Kesalahan Desainer Pemula Saat Melamar Pekerjaan

Kesalahan Desainer Pemula Saat Melamar Pekerjaan – Mengirim sebuah CV adalah proses pertama yang harus dilewati oleh pelamar saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. 

Keberadaan CV ini penting untuk menggambarkan bagaimana diri Anda di hadapan HRD.

Jika pelamar kerja pada umumnya hanya butuh CV dan fotokopi ijazah plus nilai atau IPK tinggi agar diterima bekerja disebuah perusahaan.

Berbeda dengan melamar pekerjaan dibidang kreatif semacam desainer grafis. Tidak cukup hanya modal nilai bagus, kita juga harus menunjukkan karya.

Banyak yang masih galau karena sudah sering melamar pekerjaan di posisi desainer grafis tapi belum juga ada panggilan?

Tenang-tenang, kali ini mimin akan beri tahu kesalahan sepele pelamar desainer grafis yang bisa berakibat buruk.

So, tunggu apalagi yuk simak ulasan Jasalogo.id berikut ini. apa saja kesalahan desainer pemula saat melamar pekerjaan dan membuat mereka tidak diterima bekerja? 

Simak segara artikel berikut dibawah ini!

Baca juga [Tips Dapat Client Pertama]

Kesalahan Desainer Pemula Saat Melamar Pekerjaan

Hasil Proses Desain yang Ditampilkan Pada Portofolio Tidak Representatif

Hasil akhir desain yang keren itu bagus, tapi jika Anda tidak bisa menjelaskan bagaimana proses dari menemukan ide hingga mendapatkan solusi, itu kurang menarik.

Bisa jadi akan memperburuk nilai Anda saat wawancara. Setiap desain pasti punya proses dan cerita, jelaskan secara jelas dan tidak bertele-tele. Mereka ingin tahu bagaimana seseorang melakukan proses kreatifnya.

CV yang Terlalu Panjang

Kesalahan dalam membuat CV berikutnya yang sering dilakukan yakni terlalu panjang. CV bukanlah essay yang harus ditulis panjang. Cantumkan profil diri Anda dengan singkat, jelas, dan padat.

CV yang panjang dan terlalu berbelit-belit akan membuat recruiter malas membacanya. Jadi, idealnya CV pastikan dalam jumlah yang pas sebagaimana dikemukakan oleh Billy Boen seorang penulis buku terkenal “Young on Top” yakni:

● Fresh graduate usahakan hanya satu lembar CV saja dan maksimalnya hanya dua lembar.
● Kalau kamu berpengalaman 5-10 tahun, maka dua lembar CV sudah cukup.
● Sedangkan bagi kamu yang berpengalaman 10 tahun ke atas, biasanya cukup dengan tiga lembar saja.

Desain CV Terlalu Heboh

Selain mudah dibaca, CV yang baik adalah memiliki desain yang kreatif dan unik. Akan tetapi, masih ada saja para pelamar yang melakukan kesalahan dalam membuat CV dari segi desain.

Misalnya saja desain yang digunakan terlalu heboh. Baik itu dari segi pilihan warna terlalu mencolok, pemilihan font huruf yang berlebihan, dan sebagainya.

Kemudian, desain tersebut haruslah sesuai dengan instansi mana yang akan kamu lamar. 

Sebagai gambaran, bila Anda melamar pekerjaan di sebuah industri kreatif seperti startup, stasiun radio, hingga e-commerce buatlah CV dengan desain menarik namun tak mencolok.

Lalu, kalau Anda melamar di sebuah BUMN maupun mengikuti tes CPNS sebaiknya hindari CV dengan desain mencolok. Cukup dengan membuatnya dengan sederhana dan terkesan formal serta terlihat elegan.

Typo Dalam Menulis Surat Lamaran atau CV

Meskipun dianggap hal sepele tapi kesalahan-kesalahan kecil untuk hal yang serius, Anda akan dianggap kurang teliti alias ceroboh.

Dan ini akan dianggap kurang bagus bagi perusahaan, terutama dimasa datang saat berhadapan dengan pekerjaan dan klien. Selalu ingat untuk meneliti ulang hasil akhir pekerjaan.

Terlalu Idealis

Idealis itu tidak buruk tapi terlalu idealis itu kurang baik. Saat kamu memutuskan melamar pekerjaan, berarti kamu siap untuk bekerja dengan orang lain, baik itu klien maupun rekan kerja. Tunjukkanlah bahwa kamu bisa bekerja sama dalam tim.

Seberapapun bagusnya portfolio Anda tapi tidak bisa bekerja dengan orang lain atau tim, yah jaminan Anda diterima bekerja di perusahaan akan semakin kecil.

[Template PPT Gratis, Cek Situsnya disini]

Kesimpulan

Sekali lagi, poin-poin diatas bukan hal yang mutlak bahwa setiap perusahaan memiliki standar yang sama dalam menyeleksi calon karyawan.

Tapi jika kamu yakin dengan kemampuan sendiri dan menerapkan hal-hal di atas, diharapkan lamaran pekerjaanmu akan diterima dengan sukses.

Team desain jasalogo.id sudah paham betul mengenai psikologi warna dalam membaut desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda.

Jadi, pastikan Anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan Anda