JENIS DESAINER GRAFIS, TERNYATA BANYAK

Jenis Desainer Grafis, Ternyata Banyak – Kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis desain grafis. Berbicara tentang desain grafis, tentu kita sudah tidak asing lagi mendengar kata ini. 

Ya, desain grafis adalah proses ilustrasi, fotografi dan cetak untuk tujuan memberikan informasi atau perintah. 

Desain grafis dikenal dengan nama lain yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV). Disebut sebagai Desain Komunikasi Visual, karena peran desain grafis dalam menyampaikan pesan kepada audiens sangat kental.

Saat ini, desain grafis sering dikategorikan sebagai commercial art. Karena, desain grafis merupakan panduan antara seni rupa dengan komunikasi dan digunakan untuk tujuan bisnis.

Komunikasi untuk tujuan bisnis saat ini atau biasa disapa dengan industri desain grafis sangat berkembang pesat. 

Hal ini dikarenakan, kita sudah memasuki era digital. Dimana, semua hal yang kita lakukan berpusat kepada teknologi. Oleh sebab itu, segala hal dalam bahasa kita, termasuk perekonomian sudah terpusat pada dunia teknologi.

JENIS DESAINER GRAFIS, TERNYATA BANYAK

DRAFTER

Berikut ini adalah jenis-jenis dari desain grafis oleh jasalogo.id!

DRAFTER

Drafter ialah orang yang bekerja membuat gambar, kasarnya  ialah si tukang gambar. Drafter membuat atau menyiapkan gambar-gambar kerja teknik. Sehingga, gambar tersebut dapat dengan jelas dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Drafter biasanya dibutuhkan dalam bidang pekerjaan manufaktur, mulai dari produksi mainan anak-anak, mesin-mesin industri, bangunan sipil, hingga pesawat terbang.

EDITOR

EDITOR

Editor adalah orang yang mengedit naskah tulisan atau karangan yang akan diterbitkan dalam majalah, surat kabar, atau sebagainya. 

Sebenarnya, editor memiliki makna yang lebih luas daripada sekedar berkutat dengan tulisan dan tanda baca. Selain buku dan media cetak, banyak bidang lain yang juga memerlukan peran editor. 

Misalnya adalah media elektronik berupa video atau film. Editor diperlukan untuk menata video agar lebih layak untuk ditonton. Sebutan lainnya yaitu video editor. Seperti diketahui, dalam industri musik-pun, tangan editor sangat diperlukan. 

Editor dalam hal musik bisasa disebut dengan music editor atau sound editor. Tujuannya tentu agar kualitas suara yang dihasilkan lebih layak untuk diperdengarkan ke khalayak umum.

ART DIRECTOR

ART DIRECTOR

Art Director adalah pengarah estetika atau lebih spesifiknya bertugas mengarahkan tim yang bekerja di bawahnya, seperti grafik designer ilustrator, fotografer, fashion stylist dan lainnya.

Dalam lingkup periklanan maupun commersial performance, art director bertugas membuat konsep atau ide.

Tugas art director meliputi bidang kreatif, termasuk iklan, pemasaran, penerbitan film, dan televisi, hingga video game dan bertanggung jawab untuk gaya visual serta gambar di majalah, koran, kemasan produk dan semua media komunikasi.

Profesi ini harus menciptakan desain keseluruhan dari karya seni atau layout dan harus memiliki pengetahuan teknik produksi, termasuk pengawasan, pencetakan dan produksi lainnya.

Selain itu, art director harus menyajikan atau menyampaikan pesan dari klien kepada pelanggan dan masyarakat umum. 

Tugas ini membutuhkan profesionalisme yang tinggi. Mereka juga harus memahami bagaimana cara menarik people response dan cara terbaik menyampaikan pesan untuk menciptakan brand awareness.

LAYOUTER

LAYOUTER

Layouter atau yang biasa disebut dengan manajemen bentuk dan bidang ini, merupakan jenis dan bidang desainer yang berhubungan dengan bidang yang membentuk susunan artistik yang rapi. Misalnya layouter koran.

Ia harus mampu membuat sebuah layout koran agar bisa menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi interaktif serta komunikasi. Sehingga, tercipta estetika yang bisa menarik perhatian pembacanya. 

Seorang layouter, biasanya ahli dalam software seperti in design, dan lain sebagainya.

FOTOGRAFER

FOTOGRAFER

Designer khusus yang selain melakukan pengeditan foto, juga merangkap sebagai fotografer.

Mereka harus memiliki talenta fotografer serta mampu mengedit foto sesuai event atau keahlian yang membutuhkan intelegensi tinggi, kreativitas tinggi dan harus menguasai Adobe Photoshop hingga foto studio. 

Demikian ulasan tentang jenis-jenis desain grafis yang telah tim jasalogo.id sampaikan.