Desain Grafis Kemasan Produk UMKM Rekomendasi

Desain Grafis Kemasan Produk UMKM Rekomendasi – Sobat jasalogo.id, pada artikel ini, kita akan membahas soal desain kemasan produk yang unik dan menarik ternyata juga lebih mudah diingat dan dikenali oleh konsumen, bukan?

Nah, lalu bagaiman rekomendasi tim jasalogo.id untuk desain grafis kemasan produk UMKM Anda?

Simak catatannya berikut, untuk Anda.

FUNGSI KEMASAN DAN DESAIN KEMASAN

Sebelumnya, kita kenalan dahulu dengan desain kemasan, ya!

Desain kemasan adalah salah satu bagian penting yang memiliki dampak positif bagi penjualan produk.

Pasalnya, sobat! Desain kemasan adalah hal yang pertama kali dilihat oleh para konsumen saat membeli produk. Desain kemasan yang menarik lebih banyak dipilih konsumen. Begitu juga bagi produsen akan sangat menguntungkan.

DAMPAK POSITIF

Mengapa memiliki dampak positif?

Apabila dibandingkan dengan produk yang minim desain tentu jauh berbeda. Produk yang memiliki desain apa adanya cenderung gagal dalam menyampaikan deskripsi.

Biasanya para produsen menginginkan cara simpel, yaitu dengan memanfaatkan plastik transparan.

Produk yang dikemas menggunakan plastik transparan memang akan memperlihatkan fisik produk secara langsung.

Namun, produk dengan kemasan tersebut tidak menonjolkan sisi elegan dari merek produsen. Selain itu, produk juga tidak memiliki ciri khas. Dengan istilah lain, belum memiliki identitas untuk menjual produk.

Apabila belum memiliki identitas akan menyulitkan para konsumen untuk mencari produk. Kurangnya informasi dan deskripsi produk akan membuat konsumen merasa kurang puas. Namun, di sisi lain desain kemasan juga disalahartikan oleh produsen.

Sebab, ingin menciptakan kesan eye catching produsen tidak memikirkan kualitas produk.

Konsumen akan merasa kecewa jika desain kemasan yang menarik tidak mencerminkan rasa atau kualitas produk yang apik.

Tanpa berpikir dua kali, konsumen tentu saja akan memilih produk lain karena merasa dibohongi.

Perlu diingat, desain kemasan akan berpengaruh pada penjualan. Melalui desain kemasan produk memiliki ciri khas atau identitas baru yang akan diingat para konsumen. Untuk itu, Anda perlu serius dan berhati-hati dalam menciptakan desain kemasan.

Desain kemasan menarik tidak selamanya harus memiliki banyak warna dan penggunakan jenis huruf yang berlebihan.

Anda juga dapat membuat desain sederhana namun tetap menarik. Justru salah penggunaan warna yang berlebihan dapat menggagalkan penjualan produk Anda. Beberapa cara berikut dapat menambah insipirasi Anda dalam mengemas produk.

Langkahnya bagaimana? Ini dia!

MEMILIH KONSEP DENGAN IKLAN BERJALAN

Salah satu kemasan yang bisa Anda coba dari cara kedua ini adalah membuat tas belanja. Tas belanja tersebut didesain dengan menampilkan logo atau nama produk Anda. Namun, menggunakan konsep ini memang membutuhkan sedikit tambahan biaya.

Meskipun demikian, tas belanja sangat bermanfaat untuk konsumen. Konsumen dapat menggunakan tas belanja berkali-kali selama masih layak untuk dipakai.

Nah, sobat jasalogo.id, untuk pemakaian yang berulang itu dinamakan iklan berjalan. Banyak orang yang melihat tas belanja tersebut dari berbagai tempat yang berbeda. Sangat kreatif bukan?

MENGGUNAKAN LABEL

Tidak selamanya mengemas produk dengan sentuhan macam warna. Salah satu desain kemasan yang menarik, namun tetap simpel seperti cara ketiga ini, yaitu penggunaan label.

Label merupakan kertas yang dapat ditempel di luar kemasan. Label terkesan lebih simpel dan berbeda dari jenis kemasan pada umumnya. Jika Anda ingin memadukan gaya vintage, Anda bisa memilih permukaan kemasan yang polos dengan warna vintage. 

Setelah itu, berikan label dengan warna berbeda, namun dipertegas melalui ukiran garis dan pemilihan jenis huruf.

MEMADUPADANKAN TIPOGRAFI

Tipografi adalah perpaduan antara seni dan teknik mengatur tulisan dengan tujuan menyampaikan pesan secara visual.

Tipografi mencakup dari pemilihan jenis huruf, ukuran huruf, dekorasi, sesuai dengan tema, juga meliputi letak tulisan pada sebuah bidang desain.

MENGGUNAKAN PALET WARNA ALAMI

Mungkin Anda sudah sering melihat kemasan dengan berbagai macam warna yang mencolok. Saking banyaknya, terkadang konsumen tidak bisa membedakan bahwa produk tersebut berbeda produsen. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melalukan suatu hal yang berbeda.

Salah satunya dengan penggunaan palet warna alami. Kemasan tidak selamanya dinilai bagus dengan warna yang mencolok.

Menggunakan palet warna alami akan membuat produk Anda tampil elegan. Palet alami juga bisa memberikan efek menenangkan.

KESIMPULAN

Itulah sobat, jasalogo.id tentang Desain Grafis Kemasan Produk UMKM Rekomendasi. Anda dapat klik di sini untuk informasi seputar jasalogo.id selengkapnya!