Ketika memilih produk, konsumen biasanya akan melihat desain kemasannya pertama kali, untuk itu kemasan harus dibuat dengan menarik dan mencerminkan produk dengan baik. Untuk membuat kemasan yang menarik secara visual penting memilih gaya desain yang paling sesuai dengan produk. Desain kemasan tidak hanya untuk menarik perhatian tetapi juga bagian dari branding merek.
Pernahkah kamu memerhatikan jika setiap industri akan memiliki gaya desain kemasan yang berbeda. Desain untuk produk makanan dan untuk produk kosmetik akan berbeda, hal ini karena desain kemasan harus mengikuti jenis produk. Gaya desain kemasan yang tidak sesuai dengan jenis produk dan industrinya terkadang bisa membuat konsumen bingung.
Konsumen atau audiens bisa salah paham dengan produk, misalnya jika produk mainan memiliki desain kemasan seperti makanan, ini bisa membingungkan. Sebelum memilih gaya desain kemasan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut ini:
Sesuaikan Gaya Desain Kemasan dengan Jenis Produk
Umumnya untuk produk makanan seperti snack akan memiliki desain yang kompleks dan penuh warna. Nama produk akan dibuat besar dan tebal agar mudah terbaca, seringkali diberi outline yang tebal agar mudah mencolok. Untuk warnanya sering menggunakan kombinasi palet warna yang beragam dan menyesuaikan isi produk.
Beberapa desain kemasan makanan menggunakan menggunakan warna yang menyesuaikan varian rasa. Desain kemasan untuk makanan juga menyesuaikan dengan identitas merek agar mudah dikenali. Elemen seperti logo, tipografi dan warna juga harus menyesuaikan dengan identitas merek.
Pesan yang Ingin Disampaikan
Desain kemasan juga digunakan untuk menyampaikan pesan merek dan produk pada audiens. Pastikan gaya desain yang dipilih bisa menyampaikan pesan dengan baik, biasanya ini terkait manfaat produk, informasi legal dan tabel gizi. Pemilihan elemen dalam desain kemasan harus dipertimbangkan dengan baik termasuk warna, tipografi dan layoutnya sehingga tampil menarik dan efektif.
Pilih Gaya Visual Menarik Perhatian
Ketika memilih gaya visual untuk desain kemasan, pastikan gaya desain akan membuat kemasan memikat konsumen. Gaya desain yang kurang menarik akan tidak efektif untuk memasarkan produk. Namun gaya visual yang mencolok bukan berarti yang menggunakan warna mencolok atau ilustrasi yang unik.
Terkadang desain sederhana pun bisa menarik perhatian, jika diciptakan dengan baik. Gaya visual yang menarik, biasanya jika bisa mencerminkan produk dengan baik, beda dari yang lain dan unik. Ada beberapa gaya visual yang umum seperti desain minimalis, klasik, hingga modern.
Perhatikan Penggunaan Produk
Ketika merancang desain kemasan perhatikan pula penggunaan produk, dan cara penyimpanannya. Jika produk bukanlah digunakan sekali pakai, maka kemasan juga harus dibuat untuk memiliki desain yang tahan lama. Jika produk tipe yang akan dipajang desain visual kemasan sangatlah penting agar terlihat estetis.
Desain kemasan harus mengikuti pula bentuk produk atau packagingnya, sehingga label kemasan tetap terbaca dengan jelas. Kemasan juga perlu dibuat agar bisa memberikan kenyamanan dalam penggunaan dan penyimpanan agar disukai audiens.
Sesuaikan Preferensi Konsumen dan Tren
Terkadang kemasan yang bisa menarik perhatian adalah kemasan yang menyesuaikan dengan preferensi konsumen. Pemilik merek terkadang melakukan uji coba desain kemasan dan melihat tanggapan audiens. Jika kurang cocok mereka akan melihat saran konsumen, dan mengubah desainnya agar sesuai yang merek harapkan.
Untuk mengetahui preferensi dan minat konsumen lakukan riset dan pengamatan dalam media sosial dan pasar. Amati pula tren desain kemasan atau desain secara umum, gunakan elemen atau gaya visual yang sedang tren untuk digunakan dalam desain kemasan. Biasanya desain kemasan akan terlihat menarik bagi konsumen karena mengikuti tren dan sesuai preferensi mereka. Misalnya seperti pada era modern ini banyak orang lebih suka desain kemasan yang elegan dan sederhana.
BEBERAPA GAYA DESAIN BERDASARKAN JENIS PRODUK ATAU INDUSTRI
Ketika kamu perhatikan berbagai desain kemasan untuk berbagai produk yang berbeda akan memiliki gaya desain yang berbeda. Setiap jenis produk atau bisnis tertentu terkadang memiliki beberapa gaya visual yang khas. Berikut beberapa gaya visual kemasan yang dikategorikan berdasarkan jenis produk:
Gaya Minimalis dan Sederhana

Pada gaya desain yang minimalis ini semakin populer pada era modern ini karena sesuai dengan preferensi dan minat orang-orang saat ini. Orang modern cenderung lebih menyukai hal-hal yang sederhana dan minimalis karena praktis termasuk pada desain kemasan. Tampilan desain kemasan yang minimalis akan terlihat elegan, dan dapat dipercaya daripada desain yang kompleks.
Beberapa ciri-ciri dari gaya desain ini adalah penggunaan tipografi bersih seperti sans serif, warna minimal, dekorasi yang sedikit. Terkadang warna kemasan hanya menggunakan satu warna cerah dan satu warna netral, tidak seperti desain kemasan lain yang memiliki palet warna banyak. Beberapa jenis produk yang menggunakan gaya desain ini seperti:
- Desain Kemasan Skincare: Kemasan ini memiliki gaya minimalis, elegan dan sederhana. Beberapa desain kemasan untuk merek skincare dan make up memiliki tampilan feminim. Seringkali kemasan skincare menggunakan palet warna pastel untuk memberikan kesan feminim dan elegan.
- Kemasan Kosmetik: Kebanyakan produk kecantikan seperti kosmetik juga menggunakan desain minimalis. Tampilan desain akan difokuskan dengan satu atau dua warna sederhana yang tidak mencolok. Biasanya desain akan berfokus agar informasi nama produk dan manfaat serta bahan mudah terbaca.
Gaya Segar atau Fresh

Gaya visual kemasan juga ada yang dibuat untuk menciptakan kesan yang segar dan fresh. Beberapa merek untuk minuman, skincare, body care hingga parfum memiliki desain yang tampak menyegarkan. Ini bertujuan agar desain kemasan bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produk.
Desain kemasan yang memiliki kesan menyegarkan biasanya akan menggunakan tema alam. Penggunaan elemen warna hijau, biru atau oranye akan tampak menyegarkan, untuk tipografi sering menggunakan gaya tipografi ramah atau playful. Dekorasi berupa gambar atau ilustrasi alam seperti bunga, rumput dan pohon akan semakin memberikan kesan menyegarkan pada desain kemasan.
Gaya Klasik
Beberapa desain kemasan juga ada yang bergaya klasik, biasanya ini digunakan untuk produk yang sudah ada sejak jaman dahulu. Gaya visual kemasan bertema klasik akan memberikan nuansa autentik yang menarik. Biasanya gaya desain ini sering ditemui pada desain kemasan makanan tradisional.
Desain kemasan bergaya klasik ini akan memiliki elemen desain seperti ornamen klasik, bingkai klasik, font serif atau script, dan warna klasik seperti coklat atau krem. Tampilan kemasan akan menciptakan kesan produk yang terpercaya dan sudah ada sejak lama. Selain makanan, gaya desain kemasan ini juga cocok untuk produk seperti parfum atau body care.
Gaya Mewah

Ada juga beberapa desain kemasan yang dibuat untuk terlihat mewah agar produk terkesan berkualitas tinggi atau premium. Desain kemasan yang mewah membuat produk terlihat mahal dan eksklusif. Desain bergaya mewah ini bisa digunakan untuk semua jenis produk termasuk makanan, minuman, dan merek kecantikan.
Tampilan mewah pada kemasan biasanya diciptakan dengan menggunakan warna hitam, biru gelap, dan terkadang dikombinasikan dengan warna emas dan silver. Penggunaan font sans serif modern juga akan cocok pada desain kemasan bertema mewah.
Gaya Modern

Pada era modern ini tentu saja, desain kemasan ada yang menggunakan gaya modern yang artistik dan berkesan modern. Biasanya desain modern akan memiliki tampilan bersih, kaku dan penggunaan warna netral. Kemasan dengan desain bergaya modern ini seringkali digunakan untuk produk seperti kosmetik, kemasan mainan dan packaging untuk produk elektronik.
Gaya modern akan memiliki tampilan minimalis, warna dan gradien dan efek-efek visual menarik lainnya. Untuk tipografi sering menggunakan sans serif yang tebal dan kaku, terkadang juga menggunakan warna neon yang mencolok dengan latar gelap.
KESIMPULAN
Gaya visual yang digunakan pada desain kemasan umumnya akan memerhatikan beberapa hal seperti kesesuaian jenis produk dan tren desain. Kemasan memiliki peran penting untuk menarik perhatian audiens, untuk desainnya harus dibuat memikat. Beberapa gaya desain kemasan tersebut dibuat berdasarkan jenis produk dan bisnis, agar mencerminkan produk dengan baik pada konsumen.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.