KEKUATAN DAN KELEMAHAN BISNIS

Kekuatan dan Kelemahan Bisnis ­– Ada dua faktor internal dari suatu perusahaan. Apakah nantinya akan berkembang atau justru mengalami kemerosotan. Kali ini, sobat jasalogo.id akan dipaparkan informasi tentang kekuatan dan kelemahan bisnis, sebagai berikut!

STRENGTH ATAU KEKUATAN

Kekuatan perusahaan dalam aspek internal dapat berbentukkekuatan dari sisi finansial dan non-finansial. Berbagai bentuk kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan adalah seperti Brand atau merk.

Brand atau merk dapat menjadi kekuatan yang sangat besar bagi perusahaan. Beberapa brand atau merk dari perusahaan kini telah berharga sangat mahal jika di beli dengan uang.

Perusahaan dengan nilai termahal diantaranya adalah (dalam Miliar Dollar): Apple (170), Google (120), Coca Cola (78), Microsoft (67), IBM (65), Toyota (49), Samsung (45), GE (42), McDonalds (39), Amazon (37).

Dimana, sobat jasalogo.id perlu ketahui, dari penjelasan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa brand perusahaan merupakan asset yang sanga berharga dan menjadi kekuatan yang sangat besar untuk mendukung kinerja bisnis yang tinggi.

DEEP POCKKET COMPANY

Nah, selain itu, kekuatan perusahaan juga dapat berupa aspek finansial yang kuat (deep pocket company) yang tergambar dalam modal yang kuat. Strength yang dimiliki perusahaan tentu saja akan beragam sesuai dengan industrinya

Namun yang menjadi catatan adalah perusahaan yang memiliki strength yang tinggi akan menghasilkan kinerja bisnis yang baik.

Kekuatan perusahaan dalam industri makanan cepat saji bisa saja terdapat pada kepraktisan dan kecepatan pelayanan.

Dalam industri makanan atau minuman secara umum kekuatan perusahaan idealnya adalah dalam aspek rasa yang lezat atau unik menyegarkan seperti yang dimiliki oleh Coca Cola.

Kekuatan yang dimiliki oleh McDonalds bisa jadi adalah kebijakan yang ramah terhadap konsumen anak-anak dengan paket happy meals nya yang sangat terkenal.

Kekuatan dari brand fashion Guess adalah pada rancangan desainnya yang unik dan berjiwa muda. Kakuatan yang melekat pada mie instant indomie adalah pada rasanya yang berbeda dengan kompetitor.

Begitu banyak contoh kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan!

WEAKNESS ATAU KELEMAHAN

Aspek internal yang kedua adalah weakness atau kelemahan yang ada dalam brand atau produk perusahaan.

Beberapa konsumen mengeluhkan menu yang terbatas di KFC dan restoran cepat saji lainnya. Lokasi yang terbatas, akses yang sulit di jangkau, kurangnya fasilitas adalah beberapa kelemahan yang sering di jumpai oleh konsumen.

Kelemahan dari sisi internal perusahaan akan selalu ada walaupun perusahaan tersebut disebut sebagai perusahaan dengan produk atau jasa terbaik di dunia.

Hal ini dapat terjadi karena penilaian kelemahan internal perusahaan cenderung bersifat subjektif yang dapat berbeda antar satu dengan orang lain.

Masalah lain yang muncul, sobat jasalogo.id adalah, sifat alami dari konsumen yang sulit untuk di puaskan sehingga menimbulkan potensi kelamahan dari produk atau jasa tertentu.

Kelemahan produk atau jasa dari perusahaan dapat pula terjadi pada aspek desain, kualitas, fitur, pelayanan dan masih banyak lagi.

Sehingga, catatan penting terkait dengan strength serta weakness perusahaan adalah fakta bahwa perusahaan yang berhasil mencapi kinerja bisnis yang tinggi akan memiliki strength yang lebih banyak di bandingkan weaknessnya.

Mengapa hal tersebut terjadi, sobat? Kondisi ini terjadi karena strength yang banyak adalah modal bagi perusahaan untuk memanfaatkan lingkungan eksternal yaitu opportunity dan menutup weakness yang di miliknya dari sisi internal.

Jika kita bertanya satu hal tentang mobil supercar Ferrari misalnya, apa kelemahan dari mobil tersebut?

Pertanyaan tersebut di atas, jika di renungkan akan sulit di jawab karena orang cenderung melihat Ferrari sebagi mobil yang mendekati sempurna, tidak memiliki kelemahan apapun dari sisi desain, kualitas dan lain-lain.

KESIMPULAN

Ada dua faktor internal dari suatu perusahaan yang bisa menentukan apakah nantinya akan berkembang atau justru mengalami kemerosotan yakni kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness).

Silakan klik disini untuk pemesanan desain logo premium dan professional!