Ide Bisnis ala Mahasiswa: Bisnis Murah dan Hanya Modal Sedikit

0
(0)

Bisnis adalah salah satu pilihan banyak orang untuk menghasilkan uang dengan cepat walaupun banyak resiko. Jika kamu butuh ide bisnis yang mura kamu mungkin bisa meniru ide bisnis ala mahasiswa.

Biasanya mereka membuat usaha kecil-kecilan untuk mencari tambahan kebutuhan seharian. Namun siapa sangka terkadang bisnis banyak yang sukses hingga diteruskan saat lulus kuliah.

Awalnya ide bisnis hanya seputaran yang ada di sekitar mereka, mereka memanfaatkan kebutuhan teman-temannya kemudian mereka jadikan kadang bisnis. Karena mereka masih sekolah modalnya pun tidak begitu besar dan biasanya mengandalkan sistem pre-order.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Nah bagi kamu yang ingin mencoba berbisnis namun hanya punya modal sedikit tanpa pengalaman, coba tiru beberapa ide bisnis ala mahasiswa ini.

IDE-IDE BISNIS ALA MAHASISWA

  • Jualan makanan: rice box, mini cake, jajanan ringan, minuman
  • Jasa penyuntingan teks
  • Les privat
  • Jasa desain gambar portrait, poster dan brosur
  • Jualan barang handmade: buket bunga wisuda, gantungan tas, gelang, makrame
  • Jasa fotografi wisuda
  • Jualan pakaian: tas totebag, jilbab, dan baju
  • Jualan pulsa
  • Penerjemah bahasa dan teks
  • Jasa pembuatan web

Jualan Makanan: rice box, mini cake, jajanan ringan, minuman

Makanan adalah kebutuhan utama manusia dalam keseharian, ide bisnis makanan bisa dijadikan pilihan karena mudah dan tidak selalu butuh modal yang besar. Mahasiswa biasanya menjual makanan baik berat maupun ringan kepada teman mereka yang tidak sempat sarapan.

Biasanya makanan yang dijual mahasiswa seperti rice box, mini cake, jajanan ringan dan minuman kemasan. Rice box porsinya sedikit dan diberi lauk yang variatif seperti ayam suwir, ayam geprek, ayam katsu. Makanan kerap menjadi pilihan bagi orang yang porsi makannya tidak besar.

Banyak juga yang berjualan mini cake di styrofoam atau box kertas, ini menjadi pilihan untuk memberikan kado ulang tahun atau sidang. Biasanya mahasiswa juga menerima request gambar cake.

Ide-ide bisnis makanan ala mahasiswa ini tidak membutuhkan banyak modal, mereka biasanya hanya membuat makanan saat ada pesanan saja. Belum mereka biasanya menggunakan kemasan ramah lingkungan untuk rice boxnya dari kertas. Kamu bisa menjadikan ini sebagai ide usaha makanan.

Jasa penyuntingan teks

Salah satu keahlian yang sepertinya wajib dimiliki mahasiswa adalah menyunting teks, agar memudahkan mereka dalam mengerjakan tugas. Namun terkadang tidak semua mahasiswa pandai melakukannya karena memang tidak mudah dan beberapa ketentuan khusus.

Jika kamu pandai dalam hal penyuntingan kamu bisa menawarkan jasa penyuntingan teks. Kamu bisa menawarkan jasa penyuntingan untuk skripsi, jurnal, naskah dan lainnya. Kamu hanya cukup memahami aturan penyuntingan sesuai dengan bahasa yang digunakan.

Les privat atau bimbingan les

Banyak mahasiswa mengajar les privat untuk menambah penghasilan. Tidak perlu setiap mengajar sehingga tidak mengganggu kuliah namun gajinya pun lumayan. Biasanya mahasiswa mengajar tidak jauh dari kampusnya.

Kamu bisa menawarkan jasa les pada TK, SD atau SMP sesuai dengan kemampuan. Kamu bisa mengajar semua pelajaran untuk anak SD atau pelajaran tertentu untuk anak SMP. Bisa juga bergabung dengan lembaga yang menyediakan bimbingan les seperti primagama.

Jasa desain: gambar potret diri, poster dan brosur

Biasanya mahasiswa jurusan seni dan desain atau yang memang sudah pandai membuat desain akan menawarkan jasa desain. Mereka akan menawarkan jasa desain gambar potret diri, poster, brosur atau desain apapun.

Dilingkup biasanya banyak dari mereka yang juga butuh jasa desain baik untuk tugas kuliah atau bisnis mahasiswa. Jika kamu ahli dalam dunia desain kamu bisa membuka usaha desain seperti portrait diri, poster dan brosur.

Jualan barang handmade: buket bunga wisuda, gantungan tas, gelang, makrame

Mahasiswa sering punya waktu luang jika sedang tidak ada tugas dan kegiatan. Mereka manfaatkan ini untuk menambah penghasilan dengan berbisnis handmade. Barang handmade bisa dikerjakan kapan dan dimana saja termasuk kos dan kampus. Kelebihan bisnis ini adalah modalnya sedikit dan hanya butuh mengasah kreativitas mahasiswa.

Saat musim wisuda banyak mahasiswa akan menawarkan jasa pembuatan buket bunga atau kado wisuda lainnya. Beberapa dari mereka juga membuat gelang makrame untuk dijual. Banyak mahasiswa yang suka hal-hal kreatif seperti ini.

Jika kamu orang kreatif, kamu bisa mencoba bisnis handmade seperti mahasiswa ini. Modalnya tidak besar dan bisa dibuat dirumah atau kos.

Jasa fotografi wisuda

Saat musim wisuda di kampus, banyak orang yang mencari jasa fotografer untuk mengabadikan momen mereka. Hal ini dimanfaatkan mahasiswa yang berbakat dalam bidang fotografi, mereka menawarkan jasa foto wisuda untuk mahasiswa lainnya.

Jasa ini hanya membutuhkan kamera dan keahlian fotografi. Bagi yang suka fotografi ini bisa dijadikan ide bisnis tanpa modal.

Jualan pakaian: tas totebag, jilbab, dan baju

Jualan pakaian dan tas akan selalu laku di lingkungan kampus karena biasanya banyak mahasiswa cukup mempedulikan outfit ngampus mereka.

Kamu bisa menjual tote bag dengan berbagai desain unik, bisa juga bekerja dengan orang yang pandai desain untuk mendesainnya. Untuk jualan baju kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper, kamu hanya perlu membeli produk jika sudah ada yang pesan.

Penerjemah bahasa dan teks

Bagi mahasiswa jurusan bahasa seperti Mandarin, Inggris Jepang, jerman, atau Korea. Biasanya sering menawarkan jasa penerjemah baik lisan maupun tulisan. Kamu juga menawarkan jasa penerjemah seperti mereka jika menguasai banyak bahasa.

Jasa pembuatan web

Biasanya jasa pembuatan web ini ditawarkan oleh mahasiswa jurusan teknik informatikainformatika dan sejenisnya. Mereka menawarkan jasa membuat web untuk keperluan bisnis, penelitian, pkm maupun tugas kuliah dan skripsi.

Kamu bisa menawarkan jasa ini bagi mereka yang membutuhkan untuk membuat website bisnis dan lainnya. karena membuat website tidaklah mudah, tawarkan jasa ini jika kamu punya keahlian di sini.

Bisnis yang dilakukan mahasiswa kebanyakan bisnis tanpa modal yang berupa jasa, atau yang dengan modal kecil dengan bahan disekitar mereka. Kebanyakan mahasiswa belum berpenghasilan. Jika kamu ingin mulai bisnis dan tidak punya modal ide bisnis yang biasa dilakukan mahasiswa bisa kamu jadikan ide.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami jasalogo.id dan tawaran promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts