Ilustrasi Digital: Teknik Menggambar dalam Dunia Desain Digital

Dalam dunia desain, ilustrasi digital menghasilkan karya gambar dengan menggunakan alat dan perangkat berbasis digital. Ada beberapa teknik menggambar dalam ilustrasi digital seperti vektor, piksel, ilustrasi 3D dan digital painting. Masing-masing memiliki perbedaan dalam proses pembuatannya, hasil dari ilustrasi digital banyak digunakan untuk berbagai kepentingan manusia.

Ilustrasi digital menghasilkan karya gambar yang menarik dan memiliki keindahan visual. Pada era modern ini ilustrasi digital memiliki peran penting untuk memberikan gambaran visual yang menarik dalam berbagai aspek. Mulai dari gambar komik, iklan, logo, hingga ilustrasi aplikasi atau game.

Untuk keperluan promosi ilustrasi digital dibutuhkan untuk memberikan daya tarik visual yang menarik. Tampilan visual sangat penting untuk menarik perhatian di tengah kecepatan sosial media dan banyaknya pesaing.

Read More

Artikel ini akan membahas tentang perbedaan seni vektor dan seni piksel beserta kelebihan dan kekurangannya dalam dunia desain grafis dan ilustrasi digital.

SENI VEKTOR

Teknik ilustrasi satu ini termasuk paling banyak digunakan karena sederhana dan mudah dipelajari. Dalam pembuatannya gambar vektor menggunakan sejumlah garis atau kurva untuk membentuk gambar ilustrasi sesuai yang mereka inginkan. Biasanya desainer membuat gambar vektor menggunakan software seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator

Menggambar dengan teknik vektor ini sering digunakan untuk membuat desain logo, ikon dan bentuk geometris lainnya. Seni vektor akan cocok dengan proyek yang membutuhkan desain berbagai ukuran tanpa kehilangan kualitas.

Kelebihan:

Desain vektor cukup stabil dan fleksibel, meskipun ukurannya diubah tetapi kualitasnya masih sama, hal ini karena grafis vektor terdiri dari bentuk geometris. Selain itu gambar vektor juga cukup presisi di semua arah, grafis vektor juga menciptakan ilustrasi dengan gradasi warna yang halus.

Vektor sering digunakan untuk membuat desain logo , ikon merek dan ilustrasi yang membutuhkan kejelasan garis dan bentuk seperti ilustrasi wajah. Biasanya desain logo harus presisi, dan rapi, maka menggunakan teknik vektor akan sangat cocok dalam membuat desain logo.

Kekurangan:

Salah satu kekurangan dari penggunaan vektor untuk desain adalah suit untuk membuat detail tekstur yang kompleks. Ini seperti dalam membuat bayangan dan gradien tekstur yang halus. Untuk membuat gambar vektor yang sederhana mungkin lebih mudah, namun untuk membuat seni vektor yang lebih kompleks dalam detail garis dan bentuk butuh keterampilan khusus.

SENI PIKSEL

Jika dilihat dari segi hasil, teknik ilustrasi ini sedikit mirip dengan vektor, teknik piksel menggunakan elemen piksel sebagai elemen dasar untuk menggambar. Gambar piksel tercipta dari sejumlah titik-titik piksel yang secara teratur membentuk grid dan menghasilkan gambar yang indah. Ilustrasi ini sering disebut pixel art.

Beberapa software yang digunakan untuk menggambar software seperti pixilart, pyxel edit dan lain-lain. Software tersebut juga memungkinkan untuk desainer menciptakan animasi dengan berbagai pilihan warna. Ilustrasi digital yang biasanya dibuat dengan teknik piksel, seperti karakter game, desain web, dan seni digital yang berfokus pada detail dan tekstur.

Kelebihan:

Seni pixel juga memiliki beberapa kelebihan seperti cocok jika digunakan untuk mendesain gambar yang butuh detail tinggi dan tekstur yang komplek seperti ilustrasi karakter game dan ilustrasi animasi. Penggunaan piksel dalam mendesain akan memudahkan dalam proses pembuatannya. Teknik piksel juga memudahkan dalam pengeditan dan manipulasi gambar dengan kualitas yang tinggi.

Kekurangan:

Berbeda dengan vektor yang kualitasnya cukup stabil, ukuran piksel tidak tetap terkadang membuat gambar menjadi tidak jelas dan kualitas gambar menurun jika diperbesar. Gambar piksel biasanya tidak ideal untuk membuat gambar geometris sederhana tidak seperti vektor. teknik piksel tidak akan cocok jika dipakai untuk membuat desain logo atau ikon merek.

DIGITAL PAINTING

Selain seni vektor dan piksel dalam menghasilkan ilustrasi digital, juga ada digital painting. Digital painting sebenarnya sama saja dengan lukisan di kanvas atau kertas hanya alat dan perangkat yang digunakan berbeda. Teknik digital painting merupakan perpindahan lukisan manual ke komputer dalam bentuk digital.

Pembuatannya akan dimulai dalam membuat outline dan berlanjut ke grayscale, kemudian painting, coloring dan tahapan finishing. Semua dilakukan dengan bantuan perangkat digital seperti laptop atau komputer. Software yang digunakan untuk membuat digital painting seperti Corel Painter, Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop.

Kelebihan:

Salah satu kelebihan dari teknik digital painting adalah masalah waktu, dalam membuat karya digital painting tidak memakan banyak waktu seperti cara manual. Selain itu jika ada kesalahan bisa segera diperbaiki, tanpa takut merusak gambar. Kelebihan lain dari digital painting adalah harganya yang tak jauh berbeda dari lukisan atau gambar manual.

Kekurangan:

Lukisan digital painting memiliki permukaan halus berbeda dengan lukisan manual yang permukaan bertekstur. Untuk Lukisan dari digital painting butuh dicetak dengan kualitas yang bagus agar kualitas gambar tidak menurun.

ILUSTRASI 3D

Berbeda dengan ketiga ilustrasi digital lainnya, sesuai namanya ilustrasi ini berbentuk tiga dimensi yaitu memiliki tinggi, panjang dan lebar. Ragam ilustrasi ini trennya berawal pada tahun 2020 yatu 3D illustration. Visual dari hasil karya ini adalah mirip gaya cartoonist yang memiliki tampilan lembut dan nyaman untuk dilihat.

Gaya ilustrasi 3D kerap digunakan ada situs web untuk memberikan tampilan menarik seperti social media assets, digital interface, dan lainnya. Ada beberapa perangkat lunak yang sering digunakan desainer untuk membuat ilustrasi 3D, seperti Blender 3D, Adobe Illustrator, Vectary, hingga Adobe Premiere Pro,

KESIMPULAN

Ilustrasi digital memiliki peran penting dalam era modern ini dimana semua orang mengakses internet. Penggunaan berbagai jenis ilustrasi digital akan memberikan tampilan menarik yang dan berbeda setiap tekniknya. Untuk memilih tknik ilustrasi digital desainer harus mempertimbangakn beberapa hal seperti kegunaan, detail gambar, tingkat skalabilitas dan lain-lain. Memilih teknik menggambar ilustrasi digital yang tepat akan menghasilkan gambar terbaik.

Bagi kamu yang membutuhkan jasa desain logo, Hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo yang menarik.

Related posts