Copywriting: Efektif dan Desain Yang Menarik

0
(0)

Pernahkah kamu menjumpai Iklan suatu produk yang menarik perhatian padahal hanya berupa tulisan. Teknik menulis untuk menciptakan iklan yang menarik itu disebut Copywriting.

Seni yang melibatkan pengolahan kata melalui teks ini bisa jadi cara yang efektif menarik konsumen.Copywriting sendiri membantu mempromosikan dengan cara fokus pada tulisan yang didukung desain menarik.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Kamu tidak perlu iklan yang berlebihan ataupun mewah, Copywriting membantu mempromosikan tanpa perlu mengeluarkan budget yang besar dengan pemilihan kata dan kalimat yang tepat.

Dengan Copywriting yang tepat cukup desain yang sederhana terkadang sudah bisa menarik perhatian banyak orang. Seperti halnya yang dilakukan oleh brand-brand besar yang akan dibahas pada tips Copywriting kali ini

Pembahasan artikel ini, akan berfokus pada tips-tips tentang Copywriting yang perlu kamu ketahui dan beserta contohnya. Tak kalah penting alasan tipografi dan desain menjadi salah satu bagian pendukung yang penting.

Tips dalam Copywriting:

Dalam Copywriting tak membutuhkan kalimat kamu hanya perlu membuat tulisan semenarik mungkin.

Berikut tips-tips Copywriting yang perlu kamu ketahui.

  • Kenali targetmu:

Yang perlu kamu perhatikan sebelum menulis adalah menentukan target audiens yang ingin dijangkau. Hal ini akan membantumu menyesuaikan gaya bahasa yang sesuai sehingga pesan bisa tersampaikan dan menarik minat orang. Pemilihan bahasa baik formal maupun santai disesuaikan dengan target audiensnya siapa.

Contoh: Jika target remaja, gunakan bahasa yang santai dan relevan dengan tren bahasa di seumuran mereka. kamu juga bisa riset tren candaan yang populer di antara para remaja. Misalkan “Tugas numpuk, Jejerin aja. Hati sumpek, Makan ini aja.”

  • Gunakan Bahasa yang Kuat:

Untuk menaikkan daya tarik pesannya gunakan bahasa yang kuat dan sedikit berlebihan tidak apa-apa. Istilahnya kamu bisa menggunakan bahasa seperti dalam majas contohnya seperti “mengesankan”, “mengubah arah hidup” atau “penawaran terbatas”. contoh : “Ubah arah hidupmu dengan produk …. yang baru” atau “Remajakan kembali kulitmu dengan produk kami”

  • Sampaikan Cerita:

Penggunaan cerita akan membawa pesan mudah teringat. Pakai kalimat narasi yang bisa mewakili produk dan menjelaskan masalah, solusi dan manfaat yang bisa didapatkan dari produk ini.Cerita bisa membuat pesan lebih melekat. Gunakan narasi untuk menjelaskan masalah, solusi, dan manfaat produk atau layanan Anda.

Contoh: “Dulu saya sering dibully karena jerawat. Sejak pakai produk ini, saya kembali percaya diri”

  • Tuliskan Tindakan yang Jelas:

Jangan lupa gunakan tombol CTA atau biasa disebut panggilan tindakan. Call to action berupa kata-kata yang bersifat ajakan, Fungsi CTA untuk menarik langsung pelanggan ke halaman atau website, seperti “Beli disini”, “klik disini”, atau “Hubungi kami segera”

Contoh: “Dapatkan penawaran terbatas sekarang! Klik ‘Beli disini‘.”

Peran Tipografi dan Desain:

Selain penggunaan bahasa yang sesuai dan menarik desain. Tipografi berperan penting dalam copywriting karena menyampaikan pesan pada pembaca:

  • Meningkatkan Keterbacaan:

Agar teks mudah dibaca menentukan ukuran, jenis huruf, dan penggunaan spasi yang tepat akan membantu bagi yang membaca mudah memahami pesan yang ingin disampaikan. Memilih warna teks dan background harus kontras agar tulisannya mudah dibaca.

  • Meningkatkan Visualisasi:

Buatlah desain yang unik dan menarik agar pesan mudah dipahami. Tambahkan pula dukungan visual dengan grafik, warna, dan tata letak yang bagus pada tulisanmu.

  • Membingkai Pesan:

Bingkai pesan tulisanmu dengan desain yang bisa menunjukkan karakter dan identitas merek milikmu. Menciptakan identitas melalui pesan akan memuat merek konsisten dan nampak profesional.

  • Mengarahkan Perhatian:

Tipografi dan desain yang sesuai akan membantu mengarahkan pembaca untuk melihat poin-poin penting yang diberi desain dan tipografi khusus. Penggunaan besar kecil huruf dan warna pada poin tertentu seperti kata kunci, judul, CTA dan poin penting lainnya.

Lakukan pemahaman yang mendalam pada Copywriting untuk menjangkau audiens yang tepat dan menciptakan Copywriting yang efektif. Selain itu kombinasi desain menarik dan tipografi yang tepat akan meningkatkan efektivitas pesan, menarik minat banyak orang, serta pesan akan mudah diingat oleh pembaca.

Jika kamu butuh inspirasi Copywriting dan desain kamu bisa mencari referensi di sosial media brand besar.

Kamu bisa mengamati Copywriting yang mereka gunakan salah satu yang paling ikonik dan sempat ramai dibicarakan beberapa waktu lalu karena keunikannya yaitu Surreal.

Brand sereal asal UK itu menjadi perbincangan hangat karena marketingnya yang unik. Dibawah ini salah satu contohnya.

Foto Instagram official Surreal

Lihatlah desain tersebut sederhana dan unik, pesan tersampaikan dengan baik. Pemilihan warna dan font nya pun menarik mata. Pesan yang ingin disampaikan billboard tersebut mengenai diskon tersampaikan dengan baik ditambah dengan adanya desain billboard tidak full menjadikan semakin unik dan melekat.

Brand tersebut juga sempat menggunakan Copywriting dengan membayar model orang biasa yang memiliki nama mirip tokoh figur terkenal seperti ronaldo.

Copywriting Surreal
Foto: Instagram official Surreal

Pada desain tersebut Tony Marshall yang dimaksud bukan Tony Marshall aktor sekaligus penyanyi opera terkenal dari UK melainkan Tony Marshall yang bekerja di konstruksi. Jika di Indonesia iklan ini akan berbunyi seperti ini “Raisa pernah makan disini, Raisa yang masih sibuk ngejar dosen buat bimbingan”. Kamu bisa cek official website mereka untuk melihat berbagai copywriting dan desain yang unik.

Nah itu dia contoh copywriting yang unik bisa menjadi inspirasi saat membuat copywriting. Kombinasikan keterampilan copywriting, tipografi, dan desain, Kamu dapat menciptakan pesan yang menarik dan sukses memasarkannya.

Jika kamu butuh desain logo untuk bisnismu hubungi kami disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts