Desain Grafis Yang Populer dalam Industri Kreatif

Desain grafis banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam industri kreatif. Ada banyak jenis desain yang digunakan dalam era digital. Beberapa desain grafis populer untuk menarik perhatian pada berbagai konteks penggunaan.

Dalam era digital desain grafis digunakan untuk berbagai kebutuhan untuk menarik perhatian audiens. Mulai dari kebutuhan untuk mendesain identitas merek hingga kebutuhan desain materi pemasaran. Hasil karya desain grafis dimanfaatkan utamanya dalam bentuk digital dimana banyak orang menghabiskan waktu di media sosial.

Terdapat beberapa karya desain grafis yang populer yang digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam industri kreatif. Berbagai gaya desain yang unik terus diciptakan untuk menarik perhatian dengan tampilan visual.

Read More

Berikut beberapa gaya desain grafis yang populer digunakan dalam industri kreatif pada era digital:

Motion grafik

Desain Grafis Yang Populer dalam Industri Kreatif

Desain grafis ini merupakan bentuk desain yang bisa bergerak, meskipun tidak sekompleks gerakan animasi. Tetapi gerakan elemen atau objek dalam motion grafik dapat menarik perhatian dan interaktif. Motion grafik dapat berupa gambar, teks, dan grafis sederhana yang memiliki gerakan dinamis.

Perancangan motion grafik perlu disesuaikan kebutuhan agar bisa menyampaikan pesan dengan efektif. Biasanya motion grafik banyak digunakan untuk kebutuhan iklan, presentasi dan konten media sosial. Gambar motion grafik yang interaktif memudahkan untuk menarik perhatian audiens, sehingga pada era digital ini penggunaannya cukup populer.

Motion grafik juga bisa digunakan untuk desain logo, ini akan membuat desain logo lebih interaktif. Desain ini juga banyak digunakan sebagai opening dari suatu video dari suatu konten sosial media. Konten yang menggunakan motion grafik cenderung lebih menarik perhatian.

Desain untuk kebutuhan Multimedia

Desain grafis juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan multimedia. Biasanya desain grafis akan dimanfaatkan untuk kebutuhan animasi, gambar, hingga video. Pemanfaatan desain grafis yang digabung dengan gambar atau video akan bermanfaat untuk berbagai kebutuhan. Desain grafis untuk kebutuhan multimedia banyak dimanfaatkan untuk tampilan perangkat keras seperti komputer atau handphone.

Tampilan didalam komputer atau handphone juga didesain menggunakan desain grafis yang menarik. Hal ini mempertimbangkan kenyamanan pengguna dan cara pengguna menggunakannya. Elemen dalam desain multimedia terkait dengan tampilan ikon, antarmuka pengguna hingga perintah suara dan layar sentuh.

Desain Logo/Identitas

logo pendidikan
Jasa Logo Pendidikan untuk Segiat

Desain grafis juga digunakan untuk merancang desain identitas merek suatu perusahaan atau merek tertentu. Dalam merancang desain logo penting untuk memerhatikan penggunaan elemen desain yang efektif membangun merek yang kuat. Membangun merek yang kuat bisa dimulai dari pembuatan logo yang mencerminkan merek dengan baik.

Desain logo umumnya dirancang dengan memanfaatkan elemen desain yang bisa mewakili merek dengan baik. Penting memilih elemen warna, bentuk, simbol hingga tipografi yang disesuaikan dengan nilai dan tujuan merek. Desain logo juga dirancang dengan bentuk sederhana namun ikonik agar mudah diingat dan dikenali oleh audiens.

Logo yang didesain dengan memanfaatkan elemen grafis harus bisa responsif dengan berbagai ukuran dan penggunaannya. Desainnya juga harus mencerminkan nilai, tujuan dan pesan merek dalam bentuk grafis yang unik.

Desain Iklan

Untuk kebutuhan iklan desain grafis dirancang dengan berbagai bentuk yang menarik sesuai kebutuhan iklan akan dipasang. Iklan bisa diterapkan untuk kebutuhan digital pada media sosial dan situs website. Sementara untuk kebutuhan iklan fisik, desain akan dirancang akan menghasilkan desain cetak yang tetap jelas dan efektif.

Desain untuk kebutuhan iklan dan pemasaran terdapat beberapa bentuk mulai dari brosur, banner, video hingga konten media sosial. Untuk kebutuhan fisik desain grafis iklan harus dirancang agar responsif dengan media cetaknya. Penting memastikan desain memiliki resolusi tinggi sehingga ketika dicetak pada ukuran yang besar pun tetap terlihat jelas.

Untuk iklan digital ada banyak bentuk desain grafis yang bisa dimanfaatkan, seperti banner dan poster. Banner sosial media biasanya akan dipasang dalam situs website yang menawarkan slot ads. Media sosial juga memiliki beberapa slot iklan untuk orang yang ingin mengiklankan usaha.

Baca juga: Jenis Papan Reklame Online untuk Branding Merek

Desain Topografi

Dalam era digital ini desain grafis juga dimanfaatkan untuk mendesain peta atau map, yang bisa menunjukkan arah dan bentuk permukaan bumi. Desain untuk map bisa digunakan untuk menunjukkan arah, bentuk tanah, sungai hingga fitur alam lainnya. Desain ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan denah acara untuk memudahkan audiens. Untuk kebutuhan topografi ini sering dimanfaatkan dalam dunia geografi untuk menunjukkan kontur tanah bentuk gunung dan sungai.

Desain ilustrasi

Desain grafis juga dimanfaatkan untuk merancang gambar ilustrasi yang menarik dan terlihat lebih interaktif. Ilustrasi biasanya didesain dengan menggunakan vektor dan dapat menghasilkan detail ilustrasi yang semakin menarik. Ilustrasi dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari untuk konten media sosial, poster, dan animasi.

Desain ilustrasi yang diciptakan dengan menghasilkan detail akan tampil lebih interaktif. Untuk kebutuhan animasi ilustrasi akan dibuat agar bisa lebih ekspresif dengan memerhatikan detail wajah. Penciptaan ilustrasi untuk industri kreatif banyak digunakan untuk film animasi, iklan, hingga video konten pada media sosial. Ilustrasi juga kerap dirancang sebagai potret diri seseorang yang bisa dijadikan foto profil media sosial.

Baca juga: Tips Menyusun Desain Konten Media Sosial

Desain Web atau Aplikasi

Desain Grafis Yang Populer dalam Industri Kreatif

Desain grafis juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mendesain antarmuka pengguna terutama untuk web dan aplikasi. Tampilan desain untuk antarmuka pengguna harus bisa memberikan kemudahan navigasi dan kenyamanan penggunaan. Termasuk juga memberikan kemudahan untuk menemukan fitur atau menu yang penting.

Biasanya desain UI untuk aplikasi dan website terdapat beberapa gaya desain yang bisa digunakan seperti neomorphism dan flat design. Gaya desain dapat memengaruhi kemudahan audiens menemukan fitur yang dibutuhkan saat mengakses aplikasi dan website.

KESIMPULAN

Dalam era digital terdapat banyak karya desain grafis yang populer dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Desain grafis memiliki tampilan visual yang bisa menarik perhatian audiens. Maka dari itu pada era digital desain grafis banyak dimanfaatkan untuk beragam hal mulai dari konten media sosial, motion grafik, desain logo hingga desain iklan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts