Desain Bertema Scrapbook: Elemen untuk Menciptakan Kenangan

Platform online menjadi tempat pertumbuhan desain yang cukup signifikan, media sosial salah satunya menjadi tempat tren muncul dan bertumbuh hingga viral. Tren dalam desain biasanya muncul ketika desain yang lainnya sudah terlalu banyak dan membosankan. Berbicara soal tren desain, desain bertema scrapbook ini menjadi salah satu tema desain yang digemari dalam era digital ini.

Scrapbook sendiri merupakan seni dalam menciptakan karya dengan menggabungkan berbagai elemen dengan beberapa teknik. Ini mencakup menggabungkan foto, tulisan, ikon memorabilia, dan dekorasi lainnya. Scrapbook ini ada yang bentuk digital dan cetak, dalam bentuk fisik scrapbook dibuat pada sebuah buku atau album foto. Sementara untuk kebutuhan konten digital biasanya untuk diunggah di media sosial.

Hasil dari scrapbook digital juga banyak digunakan untuk mendesain tampilan album musik, poster, konten media sosial, dan lain-lain. Penggunaan tema desain scrapbook ini berguna untuk memberikan kesan estetika dan artistik. Scrapbook juga memberikan kesan untuk mengenang suatu momen pada momen-momen penting.

Read More

Desain dengan tema scrapbook memberikan warna baru yang menarik pada era desain minimalis ini. Banyak digunakan oleh generasi muda untuk menghasilkan desain yang menarik pada media sosial mereka. Dengan tema ini tidak memberikan keindahan dan sentuhan kreatif tetapi juga menjadi karya seni yang berharga dan menarik.

Untuk yang tertarik ingin menggunakan desain dengan tema scrapbook, penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi ciri dari desain ini. Artikel ini akan membahas panduan untuk menciptakan desain bertema scrapbook yang memikat.

Panduan Menciptakan Desain Bertema Scrapbook

Desain scrapbook sering dipilih karena memiliki tampilan yang unik, dan memberikan nuansa yang bisa mengenang suatu momen. Berikut beberapa panduan untuk menciptakan desain bertema scrapbook yang menarik dan unik:

Memilih Tema dan Warna

Desain scrapbook ini juga memiliki beberapa tema yang menyesuaikan preferensi pembuatnya. Beberapa tema umum yang biasanya digunakan dalam merancang desain scrapbook seperti keluarga, perjalanan, atau momen spesial seperti graduation. Tema ini memengaruhi pemilihan elemen visual seperti memorabilia, warna, ikon dan tipografi.

Setiap jenis tema scrapbook akan membutuhkan penggunaan elemen visual yang berbeda, termasuk warna. Palet warna yang digunakan dalam desain untuk scrapbook biasanya disesuaikan dengan tema dan preferensi. Warna yang digunakan ini dapat digunakan dalam menciptakan konsistensi visual.

Pemilihan warna akan digunakan pada pemberian warna pada foto, tulisan, hingga pemilihan warna kertas dan elemen lainnya. Warna yang dipilih harus disesuaikan dengan tema dan suasana yang ingin diciptakan.

Pemilihan Foto dan Memorabilia

Dalam membuat desain scrapbook penting untuk memilih foto dan memorabilia untuk mendesain scrapbook dengan menarik. Memorabilia sendiri merupakan elemen-elemen yang bisa digunakan untuk dekorasi seperti tiket, kartu ucapan, dan potongan kertas khusus. Pilih foto dan memorabilia yang paling sesuai dengan tema desain scrapbooknya apakah keluarga, tema atau kelulusan.

Penggunaan foto dan memorabilia yang relevan dengan tema akan menciptakan tampilan yang menarik. Gunakan foto-foto yang bisa menceritakan kisah untuk dikenang atau kisah yang dapat memberikan kesan emosional. Umumnya desain scrapbook ingin menampilkan kisah dari suatu perjalanan dengan unik.

Komposisi Kreatif

Untuk menghasilkan desain yang memiliki komposisi kreatif dalam desain penting untuk memanfaatkan berbagai elemen dekorasi. Dapat juga dengan memanfaatkan berbagai elemen yang sesuai dengan tema desain, misalnya dengan menambahkan ikon atau stiker yang unik atau lucu.

Komposisi yang kreatif dapat diciptakan dengan memberikan lapisan, tekstur, sudut atau framing yang berbeda. Pengaturan tata letak berbagai elemen dekorasi scrapbook termasuk foto dan tulis dapat memengaruhi tampilan. Terkadang tata letak dalam desain scrapbook lebih bebas asalkan terlihat nyaman dipandang.

Sentuhan Personal

Terkadang dalam desain scrapbook juga kerap ditambahkan tulisan tangan atau gambar yang dibuat tangan untuk memberikan sentuhan personal. Penggunaan catatan atau sticky notes untuk mengutip kutipan dapat memberikan kesan unik. Pemberian sentuhan pribadi dengan menggambar atau melukiskan sesuatu akan memberikan kesan yang lebih emosional pada desain. Ini juga memberikan desain dimensi yang unik dan semakin yang tampil artistik.

Teknik Decoupage dan Layering

Salah satu ciri khas dari desain yang scrapbook ini adalah teknik decoupage dan layering. Baik untuk desain fisik atau digitalnya teknik ini bisa digunakan untuk memberikan dimensi dan kedalam visual yang unik. Teknik decoupage ini menempelkan potongan foto atau gambar pada permukaan desain.

Biasanya foto akan dipotong sesuai ukuran yang keinginan, terkadang diberi outline untuk menciptakan dimensi yang unik. Layering dan teknik menempel gambar atau foto pada scrapbook ini memberikan kesan unik dan kedalaman visual.

Stiker dan Aksen Dekoratif

Ada banyak elemen yang digunakan untuk mendesain scrapbook untuk membuat tampilan desain semakin menarik. Penggunaan stiker dan aksen dekorasi lainnya dapat mendukung tampilan visual desain semakin menarik dan unik. Penambahan stiker seperti pita, bunga, atau ikon-ikon lainnya ini disesuaikan dengan tema desain.

Pilihan Kertas dan Tekstur

Dalam desain scrapbook fisik penting untuk memilih kertas yang tebal, sehingga ketika ditempeli berbagai elemen akan tetap terlihat bagus. Kertas sendiri memiliki berbagai motif atau warna latar, ada yang bergaris, kotak-kotak, motif bunga dan putih kosong. Sesuaikan pula pilihan warna kertas dengan tema desainnya.

Sementara untuk desain scrapbook digital gunakan latar yang memiliki tekstur kertas, entah itu bergaris atau kosong, atau kertas lusuh. Pilih kertas yang sekiranya cocok dengan berbagai elemen yang akan ditempelkan. warna kerta bisa memengaruhi konsistensi visual ketika sudah ditambahkan berbagai elemen desain lainnya.

Layout yang Konsisten

Gunakan layout untuk desain scrapbook dengan konsisten untuk menciptakan tampilan yang rapi dan konsisten. Pertahankan tata letak elemen dengan konsisten pada setiap halaman, ini dapat memberikan kesan pembacaan alur yang menarik. Layout yang rapi akan membuat scrapbook terlihat menarik dan terorganisir dengan baik.

Keunikan dan Kreativitas

Meskipun ada beberapa elemen yang menjadi ciri khas dalam desain scrapbook, namun sebenarnya tidak ada aturan yang baku dalam scrapbook. Pengaturan elemennya dapat disesuaikan dengan preferensi untuk menciptakan kreativitas menarik. Yang menjadi hal utama dan penting dalam desain scrapbook biasanya adalah keunikan dan kreativitas yang menciptakan tampilan desain artistik.

KESIMPULAN

Desain bertema scrapbook ini banyak digunakan untuk menciptakan desain yang unik dan kreatif. Scrapbook ini dipilih dalam membuat konten digital yang menarik dan memiliki sentuhan artistik dan personal. Kunci utama dalam membuat desain scrapbook terletak pada kreativitas dalam menggunakan elemen visual termasuk gambar dan sticker.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts