Desain Brief: Elemen Penting dalam Desain Brief

Dalam dunia desain terdapat beberapa jenis yang digunakan untuk menjelaskan suatu proyek baik bisnis maupun desain. Mulai dari desain presentasi, konten, proposal hingga desain brief yang digunakan untuk kebutuhan proyek desain. Desain brief digunakan untuk menjelaskan proyek desain pada klien ini memiliki berbagai elemen penting dalam desainnya.

Desain brief ini berupa dokumen yang berisi panduan dan informasi yang bisa menjelaskan sebuah proyek kreatif yang akan dilakukan. Dokumen ini dirancang semenarik mungkin tetapi juga efisien untuk menjelaskan detail dan gambaran dari proyek desain. Desain brief ini diharapkan dapat membantu mengarahkan desainer dan tim desain ketika merancang desain.

Isinya berisi beberapa hal penting seperti tujuan, visi dan harapan desain yang dapat menyasar target dengan tepat. Desain brief ini bisa digunakan untuk memberikan arahan pada berbagai proyek desain mulai dari interior, arsitektur, rumah, situs web, kemasan dan desain grafis. Adanya desain brief ini akan membantu desainer menciptakan desain sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Read More

Untuk memudahkan proses pemahaman desainer dan tim desain, penting untuk merancang desain brief dengan efektif. Agar ketika dalam proses membuat desain berjalan lancar karena satu suara. Untuk menciptakan desain brief dengan baik perhatikan artikel ini yang akan membahas beberapa elemen penting dalam desain brief.

Elemen-elemen dalam Desain Brief

Elemen dalam desain brief ini merupakan fondasi dan esensi yang bisa mengarahkan desainer untuk memahami proyek desain. Desain brief ini biasanya dibuat oleh klien atau pihak yang membutuhkan desain. Berikut beberapa elemen penting dalam desain brief:

Tujuan Proyek Desain

Salah satu elemen penting yang harus ada dalam desain brief adalah tujuan proyek desain. Penting untuk menjelaskan tujuan dan alasan dari proyek desain ini dilakukan, tujuan ini berkaitan dengan apa yang ingin dicapai oleh klien dari proyek ini. Tujuan desain ini akan membantu desainer dalam menciptakan merancang desain sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Dalam desain brief ini tujuan proyek harus dijelaskan secara jelas untuk dijadikan panduan oleh desainer dan tim desain. Desain brief harus bisa menjelaskan beberapa hal terkait tujuan proyek ini termasuk tujuan akhir apakah untuk branding, menyampaikan pesan, atau memberikan pengalaman audiens yang menarik.

Tujuan yang dijelaskan pada desain brief harus sederhana sehingga mudah dipahami oleh semua tim desain. Proyek yang memiliki tujuan yang jelas akan menghasilkan desain yang efektif pula.

Sasaran Audiensnya

Pada desain brief ini juga harus bisa menunjukkan siapa target pasar atau sasaran dari hasil proyek desainnya nanti. Penting untuk menjelaskan target audiens pada desain brief untuk memudahkan audiens merancang desain yang tepat sasaran. Untuk menentukan target audiens biasanya perlu melakukan analisis kebutuhan dan preferensi dari audiens.

Di dalam desain brief selain menunjukkan siapa target pasarnya tetapi juga harus menjelaskan mengapa audiens tersebut menjadi sasaran. Desain brief menjelaskan apa saja preferensi audiens, kebutuhan dan karakteristik secara rinci. Ini akan memudahkan desainer dan tim desain merancang sesuai dengan target audiens.

Adanya rincian yang jelas tentang target audiens akan membantu desainer merancang sesuai ekspektasi dari audiens. Sehingga desainnya pun nanti dapat menarik perhatian audiens yang ditargetkan sejak awal.

Ruang Lingkup Proyek

Penting juga menjelaskan ruang lingkup atau cakupan dari proyek desain dalam desain brief. Ini berguna untuk memudahkan desainer mendefinisikan batasan dan cakupan dari proyek yang akan dirancang. Setiap konsep atau ide desain biasanya melibatkan cakupan tertentu dalam desainnya, sehingga memudahkan desainer mendesain sesuai cakupannya saja.

Adanya penjelasan tentang cakupan dari proyek yang akan dijalankan dapat membantu desainer menentukan elemen yang bisa digunakan. Desainer dan tim desain yang merancang konsep dapat menentukan dengan mudah elemen yang bisa digunakan dan yang perlu dihindari. Elemen-elemen yang digunakan biasanya disesuaikan dengan konsep dan tema desain, termasuk juga elemen yang efektif menyampaikan pesan.

Pesan dan Nilai yang Diharapkan dari Proyek Desain

Desain brief isinya juga harus bisa menjelaskan pesan dan nilai yang diharapkan dari hasil proyek desain. Biasanya proyek desain membawa nilai dan pesan dari merek atau perusahaan untuk diterapkan dalam desain. Penting untuk menentukan nilai dan pesan desain yang disesuaikan dengan tujuan dan identitas perusahaan atau merek.

Nilai dan pesan desain akan menjadi inti yang diharapkan untuk dicapai pada proyek desain. Penjelasan tentang nilai dan pesan yang terkait dengan identitas dan budaya perusahaan akan memudahkan desainer memahaminya. Nilai dan pesan desain harus dijelaskan dengan sederhana dan relevan dengan merek.

Batasan Anggaran dan Waktu

Desain brief tidak hanya menjelaskan tujuan dan pesan tetapi juga harus menjelaskan informasi terkait anggaran proyek. Ini akan memudahkan desainer merancang desain yang disesuaikan dengan jumlah anggaran agar tidak terjadi kekurangan dana. Selain itu desain brief juga perlu menjelaskan jadwal atau runtutan proyek untuk diikuti agar memudahkan proses berjalannya proyek.

Jadwal ini biasanya berupa tenggat waktu dalam beberapa proses perancangan mulai dari konsep, desain dan peluncuran. Ini akan memudahkan desainer mengatur waktu penyelesaian proyek yang efisien sesuai jadwal tanpa mengurangi kualitasnya. Tentunya jadwal ini bisa berubah bergantung pada kesepakatan.

Brand Guidelines

Dalam desain brief juga harus menjelaskan tentang brand guidelines jika proyek terkait merek tertentu. Brand guideline ini berisi penjelasan mendetail terkait merek, mulai dari filosofi, elemen visual, visi dan lainnya. Penjelasan terkait brand guidelines ini bisa dijadikan pedoman oleh desainer untuk merancang desain sesuai identitas merek.

Brand guidelines dalam desain brief membantu desainer memahami identitas merek dengan baik. Sehingga bisa diterapkan untuk menciptakan konsistensi visual dengan identitas merek.

Referensi dan Inspirasi

Desain brief juga biasanya berisi referensi dan inspirasi dari konsep atau ide desain proyek yang diinginkan. Ini biasanya menyertakan foto, gambar dan contoh-contoh yang bisa dijadikan referensi dari ide yang ingin dibangun. Referensi visual ini akan memudahkan desainer memahami konsep yang diinginkan dan sesuai dengan preferensi klien. Referensi dan inspirasi ini akan membantu klien dan desainer berkomunikasi terkait proyek desain.

Kriteria Keberhasilan

Di dalam desain brief juga terdapat penjelasan tentang indikator atau kriteria keberhasilan dari proyek desain tersebut. Ini akan digunakan untuk menilai keberhasilan dari hasil akhir proyek ini nantinya. Kriteria dan indikator ini akan membantu mengevaluasi proyek apakah sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan sejak awal.

KESIMPULAN

Desain brief ini berisi landasan kreatif yang bisa digunakan untuk membantu desainer dan tim desain merancang desain dengan baik dan efektif. Isi dari desain brief harus bisa mengarahkan dan memberikan penjelasan tentang proyek dengan jelas. Desain brief ini memiliki banyak manfaat dalam memastikan kelancaran proyek desain, termasuk membantu meningkatkan efisiensi kerja

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts