Konsep Competitive Advantage pada Usaha

Konsep Competitive Advantage pada Usaha – Setuju, bukan, sobat jasalogo.id! Bahwasanya, kinerja bisnis sebuah perusahaan akan dipengaruhi oleh keunggulan bersaing yang dimilikinya.

Sebuah perusahaan disebut memiliki competitive advantage/keunggulan bersaing jika perusahaan tersebut dapat menghasilkan nilai ekonomi yang lebih tinggi dari para pesaingnya.

Nah, nilai ekonomi yang dimaksud adalah perbandingan antara manfaat yang dirasakan konsumen dari sebuah produk atau jasa dengan pengorbanan yang dikeluarkan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Keunggulan bersaing sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu external competitive advantage di mana keunggulan ini dapat dirasakan dan dilihat langsung oleh konsumen seperti produk yang berkualitas tinggi atau pelayanan yang ramah.

Keunggulan bersaing yang kedua dinamakan internal competitive advantage yaitu keunggulan yang tidak terlihat langsung oleh konsumen seperti sistem distribusi produk dari perusahaan.

Banyak perusahaan di dunia mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam jangka waktu yang lama di berbagai industri memang tidak bisa dipungkiri.

KRITIK SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE

Namun sobat, fakta lain yang menunjukkan bahwa banyak juga perusahaan yang tadinya unggul atau menjadi pemenang dalam industrinya kemudian mengalami kemunduran kinerja dan bahkan akhirnya bangkrut atau tutup juga benar-benar terjadi.

Kondisi kedua itulah yang menjadi titik fokus kritik atas konsep sustainable competitive advantage.

Nah kondisinya ternyata juga ada kritik atas konsep sustainable competitive advantage yang pada intinya menyebutkan bahwa tidak ada keunggulan kompetitif yang abadi atau berlangsung selamanya.

Kritik lainnya adalah untuk mencapai sustainable competitive advantage bisa dipastikan sangat sulit bahkan cenderung tidak mungkin diraih karena lingkungan bisnis saat ini dan dimasa yang akan datang akan sangat volatile/ dinamis.

KONDISI LINGKUNGAN BISNIS DI INDONESIA

Kondisi tentang lingkungan bisnis saat ini dan masa depan yang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian telah diprediksi sejak lama.

Jika kita lihat kondisi lingkungan bisnis di Indonesia misalnya maka faktor politik, panjangnya rantai birokrasi, dan penegakan hukum yang lemah masih menjadi faktor penghambat investasi.

Terlalu banyak faktor lingkungan bisnis yang dapat membahayakan kelangsungan binis perusahaan sehingga kondisi ideal seperti tercapainya sustainable competitive advantage menjadi hanya sekadar harapan saja.

Jika kita lihat fakta di dalam dunia usaha sekarang, berapa banyak perusahaan atau bisnis perorangan yang dikatakan sukses?

Nah, sobat jasalogo.id, untuk memiliki sebuah keunggulan kompetitif saja bisa dipastikan sulit, apalagi menciptakan keunggulan yang lestari.

Perusahaan raksasa seperti Nokia saja pada akhirnya jatuh padahal pada awalnya Nokia memiliki keunggulan kompetitif dalam produknya.

Fakta ini menunjukkan bahwa setiap keunggulan kompetitif memiliki sifat eroded.

Sifat Eroded

Sifat eroded dari semua keunggulan kompetitif memiliki makna yang dalam. Semua keunggulan kompetitif memiliki siklus hidup.

Dimana, sobata jasalogo.id perlu ketahui, bahawa siklus hidup yang dimaksud adalah tidak lain seperti umur manusia, di mana pada suatu titik keunggulan kompetitif tersebut akan menurun dan akhirnya hilang.

Keunggulan akan menurun ketika pesaing berhasil melancarkan serangan terhadap keunggulan tersebut. Serangan dari kompetitor yang cerdas terjadi karena lama kelamaan mereka mengerti tentang rahasia keunggulan produk atau jasa tertentu.

Dengan demikian pesaing bisa membuat dan menyusun serangan mematikan terhadap kelemahan yang dimiliki oleh keunggulan tersebut.

Kondisi ini harus dihindari sesegera mungkin dengan cara menciptakan keunggulan baru yang akan membuat pesaing kesulitan untuk melancarkan serangan berikutnya. Menciptakan keunggulan baru secara tidak langsung menempatkan perusahaan pada posisi offense/menyerang.

Demikian ulasan tentang Konsep Competitive Advantage pada Usaha, sobat jasalogo.id!

Bagi Anda yang tengah ingin mengembangkan usaha, dapat disokong dengan logo usaha yang professional dan bisa Anda dapatkan dengan harga murah dengan pelayanan terbaik di jasalogo.id!