Eksplorasi Desain Line Art dan Contohnya

Dalam dunia desain ada banyak sekali jenis desain dan teknik dalam menciptakan desainnya. Setiap jenis desain memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, yang semakin banyak menciptakan kreativitas. Desain line art salah satu jenis dalam desain yang menggunakan garis sebagai dasar membuat karya.

Desain ini menawarkan keindahan yang sederhana yang terbentuk dari garis-garis elegan. Garis sendiri adalah elemen penting dalam dunia desain. Garis dibuat untuk sebagai dasaran utama sebelum menciptakan gambar yang lebih kompleks.

Selain sebagai dasar utama dalam menggambar, line art sendiri memiliki hasil desainnya sendiri yang memiliki banyak macam. Line art menggabungkan garis-garis untuk membentuk sesuatu yang memiliki daya tarik estetika. Biasanya desain yang terbuat dari garis-garis ini memiliki daya tarik yang universal.

Read More

Untuk mengenal seni dari garis-garis ini, simak pembahasan artikel ini tentang esensi dari desain line art, keunggulan, serta contoh inspiratif desainnya.

MENGAPA DESAIN LINE ART MENARIK?

Alasan desain line art ini kerap menjadi pilihan karena memiliki nilai keindahan dalam desain yang sederhana. Kesederhanaan yang dihasilkan tidak menjadikan line art tidak memiliki nilai estetika.

Dengan menggunakan garis-garis saja dapat menciptakan desain yang indah. Dapat membuat objek dan konsep tanpa terganggu dengan warna. Desain ini juga kerap menjadi favorit untuk menciptakan desain yang sederhana dan bernilai estetika.

KEUNGGULAN DESAIN LINE ART

Desain yang sederhana ini memiliki keunggulan tersendiri, sehingga menciptakan keunikan yang tidak dimiliki desain lain. Berikut ini beberapa keunggulan desain line art:

Kejelasan Konsep

Desain line art memiliki konsep yang jelas, karena menyederhanakan elemen-elemen visual menggunakan garis-garis saja. Ini membantu audiens lebih mudah memahami konsep yang jelas.

Penggunaan bentuk yang jelas serta garis-garis bersih membantu menciptakan desain yang mudah dipahami. Selain itu ini dapat meningkatkan kejelasan pesan desain.

Kemudahan Adaptasi

Desainnya yang sederhana membuat line art mudah diadaptasi ke berbagai media dengan berbagai ukuran. Desain line art akan tetap sama tidak kehilangan bentuk dan identitas meskipun diterapkan pada berbagai media.

Ini menjadikan desain yang terbuat dari garis ini ideal untuk berbagai keperluan, mulai dari logo, ilustrasi hingga tato. Dari garis sederhana hingga garis-garis yang rumit, desain yang dibuat dari garis ini banyak digunakan meskipun hanya menggunakan garis-garis.

Kemampuan untuk Fokus

Desain ini memudahkan untuk menciptakan fokus pada bentuk dan detail. Ini dipengaruhi akan keterbatasan warna yang dapat digunakan. Ini akan memungkinkan audiens lebih mudah memahami desain dan dapat fokus pada detailnya.

Sentuhan Elegan

Desain line art yang tercipta dari garis-garis bersih memberikan menciptakan desain sederhana yang elegan. Dari garis-garis halus yang sederhana dapat menciptakan sentuhan estetika dan elegan pada desain.

Tidak heran desain ini populer dalam proyek desain minimalis dan modern pada era digital. Contohnya pada desain logo.

CONTOH DESAIN LINE ART

Desain line art banyak digunakan untuk menciptakan desain sederhana dan elegan pada era modern ini, dengan fokus menggunakan garis-garis bersih untuk menciptakan desain yang menarik.

Ilustrasi Berbasis Garis

Line art sering digunakan dalam membuat desain ilustrasi-ilustrasi dengan memanfaatkan garis-garis untuk membentuk karakter, objek, maupun tokoh. Biasanya ilustrasi line art sering digunakan dalam seni visual, buku anak-anak dan ilustrasi editorial koran atau majalah.

Ilustrasi yang dibuat dari line art juga banyak ditemui untuk membuat komik tanpa warna, meskipun tanpa warna line art bisa menciptakan karakter yang ekspresif. Line art juga digunakan untuk menggambar ilustrasi portrait. Meskipun hasil dari desain line art sederhana dan tanpa warna tetapi memiliki nilai estetika tersendiri seperti mencerminkan kesederhanaan dan elegan.

Logo dan Identitas Merek

Garis-garis juga sering digunakan untuk membuat desain logo dan identitas merek yang sederhana dan minimalis. Penggunaan garis-garis untuk menciptakan desain logo akan menghasilkan logo yang unik dan sederhana.

Membuat ikon logo dengan memanfaatkan garis-garis akan memudahkan logo diingat oleh audiens. Contohnya pada logo nike, ikon swoosh yang diciptakan dari garis-garis membentuk identitas yang kuat dan memudahkan untuk diingat.

Tato atau Seni Tubuh

Desain yang terbuat dari garis-garis juga kerap digunakan untuk membuat tato atau seni tubuh. Desain tato biasanya terbentuk dari garis-garis dan tanpa warna. Tato biasanya berupa garis-garis yang kemudian dibentuk berbagai bentuk, simbol dan ikon.

Line art yang dihasilkan dibuat untuk tato biasanya ada yang rumit dan ada yang sederhana, bergantung jenis gambarnya. Biasanya setiap gambar dan simbol tato memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi.

Desain Peta

Seni yang terbuat dari garis-garis ini juga digunakan untuk menggambar desain peta, ini untuk menunjukkan batas wilayah, luas wilayah, rute dan simbol-simbol lainnya. Penggunaan line art pada peta akan membantu memberikan informasi yang jelas terkait rute dan batas wilayah dalam peta. Line art pada peta dibuat sederhana tanpa menggunakan elemen tambahan agar tidak membingungkan.

Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi dibuat untuk menggunakan garis-garis sederhana untuk menciptakan seni tulisan yang menarik. Garis-garis akan dibentuk dan dikreasikan agar bisa menciptakan huruf yang unik untuk menciptakan kaligrafi yang indah.

Komik dan Kartun

Desain line art juga digunakan untuk membuat komik dan kartun yang ekspresif dan menghibur. Termasuk untuk menciptakan desain komik yang sederhana dan minimalis. Dari garis-garis yang dibentuk objek, karakter hingga elemen lain, akan menciptakan visual dari alur cerita yang menarik

Hiasan dan Ornamen

Desain seni garis ini digunakan pula untuk membuat desain hiasan atau ornamen pada berbagai produk, mulai dari kemasan, produk, wallpaper dinding hingga hiasan lainnya. Hiasan yang terbuat dari line art akan menciptakan kesan sederhana dan minimalis namun juga elegan.

KESIMPULAN

Desain line art mungkin tampak sederhana karena hanya terbuat dari garis-garis, namun jika dapat mengkreasikan dan mengeksplorasi garis-garis kedalam bentuk unik. Bukan tidak mungkin untuk menghasilkan desain yang memiliki nilai estetika lebih. Dengan memahami keunggulan dari desain ini serta mengetahui contoh-contohnya, akan memberikan kesempatan untuk dapat menghasilkan desain line art yang unik.

Bagi kamu yang membutuhkan jasa desain logo, Hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo yang menarik.

Related posts