Karakteristik Umum dalam Desain Ucapan Peringatan Hari Tertentu

Dalam membangun branding yang positif pada media sosiall, penting untuk sebuah akun merek atau bisnis aktif memberikan ucapan hari peringatan tertentu. Biasanya ucapan akan dibuat dengan desain yang menarik relevan dengan merek maupun peringatan yang dirayakan. Untuk menciptakan desain ucapan peringatan hari tertentu dengan menarik perhatikan beberapa karakteristik dari desain ucapan.

Karakteristik Umum dalam Desain Ucapan Peringatan Hari Tertentu

Untuk memberikan ucapan atas peringatan hari tertentu baik nasional maupun internasional perlu dibuat dengan menarik. Perhatikan untuk menggunakan elemen identitas merek seperti warna, tipografi dan gaya desain agar menciptakan konsistensi visual. Desain konten ucapan biasanya memiliki elemen visual seperti tipografi, warna, dan gambar.

Rajin memberikan ucapan pada peringatan hari tertentu berguna untuk memastikan merek relevan dengan tren dan perubahan. Desain ucapan yang menarik dapat meningkatkan engagement akun merek, ini akan membantu membangun kehadiran online yang kuat. Simak artikel ini untuk mengetahui karakteristik desain konten ucapan yang menarik perhatian.

Read More

KARAKTERISTIK DESAIN KONTEN UCAPAN

Konten ucapan umumnya akan dirancang menyesuaikan jenis hari peringatan, untuk itu pemilihan elemen menyesuaikan jenis hari peringatannya. Berikut beberapa karakteristik desain konten ucapan untuk memperingati hari tertentu pada media sosial:

Tema yang Sesuai

Karakteristik Umum dalam Desain Ucapan Peringatan Hari Tertentu

Tema dari desain ucapan biasanya menyesuaikan dengan hari peringatan tersebut, misalnya hari natal maka tema desainnya akan memiliki ciri khas natal. Desain harus dirancang menyesuaikan dengan tema hari peringatan agar bisa memberikan gambaran yang jelas. Desainnya harus bisa menunjukkan makna dari hari peringatan tersebut.

Misalnya ucapan peringatan kemerdekaan Indonesia, penting untuk menggunakan elemen-elemen desain seperti bendera, warna merah-putih, lambang negara hingga ilustrasi pahlawan. Contoh lainnya misal ucapan hari natal menggunakan elemen warna hijau-putih-merah, elemen pohon natal dan dekorasi natal lainnya. Penggunaan elemen-elemen yang sesuai dengan ciri khas peringatan akan memberikan gambaran yang sesuai.

Warna dan Gaya yang Tepat

Desain untuk konten ucapan juga harus menggunakan warna yang tepat sesuai dengan warna yang mencerminkan hari peringatan tersebut. Beberapa hari peringatan memiliki warna khas yang ketika audiens melihatnya bisa langsung tahu. Gunakan warna yang tepat dan gaya desain yang sesuai dengan tema hari peringatan.

Untuk memberikan desain konten masih terkait dengan merek, desainnya bisa dirancang dengan warna merek sebagai warna utama dan warna tema peringatan sebagai pendukung. Hal ini berguna agar merek masih terlihat memiliki konsistensi visual dengan desain ucapan.

Misalnya untuk hari valentine bisa menggunakan warna pink yang dipadukan dengan warna identitas merek. Untuk natal berwarna hijau, putih dan biru, sementara ucapan yang terkait agama islam kebanyakan berwarna hijau.

Baca juga: Kegunaan Skala Warna RGB dan CMYK dalam Desain Grafis

Simbolisme yang Sesuai dengan Hari Peringatan

Karakteristik Umum dalam Desain Ucapan Peringatan Hari Tertentu

Gunakan gambar atau simbol-simbol sebagai hiasan desain konten ucapan yang disesuaikan dengan tema. Penggunaan simbol atau ikon tertentu akan membuat desain semakin menarik perhatian. Namun perlu untuk disesuaikan dengan tema desain, agar bisa menyampaikan pesan dengan baik.

Penggunaan simbol-simbol tertentu dapat mendukung pesan konten ucapan dan membuat konten lebih menarik. Misalnya peringatan pada hari bumi, simbol atau elemen visual yang digunakan bisa terkait bumi. Elemen seperti gambar planet bumi, air, pohon, tanah hingga hewan bisa menyimbolkan keanekaragaman bumi dan menyampaikan pesan hari peringatan dengan efektif.

Pesan yang Jelas dan Signifikan

Desain konten untuk ucapan biasanya juga menggunakan pesan yang jelas dan harus bermakna. Sehingga audiens bisa dengan mudah untuk memahami pesannya, selain itu penting memastikan ukuran huruf dan jenis font sesuai dengan tema desain. Pesan-pesan yang sering digunakan seperti “ selamat hari…” atau “Dirgahayu…” dan lain sebagainya.

Pesan yang singkat jelas dan tertuju dengan hari peringatan tertentu akan efektif. Audiens bisa dengan mudah memahami pesan yang jelas. Gunakan font sederhana yang mudah untuk dibaca, tempatkan tulisan pada bagian atas atau tengah sebelah kiri. Selain itu gunakan ukuran yang besar tapi tidak berlebihan agar bisa mudah dibaca audiens.

Baca juga: Elemen Desain untuk Menyoroti Informasi Penting

Desain yang Menarik Perhatian

Untuk bisa menarik perhatian audiens penting untuk merancang desain konten ucapan yang menarik perhatian. Penggunaan elemen-elemen visual yang menarik sangat berperan penting dalam menciptakan tampilan yang estetika. Elemen desain harus disusun dengan menarik jelas dan mudah dipahami oleh audiens.

Karakteristik Umum dalam Desain Ucapan Peringatan Hari Tertentu

Gunakan gambar ilustrasi yang menarik yang bisa mendukung pesan dari konten ucapan. Tambahkan dekorasi simbol atau ikon tertentu yang mendukung pesan agar tampilan desain semakin menarik. Penggunaan huruf-huruf besar, efek visual seperti animasi, gambar dan ilustrasi akan menarik perhatian audiens. Tambahkan elemen dekorasi seperti garis, bentuk geometri atau lainnya yang memperindah tampilan desain konten.

Kesesuaian dengan Konteks Penggunaan

Desain untuk konten ucapan, biasanya digunakan untuk berbagai media seperti cetak berupa papan reklame atau digital pada berbagai sosial media. Desain ucapan untuk konten digital biasanya butuh penyesuaian ukuran, dimana setiap jenis media sosial memiliki ukuran postingan yang berbeda. Penting biasanya untuk membuat desain ucapan dengan berbagai format dan ukuran agar mudah untuk digunakan.

Selain ukuran, desain pada media sosial juga harus lebih sederhana agar lebih mudah untuk dipahami oleh audiens. Desain yang sederhana juga bisa lebih mudah untuk dibaca dan menarik perhatian ditengah kecepatan media sosial. Sementara untuk desain kartu ucapan fisik dapat dibuat dengan lebih mendetail, agar lebih menarik.

Baca juga: Desain Konten Media Sosial yang Memiliki Daya Bagikan Tinggi

Personalisasi

Terkadang desain konten ucapan dapat dipersonalisasi jika terkait dengan individu, penerima pesan atau audiens. Desain untuk konten ucapan memperingati kelahiran tokoh tertentu seperti kartini misalnya. Ini dapat menggunakan gambar ilustrasi tokoh tersebut, adanya kutipan dari tokoh dan sesuatu hiasan dekorasi yang menjadi ciri khas tokoh.

KESIMPULAN

Desain untuk konten ucapan dapat dibuat dengan menarik agar bisa menarik perhatian audiens. Penting untuk memperhatikan beberapa karakteristik desain konten ucapan untuk memperingati hari tertentu. Agar bisa dengan mudah menjadi sarana yang efektif untuk merayakan hari-hari penting, sehingga merek bisa relevan dengan pengguna media sosial dan pasangannya.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts