DESAIN BUSANA: PENGERTIAN HINGGA KONSEP

Desain Busana: Pengertian Hingga Konsep – Desain busana berasal dari mana, tahu ga sih?

Belum tahu?

Mau tahu?

Baiklah, begini sobat jasalogo.id, untu desain busana sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu “Fashion design.

Dimana, menurut Hasab Shadely fashion berarti “mode” sedangkan design adalah “merencanakan”. Sedangkan pengertian fashion design pada kamus The Collin Dictionary dan Thesaurus (1 988 : 262-265) fahion – Style in Clothes dan design – Sketch.

Desain busana adalah cabang ilmu yang perlu dipelajari oleh desainer, terutama para desainer pemula karena disini akan dijelaskan secara terperinci.

Suatu hal tentang proporsi tubuh manusia untuk desain busana, di samping itu dijelaskan pula ilmu pengetahuan yang perlu untuk menunjang ilmu tersebut. Sebelum ilmu busana ini berkembang, tujuan manusia berbusana hanya untuk melindungi tubuh dari hawa dingin atau panas dan serangan binatang.

Sehingga, sobat jasalogo.id, mode busana waktu itu sangat sederhana sekali, hanya terbuat dari bahan-bahan alam seperti kulitt kayu,daun-daunan. Busana seperti ini masih dapat dili hat di daerah-daerah pedalaman/terisolir (Jambi, Papua, Kalimantan).

Perkembangan mode busana dari masa ke masa perlu dipelajari oleh seorang calon desainer maupun para desainer karena ha1 ini akan meningkatkan kreatifitas desainer dalam merancanglmencipta mode, perkembangan mode busana juga diikuti oleh perkembangan jenis -jenis tekstill tenunan.

Jangan khawatir karena masi yang bervariasi dan pelengkap busana serta assesoris yang sesuai dengan penampilan gaya busana tersebut.

Seoarang desainer hams berfikir didalam tiga dimensi yaitu dengan mata untuk wama dan detail (pakaian), kecakapanlkecerdasan untuk meningkatkan kreativitas, antusias dengan kerja keras untuk meraih ambisi menuju kesuksesan.

Jadi, desiner itu hams total dan sungguh-sungguh mempelajari bidang busana fashion tersebut. Faktor-faktor penting yang perlu siperhatikan adalah melihat trend mode masa depan (yang akan datang) dan memperbandingkan dengan trend yang lalu.

KONSEP

Konsep dasar desain busana di sini adalah mengacu pada pemiliran tentang busana, faktor-faktor yang menunjang penciptaan awal suatu desain seperti anatomi tubuh manusia yang mengacu pada gambar proporsi tubuh dalam desain busana beserta bagian-bagiannya secara terperinci.

Selain dari anatomi tubuh manusia, juga desain busana termasuk bagian[1]bagian dari busana secara rinci seperti macam-macam model kerah leher, lengan, blouse, rok, gaun, dan celana.

Setelah pemahaman tentang bentuk wajah, style 1 gaya rambut yang sesuai dengan trend busan dan ekspresi wajah selanjutnya akan dibahas dan digambarkan komponen – komponen wajah tersebut seperti hidung, mata, telinga, mulut dan gaya rambut.

Dalam menggambar bentuk wajah dan komponennya / bagian – bagian wajah bukanlah untuk bentuk yang mutlak, sebagaimana diketahui bahwa wajah manusia tidak ada yang persis sama, narnun demikian mengenai letak dari bagian wajah dapay diperkirakan secara normal.

Penempatan bagian – bagian dari kaki dengan proporsi yang baik dan

Sebenarnya, sangata menarik untuk dilihat tergantung dari perbandingan tinggi kepal dan badan keseluruhan, letaknya akan berbeda apabila perbandingan berbeda pula, akan tetapi secara umurn dapat diperkirakan sebagai berikut.

Paha terbesar adek terlihat paling atas, ukurannya lebih kurang setengah panggul terbesar, paha akan mengecil kebawah dan mendekati lutut.

Lutut agak kecil dibandingkan dengan paha (langsing). Betis digambarkan agak melengkung dan sedikit besar dari lutu, betis akan mengecil pada pertengahan antara lutut dan mata kaki.

hKESIMPULAN

Sudah mendapat poin, sobat jasalogo.id? Itulah beberapa informasi tentang desain busana, mulai dari  pengertian hingga konsep.

Silakan menghubungi kami untuk mendapatkkan informasi lengkap mengenai desain logo perusahaan Anda yang professional. Dapatkan selalu promo menariknya!