografi yang unik contohnya seperti logo untuk Google dan Coca-cola.
Baca juga: Desain Logo: Perbedaan Logotype dan Logomark
Logo Pictorial
Jenis logo ini hanya menggunakan gambar ikon sebagai desain logo, tidak ada tambahan nama merek atau tagline. Ikon logonya biasanya simbol-simbol, bentuk geometris hingga bentuk abstrak. Contohnya seperti logo olympic yang tersusun dari bentuk-bentuk geometris lingkarang yang saling bertautan.
Logo Karakter
Untuk desain logo memiliki tampilan logo yang unik dan berbeda dari yang lain, seringkali memikat audiens dengan bentuk karakter yang unik. Ikon logo dan jenis logo ini menggunakan ilustrasi karakter yang mendetail dan terkadang sederhana. Logo karakter terkadang diciptakan menyerupai ilustrasi pemilik atau menyerupai karakter hewan tertentu.
Logo Kombinasi
![Desain Logo Car Wash](https://jasalogo.id/wp-content/uploads/2024/05/logo-carwash-1.jpeg)
Sementara jenis logo kombinasi memiliki komposisi elemen desain yang menggabungkan gambar ikon dan teks sebagai identitas merek. Jenis logo kerap dipilih karena lebih efektif untuk menyampaikan nilai dan karakter merek. Terkadang bentuk ikon akan digabungkan dalam teks nama merek seperti logo burger king, ini menciptakan keunikan tersendiri.
Logo Emblem
Ada juga jenis logo emblem yang menggunakan elemen geometris dan frame untuk ditambahkan pada logo. Jenis logo yang menggunakan elemen geometris sebagai latar untuk nama merek atau ikon logo. Logo ini memiliki tampilan yang terlihat tradisional dan formal seringkali digunakan sebagai logo sekolah atau lembaga resmi.
Baca juga: Contoh Penggunaan Desain Logo Emblem untuk Berbagai Merek
Terkadang untuk membuat jenis logo tersebut lebih menarik, ada banyak kreasi baru yang kreatif dan unik diciptakan. Saat ini semakin banyak populer penggunaan logo yang kreatif karena menyesuaikan tren. Beberapa diantaranya:
Animated atau Motion Grafik Logo
Pada Era digital beberapa jenis logo ada yang dibuat memiliki variasi yang menggunakan efek animasi atau motion grafik. Biasanya penggunaan variasi logo ini dibuat untuk kebutuhan konten video. Animated logo akan memberikan tampilan yang unik yang bisa menarik perhatian dan menunjukkan detail logo.
Dynamic Logo
Dalam era digital ini logo akan banyak digunakan dalam berbagai platform dan media, untuk itu logo perlu divariasikan. Banyak logo era saat ini memiliki variasi warna dan efek visual untuk penggunaan yang berbeda tanpa mengubah bentuk asli ikon logo. Elemen warna atau jenis garis yang biasanya diubah untuk menciptakan varian yang unik dan menarik.
ANATOMI DESAIN LOGO
Sementara ketika membicarakan desain logo, biasanya sebuah logo tersusun dari beberapa elemen desain seperti warna, tagline, tipografi, dan ikon. Pemilhan elemen tersebut dengan memepertimbangkan nilai, pesan dan karakter yang ingin dibangun oleh merek. Berikut anatomi elemen dalam desain yang menciptakan komposisi logo yang efektif2:
Ikon Logo
Desain logo sebagai identitas visual memiliki ikon logo yang dipilih untuk menggambarkan visual dari identitas merek. Ikon dalam sebuah logo memiliki banyak variasi bentuk. Beberapa diantaranya seperti ikon gambar, inisial huruf, tulisan nama merek, dan ilustrasi karakter.
Ikon logo yang digunakan sebagai identitas merek dipilih berdasarkan jenis logo dan identitas seperti apa yang ingin dibangun merek. Umumnya untuk menarik perhatian penting memilih bentuk ikon yang unik. Terkadang untuk tampil beda ada yang menggunakan bentuk abstrak, biasanya ini akan membuat merek tampil menonjol dibandingkan yang lain.
Tipografi Nama Merek
![Komposisi Terbaik untuk Desain Logo yang Menarik](https://jasalogo.id/wp-content/uploads/2024/05/1000021814.jpg)
Untuk jenis logo kombinasi, logotype, dan logo karakter biasanya akan membutuhkan teks yang mana harus menggunakan tipografi menarik. Teks nama merek juga harus memiliki gaya huruf yang menarik dan sesuai bentuk ikon agar tampil harmonis. Gunakan gaya tipografi yang paling cocok dengan bentuk ikon dan identitas merek.
Setiap jenis font memiliki kesan dan tampilan yang berbeda, ada yang mencerminkan kesan klasik, elegan, dan modern. Pemilihan jenis font ini perlu disesuaikan dengan pesan atau karakter merek. Umumnya setiap industri akan memiliki gaya font yang berbeda pilih jenis font yang paling sesuai dengan bisnis merek.
Tagline
Terkadang beberapa jenis logo menggunakan tagline tambahan untuk membuat identitas merek semakin kuat. Tidak semua jenis merek dan jenis logo akan cocok dengan tagline. Biasanya penggunaan timeline sering ditemui dalam desain logo kombinasi emblem dan karakter.
Agar logo tetap sederhana tagline akan memiliki dua atau tiga kata saja paling banyak sehingga tidak membuat logo terlalu berlebihan. Umumnya tagline akan digunakan dengan ukuran lebih kecil dari nama perusahaan atau merek. Gunakan font sederhana yang mudah dibaca pada bagian tagline yang memiliki ukuran lebih kecil.
Baca juga: Tips Membangun Branding Melalui Tagline
Establishment Date and Location
Dalam desain logo ada juga yang menambahkan tahun di mana merek didirikan ini akan menunjukkan latar belakang historis dari suatu brand. Tidak hanya tahun terkadang disertai tanggal dan lokasi, ini akan membantu menunjukkan asal muasal dari brand tersebut. Seringkali establishment date cocok digunakan pada jenis logo emblem atau logo kombinasi.
Namun penggunaan establishment date pada jenis logo modern yang bersih biasanya dihindari karena dapat terlihat berlebihan dan kurang sederhana. Penambahan elemen seperti establishment date perlu banyak pertimbangan untuk memastikan logo fleksibel dalam berbagai penggunaan. Biasanya untuk font yang digunakan lebih kecil dari teks nama merek, terkadang ditempat kanan kiri ikon logo, atau bawah untuk menciptakan keseimbangan.
Frame atau Bingkai
Beberapa jenis logo ada yang menambahkan bingkai pada keseluruhan logo. Framingnya dapat menggunakan bentuk geometris tetapi ada juga yang mengikuti bentuk logo. Untuk jenis logo kombinasi teks dan gambar, maka bentuk framing akan mengikuti bentuk logo agar membuangkus semua elemen dengan tepat.
Terkadang frame digunakan membungkus logo hanya berupa garis outline, ada juga yang berupa ornamen tradisional. Pemilihan frame atau bingkai disesuaikan dengan nilai dan karakter merek. Bingkai ornamen akan memberikan kesan elegan dan tradisional, berbeda dengan bingkai outline akan cocok untuk logo modern.
KESIMPULAN
Ketika memilih desain logo pertimbangkan juga untuk memilih jenis desain yang paling cocok dengan industri dan pesan yang ingin dibangun oleh merek. Setiap jenis logo akan memiliki susunan elemen yang berbeda ada yang hanya menggunakan ikon, nama merek dan kombinasi keduanya. Penting memilih komposisi desain logo yang paling cocok untuk menggambarkan semua identitas merek termasuk nilai dan karakter.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Fussel, Grace. (2024, January 18). 9 Common Types of Logos (With Examples of Each). Shutterstock. https://www.shutterstock.com/blog/types-of-logos?gad_source=1&gclid=CjwKCAjw9cCyBhBzEiwAJTUWNZ6Lub-FRRZw3eiTs9-jVcsJnHy0lhtieXdPVSzw78i1FtvZN5OjoBoCDIEQAvD_BwE&gclsrc=aw.ds&kw=#abstract-logos ↩︎
- The anatomy of a logo: how the parts of a logo fit together. (2021, June 21). Vistaprint. https://www.vistaprint.com/hub/anatomy-of-a-logo#:~:text=There%20are%20a%20few%20standard,both%20the%20wordmark%20and%20tagline ↩︎