Cara Membuat Desain Kreatif dengan Canva

Dalam era digital ini desain grafis berperan penting dalam mendukung kehidupan orang modern. Era modern teknologi digital menjadi kehidupan sehari-hari terutama berbagai platform online. Desain berperan memberikan tampilan pilihan visual yang menarik perhatian untuk kebutuhan konten digital, canva menjadi salah satu platform online favorit untuk membuat desain dengan mudah.

Canva adalah aplikasi online untuk mendesain di berbagai perangkat dengan mudah seperti smartphone, tablet laptop. Fiturnya yang beragam cukup populer untuk mendesain banyak kepentingan, biasanya paling banyak digunakan untuk mendesain konten sosial media.

ALASAN MEMILIH DESAIN DI CANVA

Ada banyak platform aplikasi untuk mendesain, namun canva menjadi favorit akhir-akhir ini. Pertama karena canva bisa diakses pada berbagai perangkat dengan mudah tanpa ada fitur yang hilang.

Read More

Canva juga menyediakan banyak sekali fitur menarik dan bisa dibilang cukup lengkap. Fiturnya pun terus dikembangkan canva memungkinkan desainer bisa membuat desain dengan mudah dan banyak dalam waktu singkat.

Aplikasi ini seringkali jadi pilihan karena bisa diakses secara gratis, fitur yang gratis ada banyak sehingga meski tidak berlangganan masih bisa mendesain dengan menarik. Jika ingin berlangganan bisa membentuk team sehingga memungkinkan digunakan bersama sehingga lebih hemat.

Fitur-fitur canva mudah digunakan, bahkan tidak membutuhkan keterampilan mendesain profesional. Cukup memiliki kemampuan untuk menata desain yang menarik dengan menambahkan berbagai elemen yang disediakan oleh aplikasi ini.

Artikel ini akan menjelaskan panduan untuk membuat desain ddengan canva sehingga bisa menghasilkan desain kreatif.

PANDUAN MEMBUAT DESAIN DENGAN CANVA

Perlu dipahami jika mendesain canva tidaklah butuh keahlian profesional, semua orang bisa mendesain di canva dengan mudah selama mengetahui berbagai fitur di canva. Berikut beberapa panduan untuk mendesain di canva:

Mendaftar dan Masuk ke Akun Canva

Pertama buatlah akun agar bisa masuk ke canva, gunakan akun google agar lebih cepat. Perlu dipahami jika canva menyediakan fitur gratis dan berbayar, ini terkait dengan fitur atau elemen. Namun kamu tidak perlu khawatir karena canva yang gratis masih memiliki fitur yang banyak.

Biasanya fitur berbayar memiliki lebih banyak fitur seperti template yang beragam, fitur mengatur gambar atau font berbayar. Kamu bisa mendesain di canva dari berbagai perangkat tanpa merasa tidak nyaman. Semua fiturnya tetap tersedia di berbagai perangkat dengan sama dan tetap mudah diakses.

Pilih Jenis Desain yang Dibutuhkan

Saat akan membuat desain di canva tentukan jenis desain yang dibutuhkan. Canva memungkinkan desainer mendesain berbagai jenis desain mulai dari poster, banner, postingan sosial media hingga presentasi.

Ketika sudah masuk ke akun canva, kamu akan disambut ke berbagai opsi pilihan desain dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Mulai dari docs, presentasi hingga desain untuk situs web. Canva juga bisa digunakan untuk mendesain video singkat atau animasi singkat untuk konten sosial media.

Pilih Template atau Mulai dari Awal

Salah satu alasan kenapa mendesain di aplikasi ini menjadi favorit banyak orang karena canva menyediakan ratusan template. Template ini memudahkan desainer untuk menciptakan desain sesuai kebutuhan dan mengubahnya sesuai keinginan.

Canva juga menyediakan berbagai template sesuai kebutuhan sosial media, sehingga desainer tidak perlu menyesuaikan ukuran lagi untuk kebutuhan seperti story, atau postingan instagram.

Kustomisasi Desain dengan Alat Desain Canva

Canva memungkinkan desainer menciptakan desain yang memiliki tampilan visual memikat. Ada banyak fitur seperti elemen, teks, gambar warna, font dan lainnya. Desainer bisa mengatur elemen-elemen desain dengan mudah sesuai keinginan. Canva juga memiliki fitur drag and drop yang memudahkan pengguna menyesuaikan desain.

Tambahkan dan Edit Elemen Desain

Canva juga menyediakan banyak elemen desain yang bervariasi dan menarik. Pada fitur elemen desain terdapat banyak ikon, gambar, bentuk dan latar belakang. Elemen desain dapat diatur tata letaknya dengan mudah, dapat pula dipotong, diputar dan diubah warnanya dengan mudah.

Ada banyak ilustrasi menarik yang bisa digunakan pada desain konten, seperti ilustrasi makanan Indonesia, elemen y2k atau elemen futuristik. Tinggal ketikkan kata kunci pada kolom pencarian pada fitur elemen lalu akan muncul banyak elemen sesuai kata kunci tersebut.

Gunakan Tekstur dan Warna yang Menarik

Selain elemen kamu bisa menggunakan tekstur dan warna yang menarik. Tambahkan tekstur untuk memberikan dimensi pada desain. Cari elemen tekstur pada bagian elemen dan pilih sesuai kebutuhan. Ada banyak tekstur mulai dari plastik hingga abstrak.

Paket warna pada canva juga ada banyak dan bisa digunakan untuk memberikan warna pada desain mulai dari teks hingga elemen. Namun warnanya terbatas sehingga kamu menambahkan elemen dari luar agar paket warna semakin banyak.

Tambahkan pula tipografi yang menarik pada desain, canva memiliki banyak font dan gaya teks yang bisa digunakan. Pada bagian aplikasi ada type craft yang bisa digunakan untuk mendesain gaya teks yang unik.

Tambahkan Ilustrasi dan Gambar

Tambahkan Ilustrasi dan foto untuk membuat desain lebih menarik. Canva menyediakan fitur yang memungkinkan untuk mengunggah foto untuk digunakan dalam mendesain.

Gunakan ilustrasi yang bisa membuat desain lebih interaktif. Untuk membuat tampilan foto lebih menarik gunakan filter dan frame.

Buatlah Gambar Desain Sendiri

Pada canva terdapat juga fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggambar atau mencoret-coret sendiri.

Meskipun belum banyak pilihan kuas dan fiturnya, ini masih memiliki banyak kegunaan untuk membuat desain tampil lebih menarik. Fitur menggambar ini mudah untuk menyesuaikan ukuran dan warna dari kuas.

Fitur Aplikasi Tambahan

Canva sudah semakin banyak fiturnya termasuk pada bagian aplikasi tambahan seperti AI, Type Craft dan Mockup. Fitur AI dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Sementara Type Craft dapat digunakan untuk menciptakan gaya teks berdimensi dan unik.

Menggunakan Fitur Animasi

Gunakan fitur animasi untuk membuat desain lebih interaktif dan menarik. Ada banyak elemen yang animasi yang bisa digunakan, tinggal cari dengan kata kunci yang tepat pada kolom pencarian elemen. Elemen bisa digunakan untuk desain postingan sosial media atau presentasi.

Ekspor dan Gunakan Desain

Setelah menyelesaikan desain kamu bisa mengunduh desain sesuai dengan format yang dibutuhkan.

Ada banyak pilihan format desain sehingga bisa memudahkan penggunaan tanpa perlu merubah format jika dibutuhkan format yang berbeda.

KESIMPULAN

Canva sebagai platform untuk menciptakan desain online dengan mudah karena menyediakan berbagai fitur menarik, tidak heran ini digemari oleh banyak orang. Mendesain di aplikasi ini tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi, dan bisa diakses dari perangkat apapun selama ada jaringan internet.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts