Jenis-jenis Desain dan Hal Penting pada Konten Digital

Dalam era modern banyak konten yang diproduksi untuk keperluan digital. Banyak hal mulai beralih ke era digital dengan memanfaatkan teknologi termasuk pada desain. Desain grafis tidak hanya digunakan untuk media cetak namun sebagian hasilnya digunakan untuk keperluan konten digital, termasuk dalam pembuatannya pun menggunakan teknologi digital.

Penting bagi desainer untuk bisa menciptakan desain yang responsif dan berkualitas tinggi. Ketika membuat karya desain pada era digital perlu mempertimbangkan desain yang ramah untuk konten di sosial media. Konten desain untuk keperluan era digital harus mudah beradaptasi pada berbagai platform.

Dalam proses penciptaan desain konten era digital juga menggunakan teknologi dan platform digital seperti komputer, handphone dan tablet. Sementara software yang digunakan seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, atau platform online seperti canva. Untuk di handphone ibis paint dan canva sering menjadi pilihan favorit.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Memproduksi konten digital sangatlah penting untuk bersaing pada era modern dimana semua orang bergelut dengan sosial media dalam keseharian mereka. Ada banyak sekali jenis konten digital yang diproduksi di sosial media mulai dari teks, gambar, video, audio dan lainnya. Konten digital harus mempertimbangkan kemudahan akses pada semua perangkat yang ada terutama untuk desain harus tetap terlihat jelas dan mudah dibaca.

Konten desain digital sering ditemui pada sosial media, situs web, papan iklan, aplikasi seluler, hingga video streaming. Ini juga mencakup semua informasi yang disampaikan pada semua media digital. Ada jutaan karya desain yang diunggah untuk konten sosial media, penting untuk menciptakan desain yang menarik agar menonjol.

BEBERAPA JENIS DESAIN UNTUK KONTEN DIGITAL

Setiap desain untuk konten digital memiliki ciri dan keunikan tersendiri, banyak hal yang perlu diperhatikan pada setiap desain, berikut beberapa konten desain untuk kebutuhan digital:

Desain Tulisan Digital

Desain dalam bentuk tulisan lebih memfokuskan pada tipografi dan tata letak yang menarik, agar mudah dibaca oleh audiens. Jika desain grafis lainnya fokus pada menciptakan visual menarik, maka design berupa teks digital fokus untuk menyampaikan secara efektif. Termasuk pada koran digital, ebook, kampanye, artikel blog dan konten berupa teks yang diakses dari perangkat digital lainnya.

Penggunaan desain yang dominan teks harus mengutamakan keterbacaan dengan memilih gaya tulisan yang sederhana, mengatur jarak antar huruf dan jarak antar tulisan. Pemilihan warna teks dan latar belakang juga perlu diperhatikan agar tulisan terlihat jelas. Misalnya pada desain tulisan pada korang yang tertata rapi dan mudah dibaca dan terkadang diberi sorotan berbeda pada bagian judul untuk menarik perhatian pembaca.

Gambar dan Grafik Digital

Desain pada konten digital juga banyak menggunakan gambar dan grafik untuk memberikan tampilan yang menarik dan lebih interaktif. Ada beberapa bentuk gambar, ilustrasi, foto, infografis dan elemen visual lainnya yang menarik. Banyak ilustrasi dan gambar digital digunakan untuk menyampaikan informasi melalui postingan sosial media.

Ilustrasi digital dapat memvisualisasikan data dan informasi dengan lebih menarik. Penggunaan infografis juga sering digunakan menyajikan data lebih informatif dan efektif. Informasi atau pesan akan tersampaikan dengan baik ketika memanfaatkan ilustrasi dan foto pada konten digital, apalagi banyak orang yang cenderung malas membaca.

Desain Grafis untuk Cover Album Audio Digital

Konten digital tidak hanya berupa tampilan visual untuk teks dan gambar melainkan juga audio, maraknya platform streaming untuk audio dan podcast membuat banyak konten audio bermunculan. Ketika audio diunggah pada platform digital biasanya akan membutuhkan desain cover yang menarik.

Desain cover album atau podcast dapat mempengaruhi orang untuk mendengarkan, desain album musik yang menarik juga bisa menjadi identitas visual ang seniman. Penting untuk mendesain cover album dan podcast yang bisa menarik perhatian orang untuk mendengarkan audio digital. Desain cover ini biasanya juga mewakili musik atau cerita podcastnya.

Desain Cover atau Thumbnail untuk Video Digital

Sama halnya dengan desain audio digital, video untuk diakses secara digital juga penting memperhatikan desain thumbnail atau cover yang dilihat pertama kali oleh audiens sebelum mengklik video. Pada era dimana hampir semua bisnis dan orang mengunggah video konten penting untuk memilih cover yang menarik.

Desain thumbnail video yang menarik, bisa menarik perhatian untuk menonton video. Biasanya desain thumbnail akan disesuaikan dengan isi video, terkadang juga mengambil footage menarik dari video. Ada banyak konten video yang diunggah dalam platform digital seperti tutorial, vlog, konten edukasi dan lain-lain.

Konten Desain pada Aplikasi Seluler

Biasanya konten digital sebagian besar banyak diakses menggunakan aplikasi seluler, sehingga desainnya banyak disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi. Desain konten yang disesuaikan dengan ukuran dan kualitas yang mudah dilihat pada aplikasi seluler.

Konten pada era modern ini banyak diciptakan agar bisa diakses, diunggah bahkan diunduh dari perangkat seluler, semua desain konten harus memperhatikan hal ini. Banyak pula ditemui desain aplikasi untuk seluler daripada untuk tablet atau komputer, termasuk aplikasi sosial media sebagian besar didesain untuk mobile.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK KONTEN DESAIN DIGITAL

Hal utama dalam membuat konten digital adalah untuk menjangkau audiens lebih luas bahkan secara global. Konten digital juga harus memperhatikan kebutuhan dan tren. Berikut beberapa hal penting yang harus ada dalam membuat konten digital:

Konten Mengikuti Tren

Untuk membuat konten digital yang menarik penting untuk mengikuti tren desain yang sedang populer. Ini bisa meningkatkan eksposur dan kemungkinan untuk viral, tren desain yang populer biasanya dapat memberikan banyak keuntungan.

Jika ingin konten digital yang diunggah pada sosial media bisa menarik perhatian buatlah postingan yang menggunakan elemen-elemen desain yang viral atau yang banyak digunakan pada era modern. Tren desain postingan konten sosial media era modern ini cenderung bertema futuristik dengan warna cerah, metalik dan teks bubble atau elemen 3D.

Konten Universal

Desain untuk konten pada era ini penting untuk menciptakan desain yang bisa menjangkau audiens luas hingga global. Untuk konten digital harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan tren universal agar bisa menjangkau audiens global. Penting untuk memahami tren desain konten secara global.

Penggunaan Bahasa Universal

Desain konten yang bisa menjangkau banyak orang adalah dengan menggunakan bahasa internasional pada konten. Konten digital saat ini mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun, menggunakan subtitle pada video atau bahasa inggris pada desain gambar akan membantu desain menjangkau lebih banyak orang.

Konten yang Responsif

Desain untuk konten digital haruslah responsif ini sangat penting karena semua orang di era ini menggunakan berbagai perangkat untuk mengakses konten. Penting memastikan desain konten tersedia dalam berbagai ukuran agar mudah diakses dari berbagai ukuran perangkat.

KESIMPULAN

Dalam membuat desain konten digital penting memperhatikan fleksibilitas dan kemudahan desain dapat digunakan dari berbagai perangkat. Konten digital diakses dari berbagai perangkat dan platform, desain konten perlu disesuaikan pada setiap ukuran platform yang berbeda. Ada banyak sekali jenis konten digital yang membutuhkan desain grafis untuk menarik perhatian.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts