Desain Poster: Karakteristik Poster Sesuai Kegunaan

Dalam dunia desain grafis, desain yang digunakan untuk menyampaikan informasi baik acara, promosi atau sekedar kampanye. Desain poster sendiri memiliki dampak yang cukup besar dalam penyampaian informasi dan mempromosikan acara. Ada banyak sekali kegunaan desain poster dalam era ini baik untuk informasi digital dan cetak.

Seni visual ini melibatkan penataan berbagai elemen desain mulai dari warna, teks, tipografi dan grafis tertentu. Biasanya poster membawa informasi penting untuk diketahui banyak orang, maka desainnya harus efektif dan sesuai tujuannya.

Desain poster seringkali digunakan untuk mempromosikan suatu acara, gagasan produk dan layanan. Setiap poster dengan kebutuhan berbeda akan memiliki karakteristik desain yang berbeda. Terdapat gaya desain dan elemen berbeda yang digunakan pada desain poster.

Read More

Desainnya harus memiliki keterkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan, agar desainnya mencerminkan pesan dengan baik. Pesan atau informasi dalam desain pun dapat tersampaikan dengan baik. Untuk mengetahui biasanya desain poster ini digunakan untuk apa saja perhatikan artikel ini dengan baik.

BEBERAPA KARAKTERISTIK DESAIN POSTER SESUAI KEGUNAAN

Desain poster banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan pada berbagai media dan perangkat. Ukurannya pun bermacam-macam sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa kegunaan desain poster yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari:

Promosi Acara

Desain poster termasuk paling banyak digunakan untuk mempromosikan acara-acara. Dalam poster acara biasanya terdapat informasi berupa nama acara, tanggal, acara, tempat, tema terkadang juga diberi deskripsi acara. Desain pada poster acara harus berisi informasi lengkap dan utuh.

Selain itu penting memperhatikan keterbacaan informasi dan kejelasan penulisan tanggal. Jangan sampai ada kesalahan informasi ini bisa membuat orang kebingungan. Biasanya juga tema desain disesuaikan dengan tema acara yang dipromosikan.

Seringkali digunakan untuk promosi acara seperti konser, pameran seni, festival dan pertemuan atau diskusi tertentu. Poster yang menarik dan menyampaikan pesan acara dapat meningkatkan antusiasme para peserta acara.

Pemasaran Produk atau Layanan

Poster yang digunakan untuk kebutuhan pemasaran produk biasanya menonjolkan keunggulan produk atau layanan. Desainnya memfokuskan pada informasi tentang produk yang sedang diinformasikan. Biasanya elemen yang digunakan bisa menunjukkan informasi jelas dan mudah dipahami.

Untuk memasarkan produk merek, pada posternya tidak perlu terlalu penuh dengan berbagai elemen. Cukup gunakan identitas merek seperti logo, nama produk dan fotonya, seperti poin yang menjelaskan kelebihan produk secara singkat.

Biasanya disusun serapi dan semenarik mungkin, agar memudahkan untuk dipahami. Desain poster pemasaran ditempatkan tempat strategis dan mudah dilihat dari jarak kejauhan. Untuk sosial media disesuaikan dengan ukuran platformnya.

Edukasi dan Kesadaran

Untuk poster yang bertujuan untuk mengedukasi audiens desainnya akan berfokus menyajikan informasi sesuai tujuan. Fokuskan pada penggunaan kalimat singkat yang jelas. Gunakan ilustrasi, gambar dan infografik untuk menambah daya tarik visual.

Biasanya desain poster juga digunakan untuk mengedukasi dan memberikan kesadaran terhadap isu sosial seperti kesehatan, lingkungan dan kampanye sosial lainnya. Ini dilakukan oleh rumah sakit, sekolah, kampus atau lembaga pemerintah.

Untuk bisa menarik perhatian biasanya memanfaatkan elemen visual yang bisa meningkatkan daya tarik seperti animasi dan ilustrasi. Orang cenderung tidak tertarik membaca kampanye bila penuh tulisan.

Dekorasi Ruang

Poster tidak hanya untuk keperluan komersial tetapi juga untuk kegunaan pribadi untuk dipajang dirumah. Desain poster untuk dekorasi ini biasanya berupa karya seni yang mengandung gambar dan tulisan yang menyentuh.

Posternya mungkin akan mirip dengan edukasi dan kampanye, dan biasanya dipasang ditempat umum seperti lorong-lorong kelas, ruang kantor dan rumah. Desain poster yang ini menekankan tampilan visual karena digunakan untuk hiasan sekali membawa pesan menyentuh. Biasanya berupa poster seni yang memiliki sentuhan estetika.

Acara Budaya atau Olahraga

Berbeda dengan poster acara festival musik atau seni yang memiliki sentuhan kreatif dan estetika. Biasanya poster untuk acara olahraga akan memberikan kesan sportif dan semangat. Acara olahraga terkadang berlangsung selama beberapa waktu dan butuh perencanaan desain yang matang.

Terkadang juga menggunakan maskot sebagai identitas dari acara olahraga tersebut seperti pada piala dunia, asia dan lainnya. Desain poster yang memberikan informasi terkait semua acara yang diupdate setiap harinya harus selalu sama. Poster untuk acara olahraga besar harus konsisten pada warna, tipografi, dan elemen visual lainnya.

Pameran dan Presentasi

Biasanya pada poster untuk acara pameran, terdapat poster yang memberikan informasi terkait acara. Poster pameran seni juga terkadang memberitahukan denah acara agar audiens lebih mudah menikmati acara.

Desain poster untuk pameran memfokuskan pada informasi acara, penjelasan acara hingga denah acara. Poster pameran ini digunakan pada pameran dagang atau pameran seni. Jika digunakan pada pameran seni desainnya akan dibuat sekreatif mungkin sementara pameran bisnis desain poster akan terkesan profesional dan modern.

Peringatan atau Hari Spesial

Poster juga digunakan untuk menuliskan ucapan untuk memperingati hari-hari spesial. Untuk desain poster untuk hari-hari spesial ini desainnya akan menyesuaikan dengan tema perayaan tersebut tetapi masih menggunakan elemen-elemen visual dari merek. Biasanya untuk memperingati hari bersejarah, nasional, atau hari keagamaan seperti hari kemerdekaan, hari perempuan, atau hari raya natal.

KESIMPULAN

Desain poster ini memiliki banyak jenis dan kegunaannya, setiap kebutuhan desain memiliki karakteristik yang berbeda. Poster cukup poster untuk diaplikasikan dalam berbagai konteks dan kebutuhan, fleksibel dalam menyesuaikan konsep. Salah satu kunci dalam membuat poster yang efektif adalah penggunaan elemen visual yang menarik, keterbacaan, dan pesan yang tersusun rapi. Dengan memperhatikan berbagai karakteristik poster sesuai tujuannya akan mudah menciptakan alat promosi yang kuat, menyampaikan informasi dengan efektif, dan membangun kesadaran dalam merek atau kampanye tertentu.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts