Ciri dan Karakteristik Gaya Desain Maskulin

Dalam desain grafis, style sebuah desain dapat tampil feminin dan maskulin, biasanya ini terkait dengan target audiens. Gaya maskulin dan feminin dapat tercipta dari pemilihan elemen-elemen visual yang khas dan relevan untuk menciptakan kesan tersebut. Untuk menciptakan kesan maskulin, pahami dengan baik ciri dan karakteristik desain maskulin.

Ciri dan karakteristik desain maskulin dikaitkan dengan preferensi desain yang disukai laki-laki, umumnya tampil gelap, tegas, tajam dan kaku. Gaya desain ini dapat mencerminkan tampilan yang kaku dan tajam, cocok untuk menarik perhatian target audiens laki-laki. Untuk menarik perhatian dan minat laki-laki biasanya gaya desain maskulin akan menjadi pilihan.  

GAYA DESAIN MASKULIN

desain logo barbershop

Ketika ingin menciptakan gaya desain maskulin, pastikan memilih elemen yang sesuai dengan ciri dan karakteristik gaya desain tersebut. Banyak desain maskulin yang diciptakan karena menyesuaikan target audiens yaitu laki-laki. Berikut beberapa ciri dan karakteristik dari gaya desain maskulin: 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Memiliki Struktur Kuat dan Tebal

Tampilan desain secara keseluruhan memiliki struktur yang terlihat kuat dan sering menggunakan garis yang tebal. Desain branding yang menggunakan style maskulin kebanyakan memiliki tampilan visual yang kaku, tegas dan tajam. Terkadang kombinasi visual tampil bold sehingga berkesan maskulin. 

Struktur yang kuat dan tebal dapat tercipta dari penggunaan font tebal dan tajam, warna gelap dan bentuk geometris. Desain yang maskulin akan terlihat dari elemen visual yang tampak bold. Gaya elemen yang kuat dan tebal akan menciptakan kesan yang kuat. 

Menggunakan Bentuk Geometris

Bentuk geometris yang tajam, bersih dan sederhana juga dapat mendukung gaya desain maskulin. Penggunaan bentuk geometris dapat berguna menciptakan kesan maskulin. Banyak brand maskulin untuk parfum laki–laki, barbershop hingga produk perawatan laki-laki yang menggunakan bentuk geometris untuk ikon logonya. 

Bentuk geometris biasanya pada desain ini dikombinasikan dengan inisial huruf dari nama merek. Terkadang dikombinasikan pula dengan gambar yang mencerminkan maskulinitas seperti siluet laki-laki, rokok, dan peralatan. Bentuk geometris juga akan relevan dengan warna gelap dan font yang kaku. 

Style Elemen Minimalis

Desain Logo BARBERSHOP The Chill's
Desain Logo BARBERSHOP The Chill’s

Elemen-elemen visual yang digunakan dalam desain grafis bergaya maskulin memiliki ciri elemen yang minimalis dan sederhana. Gaya minimalis akan membuat desain tampil bersih dan sederhana, ini juga membantu elemen yang tajam dan geometris akan tampil maskulin. Elemen yang minimalis ini juga berarti jumlah variasi elemen yang terbatas sehingga desain lebih sederhana.

Gaya minimalis ini termasuk dari penggunaan warna netral dan gelap, warna gelap yang solid akan membantu tampil maskulin. Tak hanya warna, gaya font yang digunakan memiliki tampilan minimalis juga. Font bersih dan bergaya geometris akan tampil menciptakan desain yang minimalis dan  maskulin. 

Baca juga: Font Condensed untuk Tema Desain Futuristik dan Brand Modern

Menciptakan Estetika yang Percaya Diri, Sederhana dan Tegas

Desain maskulin tak hanya sederhana, tetapi penggunaan elemen yang tajam dan geometris juga efektif mencerminkan kesan percaya diri. Font modern dan tebal juga berguna menciptakan kesan percaya diri. Desain akan semakin percaya diri jika teks yang tebal, bentuk geometris diberi warna yang tajam dan solid. 

Pilih warna yang bisa menciptakan desain tampil menarik serta mencerminkan kesan percaya diri, kombinasi warna biru gelap dan hitam akan cocok dengan style maskulin. Warna biru gelap juga mampu mencerminkan kesan tegas dan percaya diri, sehingga banyak digunakan mencerminkan brand untuk laki-laki. Warna gelap tersebut juga berguna untuk desain yang tajam dan tebal tampil lebih tegas dengan warna gelap yang solid. 

Menggunakan Elemen yang Identik dengan Laki-laki

Tampilan desain yang maskulin seringkali mengingatkan dengan laki-laki dan kebanyakan digunakan untuk memikat target audiens laki-laki. Gambar atau ikon yang relevan dengan laki-laki akan membuat desain tampil lebih maskulin. Beberapa ikon gambar yang digunakan merepresentasikan kesan maskulin, seperti:

Siluet Laki-laki: 

Gambar siluet sederhana seringkali dapat digunakan untuk mencerminkan identitas brand yang menargetkan laki-laki. Desain grafis dapat tampil maskulin dengan menggunakan gambar siluet laki-laki yang sederhana sebagai logo atau elemen branding. Logo yang memiliki ikon berupa gambar siluet laki-laki akan mudah dikenali oleh audiens jika brand tersebut untuk laki-laki. 

Gambar Kumis dan Cerutu:

Tak hanya gambar siluet laki-laki yang digunakan dengan sederhana dan menciptakan kesan maskulin. Penggunaan gambar kumis juga identik dengan kesan maskulin, biasanya gambar karakter sederhana yang memiliki kumis akan terlihat maskulin daripada yang tidak. 

Beberapa ikon logo barbershop atau brand coffee yang menargetkan konsumen laki-laki kerap menggunakan gambar kumi dan cerutu sebbagai ikon logo. Hal tersebut bertujuan menciptakan kesan maskulin dan tampil lebih menarik. 

Gambar Dasi dan Jas

Kesan maskulin tak hanya didukung oleh bentuk geometris yang tajam atau penggunaan warna gelap, tetapi juga gambar yang relevan dengan laki-laki. Desain brand maskulin juga kerap menggunakan gambar dasi dan jas untuk menciptakan kesan maskulin. Desain maskulin juga terlihat dengan ciri gambar logo yang menggunakan gambar dasi dan jas. Bisnis fashion formal untuk konsumen laki-laki, biasanya menggunakan gambar jas dan dasi agar tampak maskulin. 

CIRI LOGO MASKULIN

Logo bengkel diesel
Logo bengkel diesel

Berbicara soal gaya desain maskulin ini juga banyak digunakan sebagai gaya desain logo untuk brand yang maskulin. Umumnya brand maskulin ditemui dalam jenis bisnis yang diminati lebih banyak oleh laki-laki daripada perempuan. Beberapa jenis brand yang sering tampil maskulin biasanya seperti:

  • Brand Mobil atau Motor
  • Bisnis Barbershop
  • Logo Jam Tangan
  • Logo Komunitas Olahraga dan Bisnis Sport

Desain logo beberapa jenis brand tersebut seringkali ditemui menggunakan warna hitam, abu-abu dan warna biru gelap. Tak hanya gelap, bentuk logo cenderung sederhana, beberapa menggunakan inisial geometris dan bentuk geometris tajam. 

Baca juga: Kombinasi Warna Desain Logo Perusahaan Formal

WARNA DESAIN MASKULIN

Ciri dan Karakteristik Gaya Desain Maskulin

Berbicara soal ciri desain maskulin tak lepas juga dengan ciri khas warna yang menciptakan kesan maskulin. Desain maskulin seringkali menggunakan warna yang tampil gelap, solid dan memiliki kesan tajam. Beberapa warna yang banyak ditemui dalam desain maskulin seperti warna:

  • Warna hitam dan abu-abu. Warna ini efektif menciptakan tampilan sederhana, minimalis dan berkesan kuat dan tegas. Terutama pada bentuk logo yang tajam dan tebal. 
  • Warna Gelap. Variasi warna dingin yang gelap akan mencerminkan kesan maskulin, seperti warna biru gelap, ungu gelap, dan hijau gelap. 
  • Warna Netral. Penggunaan jenis warna netral seperti coklat gelap juga efektif mencerminkan kesan maskulin jika dikombinasikan dengan warna hitam atau gelap lainnya. 

Penggunaan warna yang tampil deep, tajam, dan gelap seperti warna biru navy, abu-abu dan warna bumi yang gelap akan menciptakan kesan handal dan kuat. Kombinasi warna gelap dengan sesama warna gelap akan menciptakan kesan maskulin. Namun kombinasi dengan warna neon yang mencolok dengan warna gelap juga efektif menciptakan kesan maskulin. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Palet Warna Gelap untuk Desain Bergaya Modern

GAYA FONT YANG MASKULIN

Sementara itu untuk mendukung desain maskulin, pilih juga gaya font yang mencerminkan kesan maskulin. Tipografi maskulin memiliki ciri huruf tebal, huruf geometris dan tajam. Beberapa diantaranya juga menggunakan font tebal sehingga tampil tegas, seperti beberapa font ini:

  • Coture
  • Hunterra
  • Microsport
  • Space Crusaders

Font yang tebal dan bergaya modern akan menciptakan desain sederhana yang tampil maskulin. Atur tipografi agar memiliki keterbacaan yang baik sehingga menciptakan kesan futuristik. 

KESIMPULAN

Dalam menciptakan tampilan gaya desain yang maskulin, pilih elemen visual yang memiliki ciri sederhana, bersih, tajam, bold dan kuat. Gaya elemen minimalis, bentuk geometri, warna gelap dan font tebal akan merepresentasikan gaya maskulin. Brand maskulin diciptakan untuk menarik perhatian target audiens laki-laki. Banyak gaya maskulin ditemui dalam desain brand untuk barbershop, fashion laki-laki dan logo sport. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.