Hal Penting yang Perlu Diperhatikan pada Desain Cetak

Desain untuk kebutuhan cetak biasanya untuk desain disusun secara digital. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada desain yang dibuat untuk keperluan cetak. Hal ini karena desain digital dan versi cetak bisa menghasilkan kualitas yang berbeda.

Meski dalam dunia digital banyak sebagian besar desain dibuat untuk kebutuhan digital, tetapi desain masih banyak dibutuhkan. Masih banyak kebutuhan untuk cetak misalnya poster, banner, pamflet, buku, hingga majalah.

Desain yang dicetak ini digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari promosi bisnis hingga kebutuhan pendidikan. Hasil dari desain cetak harus sama dengan desain digital. Secara kualitas dan tampilan visual agar pesan tersampaikan dengan jelas.

Read More

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang desainer atau yang mencetak desainnya. Mulai dari menjaga resolusi desain hingga menggunakan alat cetak berkualitas tinggi. Beberapa aspek penting dalam desain sebelum dicetak akan dibahas lebih lanjut pada artikel ini.

Beberapa Hal Penting Dalam Desain Cetak

Dalam merancang dan menyusun desain cetak, penting untuk memperhatikan beberapa hal penting. Agar hasil cetaknya sama berkualitasnya dengan versi digital. Berikut beberapa hal penting dalam desain cetak:

Resolusi Gambar

Salah satu hal penting yang memengaruhi hasil desain cetak adalah resolusi gambarnya. Jika desain digital memiliki resolusi gambar tinggi ini akan menghasilkan gambar cetak yang berkualitas tinggi. Gambar bisa buram jika kualitas digital tak begitu tinggi.

Kualitas hasil cetak juga dipengaruhi oleh ukuran media cetaknya. Terkadang ukuran media cetak yang terlalu besar seperti banner dapat membuat desain terlihat buram. Untuk itu resolusi gambar harus tinggi untuk menjaga kualitas desain cetak.

Desain cetak kualitas nya juga dipengaruhi oleh alat cetak yang digunakan dan bahan medianya. Meski resolusi sudah bagus jika medianya tidak cocok dan alat cetak tidak begitu bagus, hasil cetak desainnya bisa mengecewakan.

Format File

Biasanya desain yang dibuat secara digital akan disimpan dalam format sesuai kebutuhannya sebelum dicetak. Ini untuk menjaga kualitas desain tidak berubah-ubah ketika dicetak. Format yang sering digunakan seperti PDF atau format versi seperti AI atau EPS.

Format ini juga akan memudahkan dalam proses pengiriman hasil desain pada tukang cetak. Terkadang juga menggunakan format JPG dengan resolusi yang tinggi. Pastikan format desain sudah disatukan dan tidak bisa berubah meski dibuka pada perangkat versi berbeda.

Pewarnaan untuk Desain Cetak

Penggunaan warna dapat memengaruhi kualitas hasil desain termasuk kejelasan desain. Pastikan skema warna diterapkan pada desain tampil konsisten pada versi digital dan versi cetaknya. Biasanya untuk desain yang dicetak menggunakan warna CMYK agar kualitas desainnya sama dengan digital.

Warna yang digunakan pada disesuaikan dengan akurasi yang maksimal. Ini berguna agar hasil desain sesuai dengan tampilan digital.

Area Bleed (Pewarnaan Melebihi Batas)

Terkadang dalam desain cetak ada desain yang akan dipotong dengan rapi pada tepinya. Nah untuk menghindari ada garis putih pada teli cetakan pastikan desain memiliki area tambahan.

Area tambahan ini disebut bleed, yang mana pewarnaan melebih batas potongan. Ini akan membantu desain terlihat rapi meski nantinya meski dipotong. Sehingga desain tidak menyisakan bagian putih yang bisa mengganggu tampilan desain.

Ukuran dan Orientasi

Pastikan format ukuran desain sudah disesuaikan untuk kebutuhan. Ini akan memudahkan proses pencetakan. Ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran yang biasa digunakan secara umum seperti A4, A3, F5 atau lainnya. Termasuk persegi, atau menyesuaikan format seperti 16:9.

Ukuran format media cetak biasanya disesuaikan keinginan dan bisa di custom ukurannya. Semakin besar ukurannya maka kualitas desainnya harus tinggi. Pastikan ukuran hasil cetakan sudah sesuai yang diharapkan.

Hal ini karena terkadang desain akan dipasang pada media ukuran tertentu, seperti papan iklan. Sehingga jika ukuran tidak sesuai kebutuhan, desain cetak akan tampak aneh jika dipasang.

Uji Coba Hasil Desain Cetak

Jika desain untuk dicetak dalam kebutuhan banyak seperti buku atau majalah, lakukan pencetakan uni coba dulu. Cek terlebih dahulu apakah hasilnya sudah sesuai harapan. Termasuk pada warna dan tingkat keterbacaan desain yang sudah dicetak.

Jika hasilnya masih belum sesuai harapan bisa dilakukan revisi pada desain, alat cetak atau resolusi gambarnya. Melakukan cetakan uji coba ini membantu mengetahui apakah desain sudah efektif dan bagus apa belum. Peninjauan kesalahan ini memungkinkan desain memiliki kualitas tinggi.

Kualitas Media Cetak dan Alat Cetak

Selain desain yang beresolusi tinggi, penting juga memastikan kualitas media cetaknya. Mulai dari kualitas tinta, kerta, atau material cetak lainnya termasuk mesin cetaknya. Hal-hal ini dapat memengaruhi hasil desain cetaknya.

Pastikan tinta, kertas dan mesin cetak yang digunakan berkualitas tinggi sesuai kebutuhan cetakan. Ini karena terkadang kualitas gambar desain yang tinggi saja tidak cukup. Untuk menghasilkan gambar cetak yang bagus harus memperhatikan keduanya.

Pengaturan Margins dan Tepi

Penting juga pada desain seperti buku atau majalah untuk mengatur penataan teks dan margins agar desain tidak terpotong. Atur batas-batas dalam desain dengan baik. Pastikan elemen penting seperti teks, gambar, dan elemen lainnya disusun sesuai kebutuhan.

Terkadang desain cetak akan dipotong saat proses pencetakan, maka pastikan desain rapi sehingga tidak perlu ada yang terpotong. Sisakan jarak antara elemen desain dengan batas potongan, agar tidak ada yang terpotong karena akan memengaruhi pesan atau tampilan.

Konsultasi dengan Pencetak Profesional

Untuk memastikan hasil desainnya sesuai dengan yang diharapkan dan berkualitas tinggi. Konsultasikan desain pada pencetak profesional. biasanya mereka lebih paham dan dapat memberikan saran tentang desain agar hasilnya bagus.

Pengalaman mencetak memungkinkan pencetak profesional mengetahui tips agar desain cetak hasilnya sama dengan versi digital. Tempat printing profesional juga biasanya menggunakan mesin cetak, tinta dan media cetak yang berkualitas. Sehingga desainmu akan berkualitas.

Pemeriksaan Akhir

Sebelum mencetak dalam jumlah besar pastikan semua desain sudah benar mulai teks, gambar atau susunannya. Pastikan tidak ada kesalahan agar tidak menyebabkan kerugian jika ada kesalahan cetak pada desainnya.

KESIMPULAN

Hasil dari desain cetak sangat dipengaruhi oleh versi digitalnya. Mulai dari resolusi gambar, pemilihan warna, hingga pengaturan tata letak elemen desain yang tidak melebihi batas potong. Hasil cetak juga dipengaruhi oleh kualitas tinta, media cetak dan kualitas mesin cetaknya. Untuk itu penting memperhatikan hal penting tersebut untuk menghasilkan desain cetak yang berkualitas tinggi.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts