Gambar Stok: Sumber Berkualitas untuk Desain dan Konten

Dalam era digital ini teknologi memudahkan desainer dalam menciptakan desain. Berkat teknologi desainer memperjualbelikan karya seperti gambar stok untuk bisa digunakan orang lain dalam menciptakan desain. Terdapat berbagai sumber di internet untuk mendapatkan gambar stok yang menarik.

Gambar stok sendiri merupakan aset visual berupa gambar yang tersedia pada platform online untuk diunduh dan digunakan. Ini bisa digunakan oleh individu atau bisnis untuk berbagai keperluan kreatif. Untuk mengenal lebih dalam mengenai gambar stok, artikel ini akan membahas definisi, cara penggunaan hingga tempat gambar stok tersedia.

Apa Itu Gambar Stok?

Dalam dunia desain gambar stok bisa dimanfaatkan untuk lebih mudah mengkreasikan desain. Gambar stok biasanya berisi kumpulan foto, ilustrasi, ikon, vektor dan video. Gambar tersebut dapat diakses oleh pengguna internet untuk berbagai kebutuhan proyek desain, pemasaran, presentasi dan konten visual lainnya.

Read More

Biasanya gambar stok ini dihasilkan oleh desainer, editor, Seniman dan fotografer yang diunggah oleh mereka pada platform yang menyediakan gambar stok. Pembuat gambar stok dapat memeroleh keuntungan jika ada yang membeli gambar untuk kebutuhan desain mereka.

Cara Penggunaan Gambar Stok

Untuk menggunakan gambar stok untuk berbagai kebutuhan desain terdapat beberapa cara yang perlu diketahui. Berikut beberapa caranya:

Pilih Platform yang Menyediakan Gambar Stok

Untuk menggunakan gambar stok ambil dari sumber terpercaya pada platform yang menyediakan gambar stok. Beberapa gambar dan platform mungkin berbayar, maka dari itu penting memilih sesuai kemampuan dan kebutuhan. Ada beberapa platform yang menyediakan gambar stok seperti shutterstock, adobe stock, freepik dan lainnya.

Untuk menggunakan gambar dari platform tersebut pastikan untuk mengecek lisensinya. Ada beberapa gambar yang membayar lisensi dan ada yang gratis. Dalam platform tersebut tersedia banyak sekali pilihan gambar stok, mulai dari ikon, ilustrasi, font dan lain-lain.

Jelajahi dan Cari yang Sesuai Kebutuhan

Dalam platform tersebut ada banyak sekali jenis gambar stok yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan desain. Biasanya tersedia beberapa kategori gambar dan formatnya. Untuk menemukan gambar vs tok yang dibutuhkan gunakan fitur pencari dengan mengetikkan kata kunci yang tepat.

Meskipun tersedia ribuan gambar, jika berhasil mengetahui kata kunci yang tepat. Maka akan mudah menemukan gambar sesuai dengan gambar dan tema yang dibutuhkan.

Pilih dan Unduh Gambar yang Cocok

Setelah menemukan gambar stok yang sesuai dibutuhkan unduh gambarnya. Perlu diingat jika gambar gratis bisa langsung diunduh. Namun jika gambar premium atau berlisensi perlu untuk membayar lisensi untuk menggunakan desainnya. Penting untuk memerhatikan resolusi dan kualitas gambar stok, agar gambar nanti tetap jelas ketika diterapkan pada desain.

Periksa Lisensi

Penting ketika mencari gambar stok untuk digunakan pada desain, cek lisensi. Tidak semua gambar di internet bebas digunakan. Pastikan untuk membayar jika membutuhkan gambar yang berlisensi. Jangan mengunduh gambar sembarangan, ini bisa menyebabkan masalah hak cipta.

Terapkan Gambar Stok ke Desain

Setelah memastikan untuk membayar lisensi atau mengunduh gambar stok yang gratis, terapkan pada desain. Jika gambar stok berkualitas bagus, maka kejelasan desain akan tetap aman. Gambar stok banyak digunakan untuk mendekorasi berbagai konten agar lebih interaktif. Termasuk konten pada situs web, blog, presentasi hingga konten media sosial.

Baca juga: Aspek Penting yang Mempengaruhi Desain Ilustrasi

Dimana Bisa Mendapatkan Gambar Stok?

Terdapat beberapa platform online yang menyediakan koleksi gambar stok yang beragam dan berkualitas. Tetapi juga ada yang gratis dan tidak, berikut beberapa platformnya:

Shutterstock: Platform ini menyediakan berbagai gambar, vektor dan video yang bisa digunakan oleh orang untuk mendesain atau kebutuhan konten visual. Namun dalam platform ini semua gambar stok tidak gratis, jika ingin mengunduh gambarnya perlu untuk membayar lisensi terlebih dahulu. Meskipun cukup banyak pilihan gambarnya karena tidak ada yang gratis, namun platform ini masih dapat digunakan untuk mencari inspirasi desain.

Gambar Stok: Sumber Berkualitas untuk Desain dan Konten

Adobe Stock: Untuk platform satu ini terintegrasi dengan produk adobe lainnya seperti Adobe Creative Cloud. Penggunaan gambar stok dari platform ini akan memudahkan jika menciptakan desain dari Adobe Illustrator atau Photoshop. Namun gambar pada platform ini tidak gratis.

Gambar Stok: Sumber Berkualitas untuk Desain dan Konten

Unsplash: Platform ini juga menyediakan beragam gambar stok gratis dengan berbagai kategori gambar. Pengguna bisa mengakses dan mengunduh gambar dengan gratis tanpa biaya. Gambar dalam platform ini pun memiliki kualitas yang tinggi.

Pexels: Platform ini juga menawarkan berbagai gambar stok gratis dan berkualitas tinggi untuk bisa diunduh dan digunakan. Gambar stok dari platform ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pribadi dan komersial.

Freepik: Platform ini juga cukup terkenal untuk mencari inspirasi desain dan mendownload berbagai kebutuhan gambar stok. Dalam platform ini terdapat beberapa gambar stok yang gratis dan ada yang berbayar. Tidak hanya gambar atau video, platform ini juga menyediakan template untuk mockup. Meskipun gratis dalam sehari ada limit gambar yang bisa didownload.

Gambar Stok: Sumber Berkualitas untuk Desain dan Konten

Tips Penggunaan Gambar Stok

Untuk menggunakan gambar stok pada desain, perhatikan beberapa tips ini:

Membayar Lisensi

Perlu diingat ketika akan menggunakan gambar stok bahwa ada yang lisensi untuk digunakan pribadi ada yang bisa digunakan untuk kebutuhan komersial. Ketika akan mengunduh gambar cek terlebih dahulu keterangan lisensi dari gambar. Jangan lupa membayar royalti sebelum menggunakan gambar yang berlisensi tidak gratis.

Pilih Gambar Sesuai dengan Tema Desain

Ketika ingin menggunakan gambar stok dari platform yang menyediakan gambar ston, pastikan untuk mengunduh sesuai kebutuhan. Pastikan gambar yang digunakan sesuai dengan tema dan konsep desain. Hal ini agar desainnya menciptakan konsistensi visual yang menarik perhatian.

Modifikasi Gambar Stok

Ketika menggunakan gambar stom dari platform tertentu, usahakan untuk memodifikasinya untuk menciptakan kesan desain yang baru. Hal ini dilakukan agar desain tidak berkesan monoton, meskipun sudah membayar lisensi memodifikasi akan menciptakan keunikan. Gambar stok tidak harus langsung diterapkan, jadikan inspirasi dan modifikasi kedalam bentuk yang unik sesuai kebutuhan proyek.

Baca juga: Jenis Kreativitas Desain Ilustrasi untuk Beragam Kebutuhan

KESIMPULAN

Gambar stok dalam dunia desain juga diciptakan oleh seniman dan desainer yang bisa diakses secara gratis maupun dengan membayar royalti. Penting untuk menghargai seniman dengan membayar royalti ketika ingin menggunakan gambar stok. Selain itu gambar stok juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan referensi dalam membuat bentuk desain yang baru. Gunakan berbagai platform terpercaya untuk mencari gambar stok dan pastikan pula untuk lisensinya sebelum diterapkan pada proyek.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.