Cara Merubah Format Warna Dari RGB ke CMYK

RGB dan CMYK merupakan dua format atau model warna yang digunakan dalam dunia desain.

Kedua format warna ini memiliki perbedaan, sehingga saat menggunakannya Anda perlu mengetahui Cara Merubah Format Warna dari RGB ke CMYK.

Sebelum anda mengetahui Cara Merubah Format Warna dari RGB ke CMYK, pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah memahami perbedaan RGB dan CMYK.

Read More

Palet warna RGB (Red, Green, Blue) adalah ruang warna khas yang digunakan oleh monitor komputer, ponsel, dan televisi. Dalam RGB, gambar dibuat dengan menggabungkan cahaya merah, hijau, dan biru.

Proses penambahan dapat menciptakan jutaan warna berbeda dengan menggunakan berbagai konsentrasi primer. Jadi saat mendesain situs web, spanduk web, tombol, buletin elektronik, dll., gambar dan file Anda harus disetel ke profil ini.

Kemungkinan gambar apa pun yang Anda terima akan ber-RGB secara default, tetapi selalu merupakan praktik yang baik untuk memeriksanya.

CMYK adalah model warna primer yang digunakan oleh printer warna. Jadi untuk pamflet, brosur, iklan, buletin, surat langsung, dll., Profil CMYK dapat memberikan hasil dengan kualitas yang lebih baik atau ekspektasi yang lebih baik tentang hasil Anda nantinya.

Warna CMYK menciptakan warna berbeda dalam proses subtraktif dengan menggunakan empat warna atau tinta yakni cyan (biru), magenta (merah), kuning, dan hitam.

Kemungkinan printer inkjet atau laser Anda di rumah memiliki penyiapan varian CMYK atau CMYK.

Ada banyak warna RGB yang tidak dapat direproduksi oleh printer CMYK yang terlihat bagus pada monitor mungkin tidak mempertahankan kualitas itu pada cetakan.

Baik RGB dan CMYK adalah mode untuk mencampur warna dalam desain grafis. Sebagai referensi cepat, mode warna RGB paling baik untuk pekerjaan digital, sedangkan CMYK digunakan untuk produk cetak.

Keduanya memiliki perbedaan dari berbagai sisi, termasuk kegunaan. RGB dikhususkan untuk penyimpanan file dalam wujud digital.

Sementara CMYK digunakan untuk keperluan cetak barang jadi. Buat kamu yang ingin merubah format ke CMYK,? Simak ulasannya berikut ini:

Cara Merubah Format Warna Dari RGB ke CMYK

CorelDraw

Berhubung CorelDraw berkaitan dengan vector, maka kamu harus memilih beberapa objek yang ingin dikonversi dari RGB ke CMYK.

  • Pilih “Fill Tool”, kemudian klik “Color Dialog”.
  • Pastikan terlebih dahulu, bahwa model warna yang digunakan adalah CMYK.
  • Untuk bagian outline, pilih “Outline Tool”, klik “Outline Color Dialog”.
  • Jangan lupa, pastikan format warna adalah CMYK.

Adobe Illustrator

  • Buat vector dengan mode warna RGB terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pilih menu “File”, klik “Document Color Mode”, dan pilih “CMYK Color”.

Adobe InDesign

  • Buat layout atau template desain dengan mode warna RGB.
  • Setelah selesai, pergi ke menu “Window” dan klik “Swatches”.
  • Kemudian pilih “Window”, lalau “Color”, dan klik warna di “Swatches”.
  • Ganti color mode ke warna CMYK, serta color type ke “Process.

Adobe Photoshop

  • Buat desain atau ilustrasi dalam format RGB terlebih dahulu.
  • Setelah desain  klik menu “Image”, kemudian klik “Mode”, dan pilih “CMYK Color”.
  • Akan muncul dialog bar mengenai “flatten image”. Pilih “Don’t Flatten”, jika ingin diubah lagi. Apabila file gambar tidak ingin diubah, bisa pilih “Flatten”.
  • Setelah “flatten”, muncul dialog bar mengenai perintah untuk “rasterize”. Seperti sebelumnya, jika file gambar masih ingin diutak-atik, maka pilih “Don’t Rasterize”. Namun, kamu bisa memilih “Rasterize”, apabila file sudah selesai dan siap cetak.
  • Muncul lagi dialog bar mengenai persetujuan perubahan jenis warna. Klik “OK” jika sudah selesai.
  • Mode warna pada file kamu akan berubah dari RGB menjadi CMYK.

Demikiran cara merubah format dari RGB ke CMYK, dari beberapa cara di atas. Kira-kira Anda penguna Aplikasi apa ? atau Anda memiliki cara yang lebih instan ? silahkan berbagi ilmu melalui kolom komentar dibawah.

semoga bermanfaat…

Jasalogo.id membuat logo dengan tim profesional yang siap melayani 24 Jam serta gratis revisi.