Jenis-jenis Parfum Berdasarkan Perbedaan Komposisinya

Parfum berguna untuk membuat manusia tetap wangi saat beraktivitas seharian. Selain sebagai wewangian parfum juga telah menjadi ikon fashion dan produk kecantikan. Parfum memiliki banyak sekali jenis-jenis berdasarkan komposisi dan aromanya.

Jenis-jenis Parfum Berdasarkan Perbedaan Komposisinya
Desain Logo Parfum Ash.

Kamu pasti ada banyak brand parfum terkenal yang sebenarnya bergerak pada bidang fashion. Di era ini parfum telah menjadi ikon penting yang bisa menunjukkan kepribadian seseorang.

Parfum sendiri adalah seni yang berhubungan dengan penciptaan aroma, menggunakan berbagai bahan yang berbeda dan takaran yang berbeda untuk menghasilkan berbagai aroma.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Jenis-jenis parfum sendiri dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan dan konsentrasi minyak atsirinya. Untuk itu simak artikel untuk memahami jenis-jenis parfum dan perbedaan antara parfum laki-laki dan perempuan.

JENIS-JENIS PARFUM BERDASARKAN KOMPONENNYA

Saat membeli parfum kamu pasti sering membaca keterangan di bawah nama merek Eau de Parfum atau Eau de Cologne. Tahukah kamu kalau ini adalah yang menunjukkan perbedaan jenis komposisi parfumnya.

  • Parfum (Extrait de Parfum)
  • Eau de Parfum (EDP)
  • Eau de toilette
  • Eau de Cologne
  • Body mist.
  • Solid parfum

Parfum (Extrait de Parfum)

Extrait de parfum yang satu ini digadangkan sebagai parfum dengan ketahanan paling lama. Parfum ini memiliki konsentrasi minyak yang tertinggi sekitar 20-40% hal ini yang membuat aroma parfumnya lebih intens dan tahan lama.

Komposisi parfum ini biasanya campuran minyak esensial, bahan pengikat dan pelarut. Zat yang digunakan dalam parfum biasanya juga lebih halus.

Eau de Parfum (EDP):

Bedanya parfum ini dengan Extrait de parfum terletak pada penggunaan alkoholnya lebih tinggi. Sedangkan untuk konsentrasi minyaknya sekitar 15-20%, konsentrasi pada parfum ini dibawah parfum yang lain.

Meskipun begitu masih cukup tahan lama saat digunakan. Untuk komposisi parfumnya terdapat esensial, air dan alkohol. Kamu pasti sering menemui parfum ini dipasaran yang juga banyak tersedia variasinya.

Eau de Toilette (EDT):

Parfum ini lebih ringan dari Eau de parfum dalam hal komposisi. Untuk konsentrasi minyaknya lebih rendah lagi yaa itu sekitar 5-15%. Eau de toilette memberikan aroma yang menyegarkan.

Biasanya disemprot atau dioleskan setelah mandi dan bertahan hingga 3-5 jam untuk memberikan aroma yang menyegarkan. Untuk komposisi parfum ini ada esensial, air dan alkohol.

Eau de Cologne (EDC):

Parfum ini juga salah satu yang memiliki kadar alkohol yang tinggi. Konsentrasi minyak pada parfum ini juga cukup rendah sekitar 2-5%.

Eau de Cologne bisa tahan 4 jam saat disemprotkan ke kulit, selain itu aroma yang dihasilkan parfum ini memberikan kesan segar dan ringan. Selain itu parfum ini juga menekankan aroma citrus yang menyegarkan serta komposisi parfum ini terdiri dari esensial, air dan alkohol.

Body Mist/Splash:

Body mist ini berbeda dengan parfum yang lain konsentrasi minyaknya sangat rendah hanya sekitar 2%, selain itu parfum satu ini aromanya ringan.

Dikarenakan konsentrasi minyak sedikit yang membuat oarfum ini ringan, body mist cocok dipakai untuk keseharian. Komposisi body mist juga terdapat air, alkohol dan minyak esensiak.

Solid Perfume:

Beda dengan yang lain parfum ini memiliki konsentrasi yang bervariasi. Solid parfum bentuknya padat atau krim yang bahan sasaran terdapat lili atau minyak gel.

Solid parfum bisa diaplikasikan ke kulit dan selain itu memberikan wewangian juga berfungsi untuk melembabkan kulit.

PERBEDAAN PARFUM LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN

Apa kamu tahu jika parfum laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan. Perbedaan ini terletak pada komposisi, aroma, desain kemasan dan brandingnya.

Berikut ini beberapa perbedaan antara parfum laki-laki dan perempuan berdasarkan:

  • Komposisi aroma
  • Desain kemasan
  • Branding dan pemasaran

Komposisi Aroma:

Laki-laki: Aroma dari parfum laki-laki biasanya aromanya lebih kuat dan memberikan kesan maskulin. Biasanya aromanya terdiri dari kayu, rempah-rempah serta citrus yang kuat.

Perempuan: Jika aroma parfum laki-laki sangat kuat sedangkan aroma parfum perempuan cenderung ringan, fresh dan bervariasi. Biasanya memberikan nuansa bunga, buah-buahan atau aroma oriental.

Desain Kemasan:

Laki-laki: kamu pasti sering memperhatikan jika desain parfum laki-laki memberikan kesan mewah dan maskulin. Sering menggunakan warna gelap untuk desainnya dengan garis yang tegas.

Perempuan: Desain parfum perempuan biasanya lebih berwarna dan di desain dengan tema feminim. Terkadang juga diberi aksen bunga atau buah untuk kesan cerah dan menyegarkan.

Branding dan Pemasaran:

Laki-laki: Untuk branding parfum laki-laki sering memberikan kesan yang menekankan pada keberanian, kekuatan dan maskulinitas yang dicapai setelah penggunaan parfum.

Perempuan: Branding parfum perempuan cenderung menekankan kesan feminim, anggun dan romantis. Sehingga dapat menciptakan daya tarik memikat orang dari pemakaian parfumnya.

Kesimpulan

Parfum memiliki banyak aroma yang terbuat dari percampuran berbagai bahan yang kemudian menghasilkan wangi yang bermacam-macam. Beda orang juga beda preferensi jenis aroma parfumnya. Terkadang ini dijadikan patokan yang bisa menunjukkan kepribadian seseorang.

Selain itu pemilihan parfum sebenarnya tidak dibatasi oleh gender, banyak pula sekarang parfum yang bisa digunakan baik laki-laki dan perempuan.

Dalam memilih parfum pilihlah aroma dan jenis parfum yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan pribadi. Perhatikan ketahanan parfum, untuk kegiatan diluar ruangan pilih parfum yang beraroma menyegarkan. Jika ingin memberikan kesan elegan kamu bisa memilih parfum yang memiliki aroma intens.

Selain konsentrasi minyak parfum juga dibedakan berdasarkan kelompok aroma seperti floral, fruity, oriental, woody dan fresh. Untuk menciptakan parfum yang tahan lama dan memiliki aroma menarik, dibutuhkan penelitian serta ahli dalam bidang ini.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis parfum apa kamu tertarik membuka bisnis parfum?

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo segera hubungi kami jasalogo.id dan tawaran promo menarik.

Related posts