Kelebihan Ilustrasi Dibandingkan Desain Lain

Desain ilustrasi merupakan gambaran visual dari konsep, teks yang bertujuan untuk menerangkan peristiwa atau pesan tertentu. Ilustrasi digunakan untuk memberikan tampilan visual yang lebih menarik dan efektif dalam menyampaikan pesan. Dalam dunia desain, ilustrasi memiliki banyak kelebihan dibanding desain yang lain.

Ilustrasi kerap digunakan pada berbagai media untuk memberikan visualisasi yang menarik, sejak dahulu sering digunakan pada buku, majalah, surat kabar, poster, brosur dan lain-lain. Penerapan ilustrasi pada desain memudahkan audiens dapat membayangkan sesuatu dengan lebih baik.

Pada awalnya banyak digunakan pada media cetak, namun seiring berkembangnya teknologi kemudian beralih ke kartun dan produksi video animasi. Lalu berkat kemajuan teknologi yang pesat saat ini perkembangan desain ilustrasi juga semakin pesat. Semakin banyak ilustrasi digunakan untuk memberikan informasi dengan tampilan lebih menarik misalnya desain konten sosial media, situs web hingga video edukasi.

Read More

Penggunaan ilustrasi pada jenis desain membantu untuk meningkatkan daya tarik secara visual, pesan tersampaikan dengan baik dan memberikan saya tarik emosional. Untuk mengetahui lebih banyak kelebihan ilustrasi dengan desain lain simak pembahasan berikut ini.

BEBERAPA KELEBIHAN DESAIN ILUSTRASI

Meningkatkan Daya Tarik Visual

Ilustrasi membuat desain lebih menarik secara visual karena memadukan warna dan bentuk. Penggunaan ilustrasi visual untuk konten sosial media, akan membuat desain menarik dan tidak monoton.

Orang cenderung lebih tertarik pada desain yang menggunakan ilustrasi untuk menggambar konsep atau informasi. Begitupula untuk desain informasi berupa poster dan brosur desain akan lebih menarik dan variatif tidak sekedar tulisan.

Meningkatkan Ekspresi dan Kreativitas

Desain ilustrasi juga memungkinkan desainer untuk mudah berekspresi dan mengembangkan kreativitasnya. Ilustrasi dirancang dengan menggabungkan ide dan kreativitas dengan cara yang unik.

Karakter ilustrasi biasanya diciptakan dengan berbagai gaya sesuai style desainernya. Terkadang gaya ilustrasi disesuaikan dengan ekspresi seperti apa yang ingin disampaikan dalam desain.

Menyampaikan Pesan yang Lebih Efektif

Ilustrasi juga membantu untuk Mengkomunikasikan pesan dengan lebih efektif. Audiens akan lebih mudah memahami pesan dari informasi yang disampaikan desain.

Karakter dapat membuat masyarakat mudah memahami pesan desain, biasanya juga untuk memperkuat narasi atau konsep. Contohnya pada desain yang poster kesehatan saat covid, biasanya ditambahi ilustrasi karakter agar pesan mudah dipahami bagi orang yang bahkan malas membaca.

Membangun Identitas Merek yang Kuat

Desain karakter untuk merek atau desain logo akan membantu membangun identitas merek yang kuat. Karakter biasanya diciptakan khusus sesuai dengan nilai dan pesan merek. Detail-detail dalam desain karakter membuat setiap karakter memiliki ciri khas tersendiri.

Penggunaan desain karakter juga akan membuat merek beda dengan yang lain, merek juga mudah menonjol di antara pesaing. Karakter yang kuat juga akan mudah diingat oleh audiens dan ciri khas untuk mengidentifikasi merek diluar sana.

Contohnya karakter pada merek KFC yang memiliki detail wajah yang unik atau karakter mixue yang lucu. Desain karakter tersebut cukup unik dan membekas diingatan pelanggan dan sudah menjadi ciri khas merek tersebut.

Gaya Desain Karakter Sangat Fleksibel

Desain karakter ini cukup fleksibel, desainer bisa menciptakan berbagai gaya untuk membuat desain karakter yang unik. Ada yang sederhana, lucu, serius, kamu atau rumit. Biasanya gaya dari desain karakter disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan desain atau merek.

Dapat Disesuaikan dengan Tujuan Desain

Desain karakter biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Desainnya akan disesuaikan sesuai kebutuhan misalnya untuk pendidikan desain karakter harus terlihat ramah, untuk keperluan pemasaran harus interaktif, dan untuk logo harus mewakili identitas merek.

Sementara untuk keperluan hiburan seperti animasi atau lukisan lebih bervariasi lagi. Untuk tujuan hiburan desain karakter bisa dibuat memiliki visual yang tinggi atau bahkan seram, sesuai genrenya seperti di webtoon atau series animasi.

Penggunaan yang Universal

Desain karakter bisa digunakan untuk banyak hal tanpa dibatasi oleh bahasa atau budaya. Karakternya kebanyakan dibuat untuk keperluan universal sehingga bisa dipahami oleh siapapun dan dimanapun. Desain karakter agar bisa menjangkau berbagai audiens dengan efektif.

Dapat Diterapkan di Berbagai Media

Ilustrasi juga mudah diterapkan diberbagai media, baik cetak maupun digital. Desain karakter bisa dipakai media cetak seperti buku sekolah, brosur, merchandise dan lain-lain. Sementara pada digital, biasanya dipakai pada animasi, konten visual sosial media dan video edukasi.

Kemudahan penerapan ilustrasi pada berbagai media ini membuat desain karakter banyak diminati untuk membuat konten menarik. Ini juga bisa meningkatkan kesadaran audiens pada merek. Orang-orang cenderung akan tertarik dengan penggunaan ilustrasi daripada media atau konten yang tanpa ilustrasi

Memiliki Karakter Yang Mudah Diingat

Karakter biasanya diciptakan unik dan berbeda dari yang lain, ini akan membuat karakter mudah diingat dan memorable diingatan audiens. Penting untuk membuat karakter unik yang bisa mewakili nilai merek.

Menghibur Audiens

Desain karakter selain sebagai identitas yang kuat juga bisa menghibur audiensnya, contohnya pada karakter mixue, oppo, dan vivo. Karakter tersebut berhasil menciptakan identitas yang kuat karena berhasil menghibur, selain itu bentuk karakternya juga lucu.

Dapat Menciptakan Konsistensi Visual

Desain karakter harus diterapkan pada berbagai aspek merek, mulai dari logo, desain interior, kemasan hingga konten pemasaran. Penggunaan ilustrasi pada desain untuk semua materi pemasaran dan media akan menciptakan konsisten visual.

Hal seperti ini dapat memperkuat identitas merek, selain itu jika merek biasanya dapat digunakan sebagai merchandise. Bahkan ada karakter yang lebih sukses daripada mereknya. Ini bisa menjadi nilai tambah untuk mengenalkan merek.

KESIMPULAN

Desain karakter tidak hanya membuat tampilan visual lebih menarik, tetapi juga dapat membantu menyampaikan pesan dengan mudah pada audiens. Penggunaan ilustrasi pada desain akan menambah daya tarik dan keunikan yang akan membuat desain mudah dibedakan. Karakter yang unik juga mudah diingat dan membekas dalam waktu yang lama.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dari ilustrasi atau desain karakter apakah kamu juga tertarik untuk menggunakannya pada desain merek atau konten milikmu.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo atau karakter, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts