Kapan Harus Menggunakan Aplikasi Photoshop untuk Desain?

Terdapat beberapa perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan untuk desain, yang mana setiap perangkat lunak memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Salah satunya adalah Photoshop, software ini kerap dimanfaatkan untuk mendesain berbagai kebutuhan. Ada beberapa kelebihan dari photoshop untuk menciptakan desain yang sesuai kebutuhan.

Kapan Harus Menggunakan Aplikasi Photoshop untuk Desain?

Fitur-fitur dalam setiap software desain bisa berbeda, sehingga bisa menjadi keunggulan dan kekurangan dalam menciptakan desain tertentu. Terkadang ada beberapa software yang lebih baik digunakan untuk mendesain jenis desain tertentu. Meskipun memiliki fitur yang hampir mirip terkadang fleksibilitas dan kemudahan dapat berbeda sehingga penting untuk memilih software yang tepat.

Photoshop ini juga memiliki beberapa keunggulan untuk mendesain seperti mengedit foto atau manipulasi gambar. Dari software lain ada beberapa alasan mengenai kapan saat yang tepat untuk mendesain menggunakan software ini. Hal ini ditentukan dari kebutuhan desainnya, karena fitur photoshop mungkin tidak akan cocok untuk mendesain jenis desain tertentu.

Read More

Artikel ini akan membahas penggunaan desain photoshop dalam dunia desain. Hal ini berguna untuk mengetahui saat yang tepat untuk menggunakan software. Selain itu juga mengetahui kebutuhan desain apa yang tidak sesuai dengan software photoshop.

Kapan menggunakan Photoshop untuk Desain?

Berikut beberapa alasan untuk menggunakan photoshop untuk kebutuhan desain tertentu agar dapat menghasilkan desain yang efektif dan menarik:

Mengedit Gambar, Warna, dan Mengoreksi

Umumnya perangkat lunak ini digunakan untuk mengedit gambar atau foto, agar terlihat lebih menarik dan bagus. Biasanya hasil jepretan akan diedit kembali menggunakan photoshop ini untuk menghasilkan visual yang lebih menarik. Fitur dalam software ini lebih banyak yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit gambar atau foto.

Kapan Harus Menggunakan Aplikasi Photoshop untuk Desain?

Mengedit gambar ini bisa melibatkan banyak hal termasuk warna, koreksi kulit, pergantian background, hingga editing menarik lainnya. Ada banyak fitur dalam perangkat lunak ini yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit gambar atau foto dengan lebih menarik dan unik.

Mengatur Komposisi dan Meretouching Foto

Perangkat lunak ini bisa dimanfaatkan untuk desainer dalam menciptakan tampilan foto dengan lebih menarik. Biasanya dalam dunia fotografi terdapat beberapa teknik dalam mengatur komposisi foto agar hasilnya menarik dan terlihat harmonis. Sebenarnya komposisi ini digunakan pada saat pertama mengambil foto, namun dengan bantuan photoshop ini memungkinkan untuk mengatur komposisi foto.

Kapan Harus Menggunakan Aplikasi Photoshop untuk Desain?

Software ini juga memungkinkan untuk meretouching foto, terkadang dalam sebuah foto terdapat beberapa tampilan yang mengganggu foto. Misalnya objek yang tidak penting, kulit manusia yang tidak sempurna atau warna foto yang kurang cerah dan lain sebagainya.

Penggunaan Efek Spesial

Memanfaatkan aplikasi photoshop ini untuk memberikan filter menarik bisa menjadi pilihan. Biasanya untuk kebutuhan gambar yang lebih menarik, perlu untuk ditambahkan efek tertentu. Ada banyak pilihan efek yang ada dalam perangkat lunak ini yang bisa dimanfaatkan mengedit gambar atau foto untuk berbagai kebutuhan. Selain efek tertentu, photoshop juga menyediakan berbagai macam filter untuk foto agar tampilan visual lebih memikat.

Mendesain Web dan Motion Grafik

Kapan Harus Menggunakan Aplikasi Photoshop untuk Desain?

Perangkat lunak ini juga kerap dimanfaatkan untuk mendesain web dan motion grafik. Mendesain motion grafik dengan photoshop akan sangat berguna untuk berbagai kebutuhan. Fitur dalam software ini memungkinkan untuk bisa digunakan dalam menciptakan berbagai kebutuhan untuk website dan motion grafik.

Mendesain Software/ Web/Mobile/UI Design

UI Desain

Selain mendesain untuk grafis web, perangkat lunak juga banyak digunakan untuk mendesain tampilan software seperti aplikasi digital atau website. Mendesain UI untuk kebutuhan digital akan mudah dengan memanfaatkan photoshop. Beberapa fitur termasuk spesial efek akan membantu menciptakan tampilan desain UI dengan menarik dan interaktif.

Baca juga: Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Beberapa Kebutuhan Desain yang Tidak Cocok Menggunakan Photoshop

Photoshop ini memang banyak dimanfaatkan untuk mengedit foto atau poster, namun ada beberapa jenis desain pula yang tidak cocok menggunakan aplikasi ini. Berikut ini beberapa desain yang kurang cocok menggunakan perangkat lunak ini:

Untuk Mendesain Logo

Software ini kurang cocok bila digunakan untuk mendesain logo, karena beberapa fiturnya kurang fleksibel dan memadai untuk kebutuhan logo. Bukan tidak bisa, hanya kurang cocok, hasilnya desainnya bisa kurang menarik karena keterbatasan dalam beberapa hal.

Fitur dalam photoshop ini kurang cocok untuk mendesain logo yang menggunakan vektor, tidak seperti coreldraw dan Illustrator yang lebih sesuai. Hindari penggunaan perangkat lunak ini jika akan mendesain logo karena kurang fleksibel.

Desain Publishing

Sementara untuk kebutuhan publishing, menggunakan photoshop juga kurang memadai dalam mengedit halaman serta layout. Desain publishing umumnya menggunakan InDesign bukan yang photoshop. Meskipun bisa digunakan editingnya akan kurang lengkap dan memadai. Hasil cetak mungkin akan berubah atau berbeda dari yang diharapkan, pastikan untuk publishing gunakan software yang cocok.

Baca juga: Desktop Publishing: Definisi, Proses dan Aspek Pentingnya

Desain untuk Ilustrasi Vektor

Sama halnya dengan logo vektor, perangkat lunak ini tidak cocok untuk kebutuhan desain yang menggunakan vektor seperti ilustrasi dan grafis lainnya. Akan sulit menggambar vektor menggunakan perangkat lunak ini, kurang fleksibel dan tidak variatif. Hindari penggunaan photoshop untuk mendesain ilustrasi untuk menghasilkan gambar yang mendetail dan lebih menarik gunakan seperti illustrator.

Desain untuk Brosur, Buku, Newsletters

Untuk mendesain poster atau banner yang tidak membutuhkan banyak tulisan photoshop masik cocok, tetapi untuk kebutuhan tulisan yang lebih banyak hindari penggunaan photoshop. Perangkat lunak ini kurang cocok untuk mendesain brosur, buku, hingga koran, untuk kebutuhan desain seperti gunakan Indesign.

Desain Teks dan Grafis Vektor

Untuk menciptakan karya seni yang menarik, penggunaan perangkat lunak ini kurang cocok untuk memberikan detail. Ketika akan mendesain teks atau huruf membutuhkan detail, untuk itu photoshop tidak cocok untuk mendesain teks atau grafis vektor yang kompleks. Gunakan software seperti Illustrator atau Coreldraw yang lebih fleksibel untuk mendesain vektor seperti huruf dan bentuk grafis.

KESIMPULAN

Photoshop adalah salah satu software yang bisa dimanfaatkan untuk mendesain banyak hal termasuk pula mengedit foto, motion grafik dan mengatur komposisi foto. Meskipun bisa dimanfaatkan untuk mendesain seperti poster, namun photoshop kurang fleksibel untuk desain vektor. Penting untuk mengetahui jenis desain apa saja yang bisa dilakukan dengan menggunakan photoshop. Hal ini agar hasil desainnya bisa menarik dan sesuai harapan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts